img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb – Resep bakso ikan menjadi alternatif untuk kamu yang ingin memakan olahan varian bakso dengan rasa yang lainnya. Makanan bakso menjadi salah satu yang paling populer di masyarakat. Biasanya, bakso dijual dengan gerobak kaki lima hingga restoran-restoran ternama. Namun umumnya, bakso yang disediakan berbahan sapi.

Tetapi bakso rupanya tak hanya dengan olahan sapi saja yang lezat. Ada varian lainnya yang juga tak kalah nikmatnya yaitu bakso ikan atau banyak orang menyebutnya dengan fishball. Perpaduan adonan dengan ikan membuatnya ketagihan untuk dikonsumsi.

Banyak yang menjadikan resep bakso ikan untuk menjadi bisnis makanan. Resep bakso ikan mudah dan praktis sehingga tak sedikit yang ingin mencoba memasaknya di rumah. Mungkin seperti kamu yang penasaran bagaimana resep bakso ikan yang lezat. Terlebih resep bakso ikan cocok di masak dengan cara steambot seperti Thailand atau suki seperti dari China dan shabu dari Jepang. 

Jika bakso sapi biasanya hampir terasa keras, maka bakso ikan lebih banyak ditemukan dalam keadaan lembut. Sebelum melihat resep bakso ikan cocoknya di masak dengan apa, ada tips untuk pembuatan baksonya nih, yaitu:

1. Pilih ikan tenggiri. Kebanyakan bakso ikan menggunakan bakso tenggiri sebagai campuran bahan ikan. Namun kamu bisa menggunakan bakso lainnya sesuai selera, sepeerti bakso salmon, maka dengan salmon.

2. Uleni bakso dengan pengadonan, di mana proses ini dapat dilakukan dengan mesin bakso atau cara manual. Di mana kamu dapat memasukkan bahan seperti tepung, sagu dan olahan ikannya. Agar bakso terasa kenyal, baiknya sagu dimasukkan dalam step akhir. 

3. Bentuk baksonya dengan tangan, di mana kamu membentuk bulatan di genggaman tangan. Kemudian tekan kelima jari hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Jika bakso sudah selesai dibentuk, segera masukan ke dalam air es supaya bakso menyatu dan tidak pecah ketika direbus dengan waktu secukupnya. 

Berita Terkait
Topik Terkait