img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSeleb Gaya Hidup – Manfaat minyak kutus-kutus dapat dirasakan oleh tubuh, karena minyak alami yang satu ini punya khasiat yang serbaguna.

Dibandingkan jenis minyak alami yang lain, minyak kutus-kutus termasuk unik karena terbuat dari campuran berbagai jenis tanaman obat. Setidaknya ada 49 jenis tanaman obat yang menjadi bahan dasar dari minyak kutus-kutus.

Beberapa di antaranya seperti bunga lawang, daun neem, temulawak, gaharu, minyak kelapa, daun pule, kulit kayu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Minyak kutus-kutus diketahui berasal dari Bali dan awalnya dibuat untuk mengobati sakit pada bagian kaki. namun, belakangan ditemukan bahwa minyak yang satu ini memiliki berbagai manfaat lainnya.

Cara penggunaan minyak kutus-kutus ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil secukupnya, kemudian mengoleskannya pada bagian tubuh yang bermasalah.

Dengan berbagai tanaman alami yang menjadi bahan dasar racikannya, tak heran jika minyak kutus-kutus punya segudang manfaat. Lantas, apa saja manfaat minyak kutus-kutus? Yuk, cari tahu bersama!

Baca Juga: 9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan, Bagus Untuk Penurun Berat Badan

Sederet Manfaat Minyak Kutus-Kutus

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kutuskutus.id
Foto : Kutuskutus.id

Salah satu bahan dasar dari minyak kutus-kutus adalah minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri memiliki kandungan kolagen dalam jumlah tinggi serta antioksidan.

Karena itulah minyak kutus-kutus dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Kolagen yang terdapat di dalamnya akan membuat bekas luka yang sudah sembuh juga cepat memudar.

Selain itu, minyak alami ini juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri pada tubuh. Hal ini karena minyak kutus-kutus memiliki sifat analgesik.

Oleh karenanya, minyak kutus-kutus banyak digunakan untuk mereka yang memiliki masalah nyeri pada otot, asam urat, nyeri sendi, hingga nyeri haid.

2. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat minyak kutus-kutus yang selanjutnya adalah kemampuannya untuk menjaga sistem imun tubuh agar senantiasa kuat melindungi dari serangan virus atau bakteri.

Hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak kutus-kutus. Selain itu, berbagai tanaman herbal juga menjadi bahan dasar dari minyak ini seperti jahe, daun neem, dan masih banyak lagi.

3. Membantu Mengatasi Alergi

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Minyak alami ini juga bermanfaat untuk meredakan alergi pada kulit. Seseorang yang memiliki alergi, merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuhnya lemah dan membuat tubuh jadi sensitif terhadap zat tertentu.

Zat yang memicu terjadinya alergi pada tubuh disebut dengan alergen. Alergen dapat berupa obat-obatan, makanan, bulu binatang, atau serangga.

Selain diredakan dengan bahan alami seperti minyak kutus-kutus, kondisi alergi juga harus dicegah denagn cara meghindari zat-zat yang merupakan alergen.

4. Melancarkan Pencernaan

Minyak kutus-kutus juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Terkadang, pencernaan kita memang mengalami beberapa masalah, sebut saja seperti diare, asam lambung yang naik, hingga sulit melakukan buang air besar.

Nah, ekstrak ashitaba yang menjadi salah satu bahan dasar racikan minyak kutus-kutus membuat minyak asal bali ini dapat membantu meredakan masalah pencernaan.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini pada area perut. Tunggu beberapa saat dan perasaan tidak nyaman di perut akan mereda.

5. Mengurangi Rasa Gatal dan Nyeri Akibat Serangga

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Gigitan serangga tentu sangat mengganggu karena bisa menimbulkan rasa gatal bahkan rasa nyeri. Anda yang pernah merasakan digigit serangga tentu mengetahui bagaimana sensasinya.

