img_title
Foto : Instagram/@fajar_hmsyh

IntipSelebMasjid Raya Bogor merupakan salah satu tempat ibadah umat muslim sekaligus tempat wisata religi paling populer di daerah Bogor, Jawa Barat. Tak Sedikit warga Bogor atau wisatawan lokal lainnya yang menyempatkan dirinya untuk datang ke Masjid kebanggaan kota Bogor ketika musim liburan tiba.

Masjid ini memiliki bangunan yang cukup megah dengan desain yang unik dan berbeda dengan masjid lainnya. Sehingga membuat tempat ibadah yang satu ini menjadi salah satu ikonik khas dari daerah Bogor.

Kira-kira ada hal unik dan menarik apa lagi ya dari Masjid Raya Bogor? Penasaran? Simak hal menarik dari salah satu Masjid unik dan menarik yang berlokasi di Bogor yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini,

Dibangun oleh arsitek Protestan

Instagram/@akhmadlaksono
Foto : Instagram/@akhmadlaksono

Masjid Raya Bogor berlokasi atau beralama di Jl. Raya Pajajaran No.10, RT.02/RW.6, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Masjid ini kabarnya Merupakan salah satu masjid dengan usia yang sudah cukup lama. Masjid Raya Bogor disebut-sebut sudah dibangun sejak tahun 1970. Di tahun yang sama pula dilakukannya peletakkan batu pertama.

Pembangunan masjid ini pun memakan waktu yang cukup lama, yakni hingga di tahun 1979 pembangunan masjid ini baru saja dirampungkan. Jadi kurang lebih memakan waktu hingga 9 tahun lamanya. Setelah selesai dibangun, masjid tersebut kemudian diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada masa itu yakni Aang Kunaefi.

Masjid Raya Bogor memiliki bangunan yang cukup megah dengan desain unik yang berbeda dari masjid kebanyakan. Desain unik dari Masjid Raya Bogor ternyata merupakan hasil rancangan dari Friedrick Silalaban atau yang juga dikenal dengan sebutan FX Silalaban.

Namun tahukah anda yang menarik? Meskipun bangunan masjid diperuntukan untuk umat muslim beribadah, arsitek FX Silalaban kabarnya adalah seorang Protestan yang lahir di Tapanuli, Sumatera Utara. Kendati berbeda keyakinan, namun FX Silalaban sangat hati-hati dan serius dalam membantu pembangunan Masjid Raya Bogor.

Sepak terjang FX Silalaban sudah tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali karenanya yang terbilang unik namun memiliki nilai khas yang membedakan dari lain halnya. Salah satu alasan mengapa dirinya ditunjuk untuk merancang desain untuk Masjid Raya Bogor adalah karena dirinya juga perna menciptakan hasil rancangan luar biasa untuk sebuah Masjid, yakni Masjid besar di Jakarta yang kemudian diberi nama Masjid Istiqlal Jakarta.

Sejarah Masjid Raya Bogor

Instagram/@hafizgnwn
Foto : Instagram/@hafizgnwn

Secara tempailan, Masjid ini memiliki desain ala Timur Tengah. Pembangunan Masjid ini bermula dari gagasan Wali Kota Bogor di masa kepemimpinan Letkol Ahmad Syam. Tak sendiri, Letkol Ahmad Syam juga menggagasnya bersama dengan para ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Saat itu mereka menginginkan untuk mendirikan masjid yang megah di Kota Bogor. Keinginan serius itu kemudian membuat mereka sempat menetapkan beberapa lokasi yang berkemungkinan akan menjadi tempat didirikan masjid impian.

Disebutkan bahwa awalnya direncanakan untuk membangun masjid besar tersebut di lahan Kantor Kejari yang sekarang, akan tetapi karena tanahnya saat itu cenderung turun naik, alhasil kemudian dimusyawarahkan dan akhirnya diputuskan untuk membangun masjid di Jalan Pajajaran karena dinilai memiliki tempat yang strategis.

