img_title
Foto : Kuasakata.com

IntipSeleb – Rasulullah berkata bahwa pasar adalah tempat yang buruk. Selain itu juga pasar mampu membuat manusia terlena dari mengingat Allah SWT.

Sebab dari itu, manusia dianjurkan untuk terus berdoa saat hendak masuk ke pasar atau swalayan. Doa-doa ini dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim. Tujuannya agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT. Juga doa dapat menangkal dari gangguan syaitan.

Anjuran doa sebelum masuk pasar memiliki banyak kebaikan. Selain mengingat Allah SWT juga meminta terlindungi dari perbuatan curang dan mubazir.

Pasar yang senantiasa tempatnya transaksi jual beli. Sehingga bisa saja kecurangan terjadi di dalamnya. Maka Islam mengatur itu agar senantiasa mendapatkan lindungan. Bahkan Allah mencatat baginya satu juta kebaikan dan menghapuskan satu juta keburukan untuk kamu yang mengamalkannya.

Penasaran bagaimana doa-doa, anjuran dan keutamaan dari membaca doa masuk pasar? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Anjuran membaca doa menurut Rasulullah

Pinterest
Foto : Pinterest

Nabi Muhammad Saw pernah menganjurkan umatnya untuk membaca doa masuk ke pasar. Hal itupun diungkapkan Umar bin Khatab r.a melalui sabda Rasulullah:

“Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca: Laa ilaaha illalllah, wahdahu laa syariikalah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.” (HR.At Tirmidzi, Al Hakim, dan Ibnu Majah).

Hadis diatas berisi pesan Rasulullah untuk berdoa dan juga berzikir sebelum masuk ke pasar. Dijelaskan juga bahwa barang siapa yang membacanya niscaya satu juga kebaikan untuknya.

Berikut sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Tempat yang paling baik adalah masjid. Sedangkan tempat yang paling buruk adalah pasar”. (HR Ibnu Hibban no 1599. Syeikh Syuaib al Arnauth mengatakan, “Hadits hasan”).

Doa-doa ketika akan masuk pasar

Pinterest
Foto : Pinterest

1. Doa masuk pasar: Dicatatnya kebaikan

Sebelum kamu hendak masuk ke pasar, jangan lupa untuk mengamalkan doa di bawah ini:

“Lâilâha illâLlâhu wahdahu lâ syarîkalahu, lahu-l-mulku wa lahu-l-hamdu yuhyî wa yumîtu wa huwa hayyun lâ yamûtu biyadihi-l-khair wahuwa ‘alâ kulli syai-in qadîr.”

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah. Maha Tunggal. Tiada sekutu bagi-Nya. Dialah pemilik kekuasaan dan segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Mampu atas segala sesuatu.”

Dalam hadis riwayat at-Tirmidzi, dari Sayyidina Umar bin Khattab, Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa: "barangsiapa yang mengucapkan bacaan tersebut maka Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan dan menghapus untuknya satu juta keburukan serta meninggikan untuknya satu juta derajat."

2. Doa masuk pasar : meminta perlindungan

Di riwayat lain, disebut bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa di bawah ini sebelum masuk ke pasar. Berikut ini adalah doanya :

“Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan.”

Artinya: “Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan.”

Seperti yang Imam Nawawi dalam Syarah Imam Muslim katakan bahwa "masjid paling dicintai Allah, karena masjid tempat untuk melaksanakan ketaatan. Sedangkan pasar dibenci karena tempat penipuan, muslihat, riba, janji palsu, ingkar janji, berpaling dari mengingat Allah, dan lain-lain yang semakna."

Tidak lain kalau bukan, tujuan dari doa masuk pasar inilah diperuntukkan agar manusia senantiasa mengingat Allah. Juga dapat terhindar dari kecurangan serta perbuatan yang mubazir.

Aktivitas pasar diatur dalam Al Qur'an

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Islam sangat istimewa, bahkan dalam urusan pasar saja sudah diatur dalam Al-Qur'an. Ternyata islam tidak melarang dalam aktivitas pasar.

Sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala dalam surat Al Jumuah yang artinya:

"Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah" (QS. Al-Jumuah: 10).

Tak hanya itu, saat kamu beraktivitas jual beli jangan lupa untuk senantiasa mengingat Allah. Sebagaimana yang diatur dalam firman-Nya:

"Dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (Al-Jumuah: 10).

Bahkan disaat kamu melakukan transaksi jual-beli dan saat menerima dianjurkan banyak kamu mengingat Allah. Janganlah juga kamu disibukkan oleh urusan dunia sampai melupakan sholat dan hal bermanfaat di akhirat kelak.

Keutamaan membaca doa masuk pasar

Freepik
Foto : Freepik

Tak hanya itu, ternyata barangsiapa yang mengamalkannya maka banyaknya keutamaan gang di dapat ketika membaca doa masuk pasar. Hal tersebut dijelaskan pada sebuah hadis yang berbunyi:

مَنْ دَخَلَ سُوقًا مِنَ الْأَسْوَاقِ فَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

كُتبت لَهُ ألفُ أَلْفِ حَسنة، ومُحي عَنْهُ ألفُ أَلْفِ سَيئة

Artinya: “Barang siapa yang memasuki pasar, lalu mengucapkan, "Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya lah semua kerajaan dan segala puji, dan dia maha kuasa atas segala sesuatu." Maka Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta keburukan.” (HR. Muslim)

Dalam hadist di atas dijelaskan bahwa keutamaan doa masuk pasar antaranya: akan dihapuskan dosa-dosa orang yang mengamalkannya. Tak hanya itu, semakin berat amalan dikerjakan, maka pahala yang didapat juga semakin besar.

Begitupun seperti yang dikatakan Imam ath-Thiibi bahwa,

{رِجَالٌ لا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالأبْصَارُ، لِيَجْزِيَهُمُ اللَّهُ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ}

“Barangsiapa yang berzikir kepada Allah (ketika berada) di pasar maka dia termasuk ke dalam golongan orang-orang yang Allah Ta’ala berfirman tentang keutamaan mereka."

Kemudian, keutamaan yabg diatur dalam Al-Qur'an surah An-Nuur sebagaimana yang berbunyi;

"Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah, mendirikan shalat, dan membayarkan zakat. Mereka takut pada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberi balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas” (QS an-Nuur:37-38)[3].

Kebaikan dari membaca doa saat masuk pasar

Instagram/floating.market.lembang
Foto : Instagram/floating.market.lembang

Kemudian, al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan bahwa memiliki beberapa keutamaan berdzikir di tengah kelalaian masyarakat dalam mengingat Allah. Kebaikan itu antaranya:

1. Dzikir doa pasar ini merupakan amalan rahasia dan nilainya lebih besar. Karena itu, untuk dzikir di keramaian dianjurkan untuk dibaca pelan tanpa tasbih.

2. Jika amal ini lebih berat dilakukan karena mengikuti apa yang masyarakat lakukan. Mama semakin berat amalan itu pahalanya juga semakin besar.

3. Jika kamu berdzikir di tengah kelalaian masyarakat. Maka Allah membuat tidak akan menurunkan adzab kepada mereka. Karena jika orang yang berzikir di tempat seperti itu berarti dia telah memerangi setan dan tentaranya. (rth)

Topik Terkait