img_title
Foto : Lifestyleasia

Amerika Serikat – Pagelaran fashion termegah semakin dekat sejak The Metropolitan Museum of Art mengungkapkan beberapa detail acara Met Gala 2024. Acara yang biasanya diadakan pada Senin pertama di bulan Mei akan berlangsung hari ini, Senin, 6 Mei 2024.

Pameran musim semi 2024 Costume Institue bertajuk ‘Sleeping Beauties: Reawakening Fashion’. Hal ini menjadi dasar tema Met Gala 2024 yang menandai pembukaan pameran. Sekitar 250 kostum dan aksesoris diperkirakan akan diambil dari koleksi permanen institut tersebut, banyak di antaranya sangat langka dan belum pernah dilihat sebelumnya.

Menjelang para artis turun di red carpet ekstravaganza fashion, berikut ini sederet fakta-fakta Met Gala 2024 yang akan berlangsung hari ini.

Fakta Met Gala 2024

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

1. Tema ‘Sleeping Beauties: Reawakening Fashion’ dan Pameran

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang temanya cukup lugas — 'In America: A Lexicon of Fashion' pada tahun 2021, 'Gilded Glamour' pada tahun 2022, dan 'Karl Lagerfeld: A Line of Beauty' pada tahun 2023 — tema Met Gala mendatang tidak lagi diikuti. jalan untuk memberikan ruang bagi penafsiran.

Tema tahun berikutnya akan menelusuri perjalanan mode dengan pameran yang menampilkan desain indah selama empat abad dari rumah-rumah seperti Schiaparelli, Dior dan Givechy serta desain kontemporer dari Stella McCartney, Philip Lim dan Corner Ives.

Yang menjadi pemersatunya adalah ikonografi yang berhubungan dengan alam, yang akan berfungsi sebagai metafora untuk kerapuhan dan kefanaan mode.

Menggunakan alam dan siklus kehidupan, kelahiran kembali dan pembaruan yang tiada henti, pameran The Consume Institute akan menyoroti ‘mahakarya’ dari arsip Institut.

“Aktivasi kreatif dan imersif dirancang untuk menyampaikan aroma, suara, tekstur, dan gerakan pakaian yang tidak lagi dapat berinteraksi langsung dengan tubuh,” tulis The Met.

Alat dan teknologi mutakhir akan digunakan, seperti augmented reality, kecerdasan buatan, dan citra yang dihasilkan komputer hingga format tradisional sinar-X, animasi video, proyeksi cahaya, dan lanskap suara. Semua elemen ini bertujuan untuk menghidupkan bau, suara, tekstur, dan gerakan pakaian yang tidak lagi dapat berinteraksi langsung dengan tubuh.

Beberapa pakaian yang dipajang dan terlalu rapuh untuk digantung di manekin akan disajikan dalam peti mati kaca sebagai 'sleeping beauties' yang fana, dan pengunjung dapat menganalisis detail pengerjaan dan kerusakannya dari jarak dekat. Dalam kasus ini, teknik proyeksi unik yang disebut 'Pepper Ghost' akan menunjukkan seperti apa rupa mereka di zamannya.

Andrew Bolton, Kurator Wendy Yu yang Bertanggung Jawab, The Costume Institute, berkata, “Saat sebuah item pakaian masuk ke dalam koleksi kami, statusnya berubah dan tidak dapat ditarik kembali. Apa yang tadinya merupakan bagian penting dari pengalaman hidup seseorang kini menjadi 'karya seni' yang tak bergerak… Pameran ini berupaya untuk menghidupkan kembali karya-karya seni ini dengan membangkitkan kembali kapasitas indera mereka melalui beragam teknologi, memberikan pengunjung 'akses' indera terhadap pakaian bersejarah yang langka. dan menjernihkan mode kontemporer.”

2. Dress code Met Gala 2024 bernuansa taman bunga

Setiap tahunnya, Met Gala menciptakan dress code untuk menghormati tema pameran dan gala. Para desainer dan tamu undangan yang hadir juga diharapkan untuk tampil sesuai dengan interpretasi dress code mereka masing-masing. Di Met Gala 2024, dress code-nya adalah The Garden in Time.

Dress code ini terinspirasi dari cerita pendek berjudul sama, The Garden in Time, karya J.G Ballard yang terbit pada 1962. Dilansir dari Time, cerpen tersebut menceritakan kisah distopia dnegan sentuhan romantis yang berkaitan dengan keindahan dan perjalanan waktu.

Vogue memprediksi, gaun dan busana di Met Gala 2024 akan sarat dengan elemen bunga dan taman, sesuai dengan judul dress code. Selain itu, Time memprediksi bahwa elemen abstrak juga akan ditampilkan dalam busana-busana para tamu.

3. Kapan dan di mana Met Gala diadakan?

Met Gala 2024 akan diadakan pada tanggal 6 Mei di The Metropolitan Museum of Art, New York. Ini adalah sumber utama pendanaan untuk pameran, publikasi, akuisisi, operasi, dan peningkatan modal Institut.

Pameran ‘Sleeping Beauties: Reawakening Fashion’ akan diadakan antara 10 Mei hingga 2 September 2024.

4. Siapa yang memimpin Met Gala 2024?

Met Gala 2024 dipimpin oleh sederet publik figur kenamaan di antaranya ada Anna Wintour, Zendaya, Chris Hemsworth, Jennifer Lopez dan Bad Bunny.

Seperti diketahui, Anna Wintour selalu menunjuk sejumlah selebriti untuk menjadi ketua bersama (co-chairs). Peran para co-chairs ini adalah menjadi tuan rumah Met Gala, sembari mempublikasikan gelaran ini dan menjadi representatif.

Di tahun 2024, Anna Wintour menunjuk empat artis Hollywood kenamaan untuk mendampinginya, yakni Zendaya, Jennifer Lopez, Chris Hemsworth, dan Bad Bunny.

5. Siapa yang akan hadir di Met Gala?

Tamu Met Gala 2024 diperkirakan sekitar 600 orang. Meskipun daftar tamunya belum diumumkan, sudah pasti akan ada deretan bintang yang akan tampil, termasuk tamu tetap seperti Rihanna, Lady Gaga, Kadarshians, dan Jenners.

6. Tamu undangan harus bayar miliaran rupiah

Melansir dari Time, biaya yang dikeluarkan para tamu undangan Met Gala 2024 kabarnya meningkat dibandingkan tahun lalu.

Tahun ini, mereka merogoh kocek sebesar USD 75 ribu atau setara dengan Rp1,1 miliar per orang untuk memperoleh tiket Met Gala. Menurut People, biaya ini dikeluarkan untuk menggalang dana yang ditujukan kepada Costume Institute The Met.

Selain itu, desainer atau brand juga bisa membayar tiket untuk satu meja seharga USD 350 ribu (Rp5,5 miliar). Namun, mereka tidak bisa menentukan siapa yang bisa duduk di meja Met Gala tersebut, karena. Anna Wintour harus menyetujui susunan tempat duduk bagi para tamu. (bbi)

Topik Terkait