img_title
Foto : Kabarwisatabali.com

IntipSeleb Gaya HidupPantai Nusa Dua menjadi destinasi wisata alam yang akan sangat sayang jika dilewatkan saat Anda berwisata ke Bali. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama.

Pantai yang satu ini juga dikenal sebagai destinasi wisata yang paling bersih di antara sederet pantai lainnya yang ada di Bali. Tak heran jika Pantai Nusa Dua juga banyak dijadikan pilihan bagi wisatawan kelas atas.

Pantai ini memiliki nama lain, yaitu Pantai Mengiat. Selain terkenal akan kebersihannya, tempat ini juga dikenal sebagai salah satu pantai yang paling eksotis di kawasan Nusa Dua, Bali.

Destinasi wisata ini juga menawarkan sederet hal menarik lainnya, lho. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak lewat ulasan berikut ini!

Baca Juga: Pesona Pura Tirta Empul, Pura Hindu di Bali dengan Air Suci

Segala Tentang Nusa Dua Bali

pesisir.net
Foto : pesisir.net

1. Mengenal Pantai Nusa Dua

Pulau Dewata Bali memang terkenal dengan deretan spot wisatanya yang menjadi favorit turis lokal hingga mancanegara, salah satunya adalah Pantai Nusa Dua.

Pantai ini berlokasi di sebelah selatan dari Pulau Bali. Pasir pantai yang berwarna putih dan indah tak hanya menawan saat dipandang, melainkan juga sangat nyaman untuk berjalan-jalan dan bermain.

Tempat ini terletak di antara Pulau Peninsula dan Pulau Nusa Dharma yang membuat pantai ini memiliki ombak yang tergolong tenang sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai.

Sebagai salah satu pantai terbersih di Bali, hal itu tak lepas dari jasa pihak pengelolanya yang sangat memperhatikan keindahan dan kebersihan destinasi wisata ini.

Pantai Nusa Dua memiliki penjagaan yang baik, sehingga kebersihannya selalu terjaga dan terawat. Sejumlah petugas kebersihan secara khusus dikerahkan untuk senantiasa menjaga kebersihan pantai ini.

Jika Anda memutuskan berkunjung ke lokasi ini, maka tak perlu khawatir soal penginapan. Karena di sekitar pantai ini terdapat banyak pilihan hotel dan resor yang nyaman dan mewah yang bisa menjadi pilihan Anda.

Semua hotel dan resor tersebut dapat terlihat berderet di sepanjang area Pantai Nusa Dua. Tak mengherankan jika kawasan ini menjadi pilihan wisata bagi kalangan menengah hingga kalangan atas.

2. Lokasi Pantai Nusa Dua

Lokasi pantai ini tepatnya berada di antara Tanjung Benoa hingga sebelah timur Bukit Sawangan, atau persisnya adalah di lokasi Bali Tourism Development Corporatio atau BDTC.

Alamatnya sendiri adalah Jl. Nusa Dua, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Untuk rute tempuhnya sendiri cukup mudah dan cepat apabila Anda berangkat dari arah Bandara Ngurah Rai Bali.

Dari bandara, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dengan jarak tempuh sekitar 14 km.

Apabila Anda mencari rute terbaik untuk mencapai lokasi ini, maka bisa melewati jalur tol Mandara Toll Road atau Benoa Toll Road.

Akan tetapi, untuk melewati jalan tol tersebut Anda jangan sampai lupa untuk menyiapkan biaya sekitar Rp11.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika membutuhkan rute alternatif lainnya, maka bisa melalui Jalan By Pass Ngurah Rai. Waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama karena kurang dari 1 jam Anda sudah bisa tiba di Pantai Nusa Dua.

Obyek Wisata Pantai Nusa Dua

hotel.discount
Foto : hotel.discount

Berbagai destinasi wisata tentu memiliki daya tarik dan obyek wisata andalan untuk menggaet para turis. Begitu juga dengan Pantai Nusa Dua yang memiliki daya tarik sendiri di mata wisatawan.

Salah satu daya tarik yang menjadi obyek wisata di lokasi ini tentunya adalah pemandangan alamnya yang sangat memukau.

Warna pasir yang putih bersih, air laut yang kebiruan, serta ombak yang tenang memberikan suasana damai yang sangat cocok untuk healing. Lantas, apa saja obyek wisata di lokasi ini?

1. Bentangan Pasir Putih dan Birunya Air Laut

Hamparan pasir putih bertekstur lembut yang membentang luas menjadi obyek wisata utama dari pantai ini. Selain itu, birunya air laut yang terpampang di depan pasir putih ini juga sangat mempesona.

Para pengunjung dapat menyewa perahu nelayan untuk mengarungi laut biru di lokasi ini. Tarifnya pun termasuk terjangkau untuk menikmati keindahan pantai menggunakan perahu.

Memiliki kondisi air yang jernih dan ombak yang tenang, Anda juga bisa berenang santai di tepian atau menyelam untuk melihat betapa indahnya biota laut yang ada di lokasi ini.

Tak perlu khawatir mengenai peralatan untuk snorkeling dan diving, karena di area ini terdapat fasilitas untuk penyewaan alat-alat tersebut.

Ada pula jasa fotografer yang berada di sekitar pantai yang akan membantu Anda untuk mengabadikan momen indah dan estetik selama berlibur di kawasan ini.

2. Water Blow

Obyek wisata Water Blow yang ada di Pantai Nusa Dua tak boleh dilewatkan jika punya kesempatan berkunjung ke sini.

Water Blow ini sendiri adalah benturan kuat ombak dari Samudra Hindia yang menghantam bebatuan karang yang ada di area pantai. Benturan tersebut pun akan membuat timbulnya deburan ombak yang indah.

Lokasi untuk melihat Water Blow ini pun mudah ditemukan karena masih berada di area pantai. Anda hanya perlu mencari jalan setapak untuk bisa mencapai lokasinya.

Setelah sampai, Anda dapat menikmati sensasi cipratan air dari Water Blow yang akan membasahi tubuh saat berada di dekatnya.

3. Pasar Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh

Tak lengkap rasanya jika pergi ke suatu destinasi wisata namun pulang dengan tangan kosong tanpa membawa oleh-oleh. Begitu juga saat mengunjungi Pantai Nusa Dua, akan terasa kurang jika tak melihat-lihat ke pasar dan mengincar buah tangan.

Di kawasan wisata ini terdapat pasar yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas pantai mulai dari berbagai kerajinan tangan, aksesoris, topi dan baju pantai, maupun makanan khas yang akan menggugah selera.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

mytrip123.com
Foto : mytrip123.com

1. Harga Tiket Masuk

Menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan pengalaman liburan tak terlupakan, rupanya pantai ini tak memungut biaya untuk tiket masuk alias gratis.

Meski begitu, Anda tetap perlu menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp5.000. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, maka dikenakan tarif sebesar Rp10.000.

Selain itu jika ingin menikmati pertunjukan Devdan Show yang ada di Nusa Dua Teater atau ingin bermain golf di Bali National Golf Club, Anda juga perlu menyediakan budget tambahan.

2. Jam Operasional Pantai Nusa Dua

Pantai ini tak seperti destinasi wisata lainnya yang memiliki jam operasional. Jika ingin mengunjungi kawasan ini maka Anda dapat datang kapanpun karena tak ada jam operasional khusus yang ditetapkan.

Sehingga para turis baik turis lokal maupun mancanegara dapat menikmati keindahan pantai ini kapan saja mereka mau.

Tak cuma di siang hari, pada malam hari pun pantai ini tetap ramai karena banyak event yang diadakan di malam hari. (bbi)

Topik Terkait