img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Keutamaan Surat Al-Baqarah hendaknya diketahui oleh semua muslim untuk kemudian diamalkan di kehidupan. Al-Bawarah sendiri artinya Sapi Betina, terdiri dari 286 ayat dan termasuk surat Madaniyah.

Kandungannya mempersiapkan ummat untuk memakmurkan bumi dan menegakkan agama Allah, serta menjelaskan pembagian jenis manusia. Surat ini berisi banyak kisah dan termasuk surat terpanjang dalam Al-Quran.

Membaca Al qur’an memiliki keistimewaan tersendiri. Setiap surat-surat Al qur’an memiliki keistimewaan masing-masing. Begitu juga halnya surat Al Baqarah. Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Bacalah oleh kalian surat Al Baqarah; karena mengambilnya adalah keberkahan dan meninggalkannya adalah kerugian, dan para tukang sihir tidaklah mampu (menggelincirkannya dari kebenaran).” (HR Muslim).

Surah Al Baqarah setidaknya mempunyai dua nama lain, yaitu Fustatul Quran (Puncak Alquran) dan surah Alif Lam Min. Disebut Fustatul Quran karena surah ini memuat sejumlah hukum-hukum penting dalam Islam yang tidak termuat dalam surah lain. Hukum-hukum ini kemudian menjadi landasan menyimpulkan sebuah hukum.

Kemudian, disebut sebagai surah Alif Lam Lim, karena surah Al Baqarah diawali dengan tiga huruf tersebut Arab tersebut, yaitu huruf Alif, Lam dan Mim. Surat Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan sehingga sayang jika sampai terlewat untuk membacanya.

Nah, untuk itu berikut keutamaan surat Al Baqarah yang harus kamu ketahui. Apa saja keutamaannya? Yuk terus scroll artikel di bawah ini.

1. Menjauhkan Rumah dan Anggota Keluarga dari Keburukan dan Tipu Daya Setan

Topik Terkait