img_title
Foto : Instagram @teddysphotos

IntipSelebEd Sheeran kini tengah ramai menjadi pembahasan publik lantaran barus aja menggelar konser di Indonesia. Konser Ed Sheeran yang berlangsung di JIS, Jakarta pun menjadi pengalaman magis bagi para penggemar yang menikmati lagu-lagunya selama ini.

Ed Sheeran sudah memiliki banyak lagu ikonik dalam daftarnya. Ada banyak lagu Ed Sheeran yang jadi favorit, seperti “Thinking Out Loud”, “Perfect”, “Bad Habits”, dan lainnya.

Namun, tahukah kamu bahwa Ed Sheeran juga telah menulis banyak lagu untuk artis lain. Dia tampil di lagu-lagu yang ia tulis tersebut, tetapi sebagian besar, dia hanya meminjamkan bakat menulisnya dan menyerahkannya kepada sang musisi yang membawakannya.

Mungkin masih banyak yang tidak menyadari bahwa Sheeran punya andil dalam menulis sederet lagu dari para musisi dunia terkenal. Penasaran lagu apa saja sih yang ditulis Ed Sheeran untuk musisi terkenal lain? Yuk simak daftarnya berikut ini!

1. Love Yourself – Justin Bieber

Instagram/@justinbieber
Foto : Instagram/@justinbieber

Lagu ini mungkin adalah lagu yang diketahui semua orang yang ditulis Sheeran tetapi dinyanyikan oleh orang lain. Awalnya, Ed Sheeran berencana untuk memberikannya kepada Rihanna.

Ed Sheeran membayangkan Rihanna akan menyanyikan "lagu kebebasan" ini dengan sedikit perubahan ekstrem dalam lirik aslinya menjadi "f**k dirimu sendiri". Tapi, akhirnya Sheeran memberikannya kepada Justin Bieber dan sisanya tinggal sejarah.

2. Everything Has Changed – Taylor Swift

X/TSTheErasTour
Foto : X/TSTheErasTour

Seperti diketahui, Taytay dan Sheeran telah berteman selama beberapa waktu. Kolaborasi terbaru mereka adalah “The Joker and the Queen” di albumnya yang bertajuk “=”, tapi lagu ini adalah pertama kalinya mereka bekerja bersama.

Lagu ini dirilis sebagai single pada tahun 2013 dan juga dimasukkan dalam album Swift, Red. Swift mengatakan bahwa dia dan Sheeran menulis lagu tersebut di trampolin di halaman belakang rumahnya.

Fakta menarik lainnya adalah video musik lagu ini menampilkan dua aktor cilik yang sepuluh tahun kemudian muncul dalam video musik “The Joker and the Queen” saat remaja.

3. Little Things – One Direction

Hetparool.com
Foto : Hetparool.com

Lagu ini menjadi salah satu lagu boy band asal Inggris yang terkenal namun sebenarnya ditulis oleh Ed Sheeran dan Fiona Bevan. Sheeran mengatakan bahwa dia telah menulisnya bersama Bevan ketika mereka masih remaja tetapi lagunya hilang.

Ketika dia menemukannya lagi, dia kebetulan berada di studio bersama One Direction, yang langsung jatuh cinta dengan lagu tersebut ketika mereka mendengarnya memainkannya.

4. Hello My Love – Westlife

Instagram/@markusmoments
Foto : Instagram/@markusmoments

Sesuatu yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah bahwa Ed Sheeran sebenarnya telah menulis sejumlah lagu untuk boy band Irlandia Westlife. Lagu tersebut merupakan single utama dari album mereka “Spectrum”, yang dirilis pada tahun 2019.

Ini juga merupakan pertama kalinya dalam sembilan tahun grup ini merilis lagu baru, dan “Hello My Love” adalah lagu pertama dari album tersebut yang digambarkan oleh manajer Louis Walsh sebagai “pengantar suara baru mereka”. Mereka membuka konser 2019 mereka di Thailand dengan lagu ini.

5. Renegades – ONE OK ROCK

Jika seseorang memberi tahumu bahwa tema utama film adaptasi manga Jepang populer ditulis oleh Ed Sheeran, kamu mungkin mengira itu adalah lelucon Mad Libs. Tapi inilah yang sebenarnya.

Band rock Jepang One Ok Rock menjadi pembuka untuk Sheeran dalam konsernya di Bangkok pada tahun 2019. Jelas, itu hanyalah awal dari kolaborasi mereka. Lagu tersebut menjadi tema utama Rurouni Kenshin: The Final, adaptasi live-action dari manga berjudul sama.

6. River – Eminem

Pinters
Foto : Pinters

Sheeran sudah lama menjadi penggemar Eminem. Dia bahkan mengatakan bahwa lagu-lagu Eminem membantunya mengatasi kegagapannya, dan pengaruh rap telah terlihat jelas dalam karyanya sejak saat itu.

Meskipun lagu ini menandai kolaborasi pertama mereka, ini bukanlah yang terakhir. Eminem bahkan mengundang Ed Sheeran untuk membawakan “Stan” bersamanya ketika dia dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame.

Nah, itulah sederet lagu musisi dunia yang ditulis oleh Ed Sheeran. Di antara enam lagu tersebut, ada yang turut dibawakan olehnya, tapi sebagian yang lain ia serahkan kepada musisi lain yang membawakannya. (bbi)

Topik Terkait