img_title
Foto : Rri.co.id

IntipSelebManfaat temu ireng tak kalah berkhasiat dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya. Memang sudah bukan rahasia lagi jika di Indonesia banyak tersedia rempah dan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Temu ireng sendiri merupakan sebuah rimpang yang bentuknya menyerupai kunyit dan memiliki warna gelap atau kehitaman. Tanaman herbal ini sering digunakan sebagai bahan pembuat jamu tradisional.

Manfaat temu ireng sudah dipercaya sejak lama, sehingga sejak dahulu sudah digunakan sebagai salah satu obat konvensional yang dianggap ampuh mengobati berbagai penyakit. Nah, berikut ini sederet manfaat dari temu ireng untuk kesehatan.

Baca Juga: Beragam Manfaat Kuning Telur, Ternyata Bisa Bikin Wajah Glowing!

Manfaat Temu Ireng Sebagai Obat Tradisional

1. Sebagai Anti Bakteri

aido.id
Foto : aido.id

Manfaat temu ireng yang pertama adalah memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat membasmi berbagai jenis bakteri jahat yang berbahaya bagi tubuh.

Temu ireng sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal karena di dalamnya terkandung beraneka macam senyawa bioaktif.

Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa ekstraksi fenolik optimum dari temu ireng berpengaruh terhadap total flavonoid dan terlihat adanya aktivitas anti bakteri untuk bakteri jenis staphylococcus aureus dan escherichia coli.

Adanya kandungan flavonoid yang dimiliki temu ireng, menjadikannya mampu melawan serangan bakteri yang menghinggapi tubuh.

2. Menyembuhkan Luka pada Tubuh

greeners.co
Foto : greeners.co

Terkadang tubuh kita terluka karena brbagai macam alasan mulai dari yang sepele hingga yang rumit. Luka merupakan pertanda adanya kerusakan pada kulit, jaringan otot, dan jika sudah parah maka bisa sampai ke tulang.

Luka memiliki beberapa kategori seperti luka abrasi atau lecet, luka laserasi atau luka sobek, luka kontusio atau luka memar, dan juga luka tusuk.

Apabila Anda sedang mengalami luka yang tidak terlalu parah, maka bisa memanfaatkan temu ireng untuk menjadi penyembuhnya. Dengan senyawa anti bakteri yang dimilikinya, temu ireng akan mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri.

3. Membantu Merawat Kesehatan Kulit

Freepik/lookstudio
Foto : Freepik/lookstudio

Manfaat yang satu ini tentu menjadi idaman para wanita. Manfaat temu ireng ternyata bisa membantu menjaga kulit kita menjadi lebih sehat.

Tak sampai di situ, temu ireng juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit kulit, sebut saja seperti mengobati kurap, kudis, luka, dan masih banyak lagi penyakit kulit lainnya.

Temu irenng juga ternyata bermanfaat untuk menjaga kulit selalu elastis dan awet muda. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temu ireng efektif dalam melindungi kulit dari polusi dan paparan radikal bebas.

Segala kandungan yang tersedia di dalam tanaman yang satu ini membuatnya dipercaya untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit. Dengan begitu, kulit akan senantiasa sehat dan awet muda.

4. Mengeluarkan Racun di Tubuh

Freepik/wayhomestudio
Foto : Freepik/wayhomestudio

Manfaat temu ireng yang selanjutnya adalah dapat membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Semua itu berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk detoksifikasi dan keluarkan racun dari tubuh.

Temu ireng juga bermanfaat untuk membuat haid kaum wanita menjadi lebih lancar hingga melancarkan masa nifas bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Tak hanya untuk nifas, tanaman herbal ini juga dapat membersihkan darah kotor setelah melahirkan. Karena memang setelah melahirkan, seorang wanita akan banyak mengeluarkan darah kotor.

Bagi para wanita yang sering mengalami nyeri haid, mengkonsumsi temu ireng juga dapat menjadi opsi untuk meringankan rasa nyeri yang datang mengganggu. Temu ireng dapat dikonsumsi setiap hari oleh wanita yang sedang haid.

