img_title
Foto : Instagram/pkucity

IntipSeleb – Tempat wisata di Pekanbaru menawarkan banyak destinasi yang asik dan seru di mana tentunya akan membuat kamu tertantang untuk menjelajahinya. Pekanbaru sendiri merupakan ibu kota dan juga kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia.

Berdasarkan Penetapan Gubernur Sumatera di Medan No 103 tanggal 17 Mei 1956, Kota Pekanbaru dijadikan Daerah Otonomi yang disebut Harminte (kota Baru) sekaligus dijadikan Kota Praja Pekanbaru.

Dan pada Tahun 1958, Pemerintah Pusat yang dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri RI  mulai menetapkan ibukota Provinsi Riau secara permanen. Sebelumnya Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau ditunjuk sebagai ibu kota propinsi hanya bersifat sementara. Dalam hal ini Menteri Dalam Negeri RI telah mengirim surat kawat kepada Gubernur Riau tanggal 30 Agustus 1958 No. Sekr. 15/15/6.

Sebelum tahun 1960, Pekanbaru hanyalah kota dengan luas 16 km2 yang kemudian bertambah menjadi 62.96 km2 dengan 2 kecamatan yaitu Kecamatan Senapelan dan Kecamatan Limapuluh. Selanjutnya pada tahun 1965 bertambah menjadi 6 kecamatan dan tahun 1987 menjadi 8 kecamatan dengan luas wilayah 446.50 km2.

Dengan meningkatnya kegiatan pembangunan menyebabkan meningkatnya kegiatan penduduk disegala bidang yang pada akhirnya meningkatkan pula tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap penyediaan fasilitas dan utilitas perkotaan serta kebutuhan Lainnya.

Tak heran bila pertumbuhan pun begitu pesat di Pekanbaru. Jika sebuah tempat mulai mengalami pertumbuhan, maka potensi tempat wisata pun meningkat, bukan? Sehingga kini banyak tempat wisata di Pekanbaru yang begitu asik. Lantas kira-kira, tempat wisata apa sih di Pekanbaru yang cocok kamu kunjungi? Penasaran? Jangan khawatir!

IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk merekomendasikan tempat wisata di Pekanbaru yang seru. Tunggu apa lagi, yuk langung aja cek tempat wisata di Pekanbaru!

Topik Terkait