img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup – Banyak orang ingin mendambakan perut yang rata atau badan yang ramping. Bahwasanya mereka yang mempunyai bentuk tubuh yang indah pastinya selalu konsisten untuk olahraga.

Kamu perlu tahu, bahwa olahraga bukan hanya berguna untuk meratakan perut yang buncit. Tapi olahraga juga ternyata menyehatkan dan memberikan kebugaran pada tubuh.

Menjadi gemuk memang tidak apa-apa. Hanya saja jika kamu memiliki tubuh yang terlalu berlebihan lemak nya maka bisa menimbulkan banyak penyakit.

Karena itulah, banyak orang yang ingin membentuk tubuhnya agar lebih ideal dan juga sehat untuk tubuhnya.

Ketahuilah bahwa tubuh yang buncit atau bergelambir menyimpan lemak di dalamnya. Sehingga selain melakukan diet, kamu juga bisa lakukan dengan olahraga.

Olahraga untuk mengecilkan perut juga bisa dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah. Jenis olahraga tentunya banyak sekali yang bisa kamu coba dan lakukan.

Pada artikel di bawah ini kamu bisa mencoba untuk mengecilkan perut buncit. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Penyebab perut buncit

Freepik
Foto : Freepik

Perut buncit memiliki banyak penyebabnya. Sehingga selain berolahraga kamu perlu mengetahui apa saja penyebab dari perut buncit.

Biasanya perut buncit karena kurang tidur, mengkonsumsi makanan yang mempunyai kalori berlebih, dan juga tentunya tidak pernah olahraga.

Selain disebut di atas, penyebab perut buncit lainnya karena mengkonsumsi alkohol, menopause, stress berkepanjangan, obesitas, sindrom cushing, metabolik dan hipotiroidisme.

Jika perut buncit kamu diamkan berkepanjangan maka bisa menyebabkan beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi.

Dengan demikian, pentingnya kamu untuk menjaga berat badan yang ideal agar bisa terhindar dari penyakit serius dan lebih bugar. Salah satunya dengan hidup sehat dan juga olahraga tentunya.

Olahraga mengecilkan perut

Freepik
Foto : Freepik

Kamu bisa konsisten atau memilih olahraga yang cocok dengan kamu. Pada artikel berikut ini ada beberapa jenis olahraga agar bisa mengecilkan perut.

Yuk, simak selengkapnya disini!

1. Lari

Lari adalah salah satu olahraga yang mudah dan tidak memerlukan uang tambahan untuk membeli peralatan menunjang olahraga.

Kamu hanya membutuhkan niat dan juga tekad untuk konsisten olahraga lari paling tidak 3 kali dalam seminggu.

Karena saat kamu akan membakar lemak yang banyak saat berlari. Maka banyak juga lemak yang terbakar tentunya tergantung akan berat dan kecepatan lari kamu.

Seperti dilansir dari Harvard Medical School bahwa orang yang berat badannya 70 kg mampu membakar 288 kalori jika berlari selama 30 menit dan kecepatan 2,2 menit/detik dalam 8 kilometer per jam.

2. Boxing atau kickboxing

Olahraga boxing adalah salah satu olahraga alternatif yang bisa kamu lakukan. Olahraga ini banyak dipilih karena bisa membuat kuat pada tubuhmu, terlihat segar dan meningkatkan rasa percaya diri.

Selain itu, olahraga ini bisa dijadikan fungsi sebagai ilmu bela diri yang kamu punya. Seperti yang dilansir dari Chron, University of Rochester Medical Center bahwa pembakaran lemak 648-720 kalori dalam perjam dengan berat badan 70 kilogram.

3. Bersepeda

Olahraga sepeda ini sangat santai dan tentunya asik dilakukan. Selain berolahraga kamu pun bisa mengakses tempat yang lumayan jauh dengan sepeda.

Jika kamu bersepeda dengan kecepatan yang lebih maka akan merasakan perbedaan di area perut seperti lemak yang terbakar.

Diketahui bahwa dengan seseorang yang mempunyai berat badan 70 kilogram bisa membakar sekitar 744 kalori saat bersepeda dengan kecepatan 22 kilometer per jam nya.

Bersepeda membuat kamu bisa sekaligus jalan-jalan. Kamu bisa mencoba untuk bersepeda seperti di bukit, gunung dengan mountain bike sehingga olahraga kamu lebih enjoy terasa.

