img_title
Foto : Berbagai Sumber

IntipSeleb – Berikut daftar artis hollywood beragama islam. Beberapa secara terang-terangan mengakui agamanya dan ikut merayakan setiap hari besar islam.

Artis-artis ini terdiri dari beragam profesi mulai dari model, pemusik, olahragawan hingga bintang film. Penasaran siapa saja? Yuk terus scroll artikel di bawah ini.

1. Mike Tyson

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan petinju kelas dunia satu ini. Michael Gerard Tyson atau lebih terkenal dengan nama Mike Tyson adalah petinju profesional dan mantan juara kelas berat.

Beberapa media massa yang lain lebih suka menyebutnya sebagai "The Baddest Man on Earth", yang merujuk pada perangainya yang buruk, baik di dalam maupun di luar ring tinju. Sedangkan pers Indonesia lebih senang menyebut Tyson sebagai "Si Leher Beton" merujuk pada lingkaran leher Mike Tyson pada masa jayanya yang ekstra besar dari ukuran normal, dan tampak begitu kokoh.

Julukan Mike Tyson secara internasional adalah "Iron Mike", merujuk pada postur tubuhnya yang kuat bagaikan besi. Dilahirkan di kawasan pabrik KIIC Bronx, New York City, Tyson adalah salah seorang petinju paling ditakuti karena kebrutalannya.

Pria berusia 56 tahun itu dulunya kerap kali keluar masuk penjara anak-anak dan dikeluarkan dari sekolah. Ia kemudian ditarik keluar dari sekolah anak nakal oleh pelatih tinju terkenal, Cus D'Amato, karena ia melihat potensi dan bakat yang ada pada Michael Gerard Tyson. Secara resmi, pada 1995, selepas dari penjara di Indiana, Mike Tyson mengumumkan telah memeluk agama Islam yang telah dipelajarinya selama di dalam penjara. Nama Muslim Tyson adalah Malik Abdul Aziz.

2. DJ Khaled

Instagram/djkhaled
Foto : Instagram/djkhaled

DJ Kahled secara terang-terangan mendeklarasikan bahwa dirinya adalah seorang muslim. Bahkan pria berusia 36 tahun itu menggambarkan dirinya sebagai muslim yang taat dalam banyak wawancara.

"Ini hidup bagi saya, saya dilahirkan sebagai Muslim, keluarga saya membesarkan saya sebagai muslim," Pungkas DJ ternama internasional itu dalam wawancaranya dengan Esquire.

Meski mengungkapkan sebagai islam yang taat sayangnya ia belum kuat untuk berpuasa. Hal itu ia sampaikan pada GQ Magazine.

"Aku akan jujur padamu, saat Ramadan tiba, aku memang puasa, tapi pada akhirnya aku dehidrasi dan harus dirawat di rumah sakit. Aku berusaha keras untuk melaksanakan kewajibanku dan sadar betapa indahnya bulan puasa itu. Ramadan sangat indah, karena ibadah yang kita lakukan," Ujar DJ Khaled.

Pemilik nama lengkap Khaled Mohamed Khaled itu memiliki orang tua asal Palestina yang telah berimigrasi ke Amerika Serikat. Saudaranya Alec Ledd (Alla Khaled) adalah seorang aktor. Orangtua DJ Khaled, dahulu adalah seorang musisi dan memainkan musik Arab.

Ia kemudian mewarisi kemampuan bermusik dari kedua orangtuanya. DJ Khaled mulai mengembangkan minat pada musik rap dan soul pada usia muda, dan orang tuanya mendukung minatnya. Setelah itu untuk mengejar karir bermusiknya, ia bekerja di toko rekaman lokal.

3. Akon

akon.com
Foto : akon.com

Dalam sebuah wawancara usai penampilannya dalam festival di Maroko, pemilik nama asli Aliaune Damala Badara Akon Thiam itu secara terang-terangan beberkan tentang agamanya. Akon juga ungkapkan pandangannya mengenai musik dalam islam.

“Saya lahir sebagai seorang Muslim. Beberapa area di tempat asal (Senegal) saya menganggap musik haram dan memang selalu ada debat mengenai Islam dan musik. Saya tidak pernah melihat dari aspek penampilan musik itu sendiri, tetapi ke maksud/tujuannya. Jika Anda mendengarkan doa-doa Islam, kami berdoa dalam melodi. Ketika kami mendengar panggilan untuk berdoa di bagian dunia manapun, itupun dilakukan dalam melodi, jadi tidak ada yang bisa memberitahu saya bahwa musik adalah haram. Itu adalah opini saya dan saya tidak berbicara untuk orang lain,” Pungkasnya.

Awalnya, Akon sudah aktif dalamdunia musik sejak tahun 1996. Pada tahun 2009, namanya dikenal luas saat menyanyikan lagu booming miliknya seperti "Right Now (Na Na Na)" dari album Freedom.

