img_title
Foto : Berbagai sumber

Filipina – Kontroversi gambar peta Laut China Selatan di film Barbie sempat membuat heboh. Bahkan Vietnam melarang film Barbie.

Menyusul kontroversi tersebut, Filipina rupanya memperbolehkan film Barbie live action tayang di negara tersebut. Akan tetapi, adegan peta Laut China Selatan akan diburamkan. Yuk intip kabar lengkapnya di bawah ini.

Filipina Akan Buramkan Gambar Peta Laut China Selatan

Variety
Foto : Variety

Melansir dari Variety, film Barbie akan dirilis secara komersial di Filipina. Akan tetapi, setelah ditinjau oleh badan sensor film, diputuskan bahwa adegan yang menunjukkan peta Laut China Selatan akan diburamkan.

Badan Peninjau dan Klasifikasi Film dan Televisi Filipina mengatakan telah meninjau film tersebut dua kali, dan berkonsultasi dengan pejabat urusan luar negeri dan pakar hukum.

Dewan tersebut menambahkan bahwa garis putus-putus yang digambar dengan gaya "seperti anak kecil" terdapat di beberapa lokasi di peta, yang diidentifikasi sebagai Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Tapi tercatat hanya delapan garis putus-putus yang berada di sekitar daratan berlabel "Asia".

Topik Terkait