4. Renang

Selanjutnya olahraga renang yang cukup banyak diminati. Ternyata olahraga renang ini mampu membakar lemak khususnya di area perut.

Dilansir pada University of California, Berkeley, bahwa seseorang bisa membakar lemak hingga 12 kalori per menit nya dengan berenang.

Berbeda dengan University of Rochester Medical Center yang menyebutkan bahwa olahraga renang ini bisa membakar 720 kalori pada orang yang beratnya 70 kilogram dalam satu sesi berenang kecepatan tinggi.

5. Basket

Basket adalah olahraga yang banyak penggemarnya. Banyak orang memilih olahraga ini karena memang fun dan juga lebih enjoy.

Bahkan saat kamu menonton pemain basket sambil lompat-lompat pun bisa membuat lemak-lemak di tubuh terbakar loh!

Diketahui, bahwa hanya cukup satu jam permainan untuk orang yang mempunyai berat 70 kilogram dapat membakar lemak sekitar 576 kalori.

6. HIIT

HIT atau High intensity interval training (HIIT) jadi salah satu olahraga yang dilakukan untuk membakar lemak-lemak membandel terutama di daerah perut dan paha.

Seperti yang dilansir dari Prevention personal trainer Hope Pedraza memberikan saran olahraga kmi untuk memberikan interval guna melatih kelompok otot yang berbeda.

Mulai dengan pemanasan selama 30 detik repetisi gerakan squat, push up kemudian istirahat 30 detik dan lakukan seterusnya bisa membakar lemak yang banyak.

7. Aerobik

Aerobik jadi salah satu olahraga bervariatif jenis olahraga sehingga bisa membuat banyak gerakan.

Aerobik ini cocok untuk kamu yang cepat bosan. Karena aerobik bisa juga membakar lemak kalori yang cukup besar loh.

Karena hal itu, aerobik salah satu olahraga favorit yang bisa dilakukan dengan sendiri di rumah atau ramai-ramai saat di luar bersama teman-teman.

8. Plank

Selanjutnya olahraga plank yang banyak dilakukan oleh sebagian orang saat sedang workout di rumah.

Gerakan sederhana plank ini ternyata membakar lemak di perut lebih cepat loh. Karena gerakan plank ini statis sehingga tidak membutuhkan peralatan olahraga lainnya.

Gerakan plank ini juga bermanfaat untuk tubuh saat dilakukannya. Selain otot lengan, plank juga ternyata bagus untuk merampingkan perut yang buncit.

Hal ini, karena saat kamu plank olahraga ini menarik otot dan mengencangkan bagian perut kamu.

9. Sit Up

Olahraga sit-up menjadi populer di masyarakat. Banyak masyarakat melakukan olahraga sit-up untuk membentuk perut.

Selain itu, sit-up juga memiliki gerakan yang sedarhana namun, berpengaruh untuk otot dibagian perut kamu.

Kamu juga bisa melakukannya di atas lantai atau kasur saat sedang rebahan loh. Sehingga kamu tidak mencari alasan untuk tidak berolahraga.

Kamu juga bisa melakukannya dengan jumlah repetisi, jumlah set dan tempo latihan sit-up untuk mendapatkan otot perut yang baik.

10. Yoga

Era modern sekarang ini banyak orang memilih untuk olahraga yoga. Selain baik untuk mengecilkan perut juga bisa memberikan terapi kesehatan pada tubuh.

Yoga memiliki manfaat yang luar biasa. Selain bisa sebagai olahraga mengecilkan perut, yoga juga bisa sebagai sarana meditasi yang baik untuk mental.

Kamu bisa melakukan yoga dengan menyewa trainer atau instruktur yoga agar olahraga ini konsisten kamu lakukan.

Namun, kamu juga bisa melakukan yoga sendiri di dalam rumah loh. Caranya dengan mencari macam-macam gerakan yoga yang ada di internet sehingga membantu kamu.

Yoga juga efektif membakar kalori, mengelola stress dan meningkatkan kualitas tidur kamu. Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh pria dan juga wanita.

Freepik
Foto : Freepik

Jadi, tunggu apalagi untuk kamu mulai berolahraga? Banyak sekali jenis olahraga yang mudah dan ampuh manfaatnya untuk kesehatan.

Yuk, olahraga, selain efektif untuk mengecilkan perut, juga mampu memberikan kebugaran pada fisik dan berpengaruh akan kesehatan mental. (bbi)

Topik Terkait