img_title
Foto : Telegraph.co.uk

IntipSeleb Barat – Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan diegelar pada hari ini, Senin, 19 September 2022 dengan serangkaian prosesi panjang. Pada proses ini, sederet pemimpin negara dipastikan hadir dalam upacara tersebut.

Namun, di tengah prosesi pemakaman, terdapat fakta menarik yang terungkap terkait alasan mengapa peti mati Ratu Elizabeth II dilapisi timah dan juga ornamen mewah lainnya. Kira-kira kenapa? Berikut ini informasinya.

Mengapa peti mati Ratu dilapisi dengan timah?

fox13memphis.com
Foto : fox13memphis.com

Dilansir dari Laman CTV News, Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di peti mati kayu ek atau kayu oak Inggris yang menampilkan pegangan kuningan yang dirancang lebih dari 30 tahun yang lalu, dan dilapisi dengan timah. Diketahui, praktik mengubur bangsawan di peti mati berlapis timah sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan menjadi tradisi kerajaan.

Peti mati tersebut harus disimpan di suatu tempat berdinding logam, bukan dikubur di tanah, sehingga menjaga kelembaban dan menjaga tubuh lebih lama, serta memperlambat proses dekomposisi. Itu juga memastikan bahwa bau dan racun apa pun dari mayat tidak dapat keluar dan merusak lingkungan.

"Timah berfungsi mencegah masuknya uap air pada peti mati yang terbuat dari kayu ek tersebut. Dengan begitu, jasad yang ada di dalam peti bisa bertahan hingga satu tahun lamanya," tulis laporan laman Laman 9News, dikutip Senin, 19 September 2022.

Topik Terkait