4. Ice Cube

Facebook/ice cube
Foto : Facebook/ice cube

Ice Cube atau yang memiliki nama asli O'Shea Jackson adalah seorang aktor, sutradara film, serta rapper berkebangsaan Amerika Serikat. Ia juga diketahui memutuskan menjadi mualaf setelah dia menjadi penyanyi solo pada 1992.

“Apa yang saya sebut diri saya adalah seorang Muslim alami, karena hanya saya dan Tuhan. Anda tahu, pergi ke masjid, ritual dan tradisi, itu bukan kewajiban saya. Jadi saya tidak melakukannya,” Ujarnya dalam wawancara bersama Guardian.

Pada saat wawancara dengan kantor berita Inggris itu, Ice Cube menjelaskan, ia tetap Muslim semenjak masuk agama Islam pada tahun 1992 itu. Ia pernah menyebut kelompok Nation of Islam sebagai tempat terbaik untuk pemuda kulit hitam, namun Ice Cube mengaku tak pernah terlibat di dalamnya.

Ice Cube juga mengaku dalam wawancaranya dengan Chicago Tribune bahwa ia suka mendengar ceramahnya Louis Farrakhan, seorang tokoh Nation of Islam lainnya, yang menurutnya membawa pesan-pesan damai. Baginya Nation of Islam adalah organisasi yang mengajarkan cinta diri berkaitan dengan masyarakat kulit hitam.

5. Mahershala Ali

Foto :

Pemenang piala Oscar satu ini ternyata memiliki nama asli Mahershalalhashbaz Gilmore. Kemudian ia menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan piala bergengsi Oscar.

Pengisi suara dalam film Spider-Man: Into the Spider-Verse tersebut merupakan seorang muslim dari Jama`ah Muslim Ahmadiyyah. Mahershala Ali selalu bersedia untuk mengambil peran apapun yang ia bisa.

Ia bahkan mengambil peran-peran kecil pada sebuah film hingga akhirnya ia bisa tampil di acara televisi. Peran Mahershala Ali sebagai tokoh Juan dalam film Moonlight, memenangkan kategori Best Supporting Actor (Pemeran Pendukung Pria Terbaik) pada Critics' Choice Awards tahun 2016 dan Screen Actor's Guild Award, serta Academy Awards ke-89.

6. Dr. Oz

Foto :

Mehmet Cengiz Öz atau lebih dikenal sebagai Dr. Oz adalah dokter bedah jantung asal Amerika Serikat keturunan turki, pembawa acara dan juga seorang penulis. Ia terlahir dalam darah muslim dari ibunya.

Pria keturunan Turki - Amerika ini sempat buka-bukaan soal perjuangannya untuk mempertahankan identitas muslim. Memiliki 2 orangtua yang berbeda secara keyakinan bukan hal yang mudah. Kemudian ia memantapkan diri terhadap keyakinan yang diturunkan dari ibunya, yakni menjadi seorang muslim.

7. Bella Hadid

calvin klein
Foto : calvin klein

Isabella Khair Hadid atau lebih dikenal sebagai Bella Hadid adalah seorang model berkebangsaan Amerika Serikat. Sepak terjangnya sebagai model tidak bisa diragukan lagi. Bella sempat terpilih menjadi "Model of the Year" di Model.com's Model of the Year 2016 Awards.

Bella Hadid juga terkenal aktif mengkampanyekan isu-isu sosial. Pada bulan Januari 2017, Bella menghadiri parade "No Ban, No Wall" di Kota New York, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa sejarah keluarganya sendiri yang berpartisipasi dalam aksi demo ini.

"Aku berasal dari latar belakang yang sangat beragam. Aku memiliki pengalaman luar biasa di seluruh dunia ... dan aku telah belajar bahwa kita semua hanyalah manusia biasa, dan kita semua layak mendapatkan rasa hormat dan kebaikan. Kita tidak seharusnya memperlakukan orang seolah-olah mereka tidak pantas menerima kebaikan hanya karena etnis mereka. Itu tidak benar," Ujar Bella Hadid.

Ayahnya, Mohamed Hadid merupakan seorang pria keturunan Palestina. Dari ayahnya ia banyak belajar tentang islam. Awalnya ia bungkam ketika ditanya soal agamanya, namun, pada 2017 ia beberkan kepercayaan yang dia anut.

"(Mohamed Hadid) adalah orang yang sangat religius, dan dia selalu berdoa bersama kami. Aku bangga menjadi seorang muslim," Ujarnya kepada Porter Magazine.

Seusai dia beberkan soal agamanya, dia semakin aktif dalam membela diskriminasi yang dilemparkan kepada umat islam. Ia juga aktif membela hak-hak penjajahan Palestina.

Itu lah 7 daftar artis hollywood beragama islam. Bagaimana menurutmu? (rgs)

Topik Terkait