5. Menambah Nafsu Makan

Jika Anda termasuk yang memiliki nafsu makan rendah atau memiliki buah hati yang sulit untuk diajak makan, maka temu ireng juga akan sangat bermanfaat, Diketahui tanaman ini memiliki khasiat untuk membuat nafsu makan bertambah.

Anda dapat memberikan temu ireng kepada anak yang sedang mengalami masalah sulit makan, terutama untuk anak yang masih ada dalam masa pertumbuhan.

Tak hanya menambah nafsu makan, temu ireng juga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan sehingga membuat penyerapan nutrisi pada tubuh anak menjadi lebih baik. Hal ini sangat bagus bagi tumbuh kembangnya.

Di dalam temu ireng terdapat kandungan kurkumin yang menjadi zat utama dalam melancarkan pencernaan dari orang yang mengonsumsi temu ireng.

Dengan kandungan dan manfaat tersebut, Anda akan dapat merasakan sendiri manfaatnya saat mengkonsumsi tanaman herbal yang satu ini.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat temu ireng yang lainnya adalah untuk meningkatkan imunitas atau kkebalan tubuh. Kekebalan tubuh penting untuk menjaga kesehatan dan menangkal berbagai penyakit yang mengancam akan menyerang.

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, maka akan rentan terserang berbagai penyakit. Sebaliknya, mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang tinggi, amka akan lebih tahan terhadap gempuran virus dan bakteri.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, Anda bisa mengkonsumsi temu ireng karena di dalamnya mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu kemampuan dari antioksidan adalah efektif dalam menghalau radikal bebas.

Anda bisa mengkonsumis temu ireng dengan menjadikannya sebagai minuman yang menyehatkan. Ramuan temu ireng akan efektif pula untuk memperbaiki regenerasi pada tubuh kita.

7. Mengobati Cacingan

Herbal yang bentuknya mirip dengan kunyit ini juga ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi masalah cacingan. Temu ireng banyak digunakan sebagai bahan perasan untuk mengobati anak-anak yang mengalami cacingan.

Anak-anak memang biasanya sangat aktif dan suka mengeksplor banyak hal. Mereka juga tak takut untuk bermain di tempat-tempat kotor yang di dalamnya bisa saja terdapat banyak lava cacing.

Telur dan lava cacing yang tersentuh oleh anak-anak tersebut tentunya akan berbahaya jika sampai tertelan dan masuk ke tubuh. Karena telur dan lava cacing itu dapat menginfeksi tubuh sang anak.

Di dalam temu ireng terdapat sebuah senyawa yang bernama sesquiterpene yang berfungsi dan bermanfaat sebagai antelmintik atau obat anti cacing.

Iklim di Indonesia yang panas, membuat telur dan lava cacing berkembang biak dengan subur. Sehingga tak ada salahnya memberikan asupan temu ireng kepada buah hati untuk berjaga-jaga agar jangan sampai mereka mengalami cacingan.

8. Membantu Mengatasi Flu

Musim yang tak menentu dan berubah-ubah seringkali mmbuat banyak orang menjadi terserang flu. Nah, temu ireng juga memiliki manfaat untuk mengatasi flu yang menyerang.

Temu ireng diketahui memang memiliki manfaat yang serupa dengan kencur dan juga jahe, yakni sama-sama efektif untuk meredakan gejala flu. Temu ireng memberikan sensasi hangat pada tubuh.

Mengkonsumsi tanaman herbal yang satu ini juga akan membantu dalam menetralkan batuk dan rasa pegal yang dirasakan selama flu.

Dengan begitu, aktivitas Anda akan menjadi lebih lancar dan tidak terlalu terganggu oleh abtuk pilek yang muncul akibat terserang flu.

Seperti itulah 8 manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh. meski begitu, tak disarankan untuk mengkonsumsi temu ireng terlalu sering dan terlalu banyak, karena akan menimbulkan efek samping yang tidak baik. (jra)

Topik Terkait