img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup –Di sini siapa hayo yang tak kenal dengan pete. Makanan sejuta umat yang memiliki bau khas tersendiri begitu enak jika diolah dan dibuat sambal. Kali ini intip salam akan mengajak kalian untuk melihat resep sambal pete spesial yang dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya.

Dinikmati dengan nasi putih hangat, sambal pete dipercaya dapat menambah dan menggugah selera makan kalian hingga berkali-kali lipat. Meskipun banyak orang yang menyebutnya bau, pete adalah makanan bak surgawi untuk para pencintanya.

Tak hanya disambal biasanya pete juga dijadikan sebagai lalapan, dicampur dengan berbagai toping makanan, bahkan ada juga yang di jus. Di Indonesia sendiri popularitas pete tampak banyak digemari oleh jutaan orang, yang sama-sama suka dengan bau pete.

Resep sambal pete biasanya, sering dijadikan sebagai menu utama bagi kalian yang bingung dengan lauk sehari-hari. Sambal pete sendiri ternyata bisa bertahan lama lho. Asalkan proses pembuatan dan pengemasannya higienis dan rapi.

Saat ini banyak sekali online shop ataupun para pedagang yang menjajakan sambal pete yang sudah dikemas di toples. Meskipun sedikit harganya cukup lumayan mahal, karena petik sendiri memang terbilang sebagai sayur yang terkadang harganya melejit fantastis.

Untuk bunda-bunda di rumah masih bingung ingin membuat sambal apa untuk nanti sore? Langsung saja yuk Scroll artikel intipseleb berikut ini!

1. Resep Sambal Pete Kentang

Pinterest
Foto : Pinterest

Pete bisa disajikan dengan campuran olahan masakan yang lain. Salah satunya yaitu kentang. Sambal pete kentang memang dipercaya menjadi primadona bagi sejumlah orang yang menyukai makanan pedas.

Dipadupadakan antara kentang dan pete, menjadi satu hidangan yang klub dan cocok hoax dan bisa disebut sebagai lauk pauk paling sempurna. Misalnya banyak orang yang menyukai sambal pete dicampur kentang, selain rasanya enak dan juga nikmat, aroma dan kelezatan yang disajikan oleh perpaduan lengkap ini bisa membuat nafsu makan kita semakin bertambah.

Jadi untuk kalian yang sedang program diet, sebaiknya jangan deh mencoba untuk konsumsi sambal pete kentang karena dijamin pasti diet kalian gagal. Gak usah ribet kita intip langsung resep pembuatan sambal pete kentang ala IntipSeleb, Chek it out!

Bahan-bahan:

✓150 gram Kentang
✓3 helai Pete
✓6 siung bawang merah
✓3 siung bawang putih
✓9 cabe rawit
✓5 cabe merah keriting
✓1 buah tomat
✓¼ Gula merah
✓½ sdt gula pasir
✓1 sdt garam
✓1 sdt terasi
✓Air
✓Minyak goreng

Cara membuatnya:

1. Kupas kentang lalu cuci dan potong berbentuk dadu kemudian kentang bisa anda rendam dengan air garam

2. Lalu panaskan minyak, goreng kentang hingga berwarna kuning keemasan

3. Haluskan bawang, tomat, cabai dan sedikit air, bisa diulek atau memakai blender. Untuk pete bisa dipotong menjadi dua bagian

4. Panaskan minyak sebentar lalu tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan sampai baunya wangi

5. Tambahkan terasi dan gula merah lalu aduk

6. Masukkan pete, aduk lagi sebentar lalu tambahkan kentang goreng

7. Tambahkan garam serta gula pasir, koreksi rasa dan siap di sajikan

2. Resep Sambal Pete Cumi

Pinterest
Foto : Pinterest

Pete juga cocok dijadikan sambal dan dicampuri dengan baby cumi. Sudah Tak asing lagi bukan Kalian pasti sering mencoba dan menemukan sambal pete cumi yang dijual di berbagai restoran seafood ternama di Indonesia.

Perpaduan sempurna antara peta dan cumi, dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh, karena sebagai lauk pauk dan membuat selera makan kalian menjadi lebih lahap pastinya. Usah khawatir untuk kalian yang malas membelinya di restoran seafood, kali ini intip saja resep pembuatan sambal pete cumi spesial dengan harga terjangkau.