Nah, minyak kutus-kutus dapat membantu mengurangi sensasi gatal atau nyeri akibat gigitan serangga. Cukup oleskan minyak ini secukupnya pada bagian yang terkena gigitan serangga itu. Apabila sensasi gatal atau nyeri tak kunjung hilang, Anda bisa mengulanginya beberapa kali hingga mereda.

Selain itu, minyak kutus-kutus juga dapat mencegah gigitan nyamuk pada kulit. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan dengan mengoleskan minyak kutus-kutus di sekujur tubuh yang terekspos atau tidak mterlindungi pakaian.

6. Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur cukup banyak dialami oleh beberapa kalangan. Salah satu gangguan tidur yang banyak dialami adalah insomnia.

Insomnia akan membuat penderitanya mengalami kesulitan tidur. Padahal, tidur adalah kebutuhan manusia yang sangat penting karena merupakan salah satu cara tubuh untuk mengganti sel yang rusak dan mati.

Apabila insomnia tidak segera ditangani dan dibiarkan begitu saja. maka akan berefek samping yang buruk bagi tubuh dan membuat tubuh beresiko terserang berbagai penyakit berbahaya.

Untuk tiu, Anda yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia dapat mencoba menggunakan minyak alami yang satu ini. Minyak kutus-kutus dapat bermanfaat selayaknya minyak aromaterapi yang dapat menanangkan saraf dan meredakan stres.

Anda dapat mencoba mengoleskan minyak kutus-kutus kira-kira 30 menit sebelum tidur di beberapa bagian tubuh seperti pelipis mata, telapak kaki, tulang belakang, dan bagian tubuh lainnya.

7. Melembapkan Kulit

Manfaat minyak kutus-kutus ternyata bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaatnya adalah memberikan kelembapan pada kulit.

Minyak herbal ini rupanya dapat mengurangi kondisi kulit yang kering hingga bersisik. Selain itu, minyak kutus-kutus juga berkharisat untuk menghilangkan bekas selulit.

Selulit sendiri adalah kondisi di mana kulit menjadi bertekstur bergelombang dan tidak rata. Biasanya selulit timbul pada bagian tubuh yang memiliki banyak timbunan lemak seperti paha.

Terbuat dari bahan yang alami, Anda tidak perlu khawatir akan efek samping pada kulit. Anda dapat mengoleskannya pada bagian kulit yang membutuhkan.

8. Meredakan Demam

Minyak alami ini juga memiliki kemampuan untuk meredakan demam. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan serai yang menjadi salah satu bahan dasar peraciknya.

Serai dipercaya mengandung zat yang dapat meredakan demam dan peradangan pada tubuh yang menyebabkan bengkak. Sehingga apabila Anda mengalami kondisi demam, maka bisa mencoba menggunakan minyak kutus-kutus

Kandungan serai yang ada pada minyak ini juga bermanfaat untuk menguatkan folikel rambut, serta mengurangi kulit kepala yang gatal dan iritasi.

9. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Minyak kutus-kutus juga penting untuk dimiliki oleh ibu hamil karena akan memberikan segudang manfaat. Salah satu manfaat minyak kutus-kutus untuk ibu hamil adalah mengurangi ketegangan pada bagian tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang biasanya menegang adalah area punggung bawah, leher dan bahu. Penggunaan minyak herbal ini juga bisa mencgah varises, dan mengurangi bengkak pada kaki.

Tak hanya itu, minyak kutus-kutus juga dapat mencegah stretch mark yang timbul pada perut akibat ukurannya yang semakin membesar.

Cara penggunaannya dalah cukup dengan membalurkan minyak kutus-kutus ke bagian yang dirasa tegang dan pegal agar terasa lebih rileks.

Minyak ini bisa dibalurkan pada beberapa bagian tubuh yang rentan terasa pegal seperti jari kaki, tengkuk, bahu, pinggul hingga otot punggung.

Untuk mencegah stretch mark, maka ibu hamil perlu rutin mengoleskan minyak kutus-kutus ini di area perut. And abisa melakukan langkah ini beberapa kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Topik Terkait