Daya Tarik Masjid Raya Bogor

Instagram/@rizkyawanmhmmd
Foto : Instagram/@rizkyawanmhmmd

Masjid Raya Bogor disebut-sebut sebagai masjid terbesar. Selain terbesar, bangunan ini juga cukup luas, yakni seluas 4.057 m2. Sehingga mampu menampung banyak umat muslim yang ingin menjalankan ibadah salat jamaah bersama. Di area masjid ini pun ternyata ada Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor (PPIB). Tak hanya itu saja, ternyata bukan hanya sekadar bangunan masjid biasa, namun ada juga perpustakaan umum di masjid ini, lho.

Lokasi perpustakaan ini berada tepat di belakang aula utama. Di perpustakaan itu ada dua rak besar tempat menyimpan buku-buku yang bisa menambah wawasan anda. Jika anda membayangkan perpustakaan yang berada di dalam ruangan tertutup, anda akan dikejutkan karena perpustakaan ini memiliki perpustakaan dengan desain terbuka.

Jika anda sedang senggang dan memiliki waktu lebih, anda diperbolehkan untuk membaca buku di perpustakaan mini ini. Namun tentunya perlu diingat bahwa seusai membaca, perlu dikembalikan lagi buku tersebut ke tempat semula.

Banyak arsip lama dan juga majalah-majalah tua yang ditaruh sebagai bahan bacaan dari perpusatakaan ini. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa masjid ini memiliki desain yang unik dan menarik.

Di masjid ini ada lampu kristal besar di tengah-tengah bangunan utama. Memiliki kubah besar yang diapit oleh dua buah kubah kecil. Ornamen di langit-langit memiliki bentuk bintang segi delapan dan dilengkapi dengan lampu-lampu tanam.

Tembok dinding pada sisi kanan, kiri dan atas mihrab dilapisi dengan bahan semen fiber-glass yang juga disebut dengan GRC Board. Tak lupa hiasan kaligrafi huruf Arab yang merupakan petikan dari ayat suci Al-Quran melengkapinya. Belum lagi ornamen lengkung dan garis di setiap sisinya.

Kemudian ada tulisan Arab berbunyi ‘Allah’ dan ‘Muhammad’ di atas lubang mihrab dengan dua kaligrafi mendatar di setiap sisinya. Diapit dengan sepasang kaligrafi melingkar di kanan dan kiri. Lalu di tempat imam dan mimbar khatib menjadi satu dengan di bagian atasnya ada ukiran menarik.

Di masjid ini juga terdapat menara. Namun uniknya, bangunan menara yang ada di Masjid Raya Bogor ini letaknya terpisah lumayan jauh dengan bangunan utama masjid. Sehingga jika sekilas, tampak bahwa bangunan menara ini seperti bangunan utama yang berdiri sendiri, padahal ini merupakan masih bagian dari masjid. Namun, ada sebuah lorong panjang yang menghubungkan dua bangunan tersebut.

Dengan berbagai keunikan dan hal menarik dari Masjid Raya Bogor menjadikan masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk anda yang ingin berwisata religi, anda bisa sekali untuk datang ke masjid yang satu ini. Selain itu, pemandangan sekitar dari Masjid Raya Bogor sangat indah sehingga membuat siapa pun betah berlama-lama.

Lokasi Masjid Raya Bogor

Instagram/@fabriemuhammad
Foto : Instagram/@fabriemuhammad

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke Masjid Raya Bogor, masjid ini berlokasi di Jalan Pajajaran No 10, Kota Bogor, sekitar 400 meter dari terminal Baranangsiang. Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, anda bisa memanfaatkan google maps untuk mengetahui arah untuk menuju ke lokasi tersebut. Lokasinya yang berada di Kota membuat masjid ini tak sulit untuk ditemui.

Demikian adalah sederet informasi terkait Masjid Raya Bogor. Begitu megah dan menariknya Masjid yang berlokasi di Bogor ini, sehingga mampu membuat siapa pun tertarik untuk melihat langsung bangunan berdesain Timur Tengah itu. Jika anda sedang berada di Bogor atau memiliki waktu dan kesempatan untuk berkunjung ke Bogor, tidak ada salahnya untuk menengok masjid yang satu ini.

Masjid Raya Bogor menjadi salah satu masjid yang dicintai oleh warga Bogor. Mengunjunginya untuk beribadah atau sekadar melihat saja pun tidak akan menjadi masalah. Akhir kata semoga informasi yang telah disajikan ini berguna untuk anda. (bbi)

Topik Terkait