Bahan-bahan:

•250 gram Cumi
•1½ papan Pete
•2 helai Daun jeruk
•Secukupnya Garam
•15 gram atau secukupnya Gula merah
•1 ruas Lengkuas
•1 ruas serai
•2 helai Daun salam
•½ sdt Merica
•Minyak goreng
•10 Cabe rawit
•5 Cabe merah
•2 buah Tomat
•5 siung Bawang merah
•5 siung Bawang putih

Cara membuatnya:

1. Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang tadi dihaluskan, lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai sampai baunya wangi

2. Tambahkan cumi dan pete kemudian aduk sampai rata

3. Taburkan garam, merica dan gula merah lalu masak dan tunggu sampai matang

4. Koreksi rasa, setelah itu siap dimasukan dalam toples

3. Resep Sambal Pete Bawang

Pinterest
Foto : Pinterest

Sambal pete bawang goreng cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan dinikmati dengan kerupuk putih. Campuran pete yang dibuat sambal memang menjadi mood booster bagi orang yang menyukainya.

Meskipun sedikit bau, namun kenikmatan pete yang tidak ada duanya tersebut bisa menggugah selera dan aroma kelezatan pada saat kita memakannya. Tak perlu campuran banyak bahan, kali ini IntipSeleb ajak kalian untuk melihat resep sambal pete bawang.

Bahan-bahan:

✓ 1 papan petai
✓ 150 gr cabai rawit merah dan cabai merah
✓ 50 gr bawang merah
✓ Minyak sayur secukupnya
✓ Garam dan gula merah secukupnya

Cara membuatnya:

1. Pisahkan petai dari kulitnya, cuci bersih dan tiriskan.

2. Panaskan minyak lalu tumis bawang merah yang diiris dan campurkan cabe rawit merah atau cabe rawit keriting yang telah dihaluskan sebelumnya.

3. Goreng bersama pete, dan bumbu halus tadi lalu tambahkan garam gula merah dan penyedap rasa.

4. Resep Sambal Pete Ikan Teri

Pinterest
Foto : Pinterest

Bunda bunda di rumah Pasti kalian kebingungan saat memilih jenis masakan untuk keluarga tercinta. Apalagi menu olahan sambal bingung kan Pasti kalian bosan dengan sambal tomat dan sambal terasi saja di rumah.

Kali ini ada sambal spesial yang bisa menjadi menu terfavorit bagi keluarga di rumah yaitu sambal pete teri. Paket yang komplit? Sudah terdapat pete dan juga teri.

Biasanya sambal pete teri jarang sekali dijajahkan, tidak seperti sambal pete cumi. Untuk itu agar lebih banyak dan menghemat biaya sebaiknya kita membuat sendiri di rumah dengan resep penuh kasih dan sayang. Dijamin sambal pete teri ini akan menjadi sambal paling top, saat disuguhkan pada keluarga tercinta kalian.

Bahan-bahan:

•100 gram ikan teri medan sedang (rendam 15 menit, goreng kering, tiriskan)

•3 papan petai (ambil buahnya, belah dua dan cuci bersih)

•5 siung bawang merah

•2 cm terasi matang

•30 ml air asam jawa

•1 sendok teh gula pasir

•minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

1. Pisahkan pete dan kulitnya, cuci bersih

2. Siapkan minyak yang cukup panas lalu tumis bumbu halus seperti campuran cabe rawit atau cabe keriting bawang merah bawang putih dan juga terasi.

3. Campurkan air larutan asam jawa secukupnya, aduk hingga mendidih.

4. Masukkan teri dan pete aduk hingga mendidih, tunggu 5 menit hingga teri benar-benar matang, lalu siap sajikan

Gimana mudah bukan untuk membuatnya di rumah? Apalagi kalian satu keluarga adalah pencinta pete dan olahan sambal pete dengan berbagai macam varian. Semoga resep ini bisa membantu ya bunda, jangan lupa baca terus artikel IntipSeleb dan resep-resep lainnya! (bbi)

Topik Terkait