img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb Gaya HidupPenyebab migrain merupakan salah satu yang cukup banyak dicari tahu karena kondisi yang satu ini sebenarnya belum diketahui penyebabnya secara pasti.

Migrain atau sakit kepala sebelah kemungkinan pernah dialami oleh sebagian besar orang. Hal ini karena sakit kepala sebelah memang bisa dialami oleh siapa saja.

Gejala dari migrain pun beragam, tergantung kondisi tubuh masing-masing orang yang menderitanya. Namun, seringkali migrain akan mengganggu aktivitas sehari-hari para penderitanya.

Meski penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa faktor yang bisa memicu dan menjadi penyebab migrain.Lantas, apa saja yang menjadi penyebab dari sakit kepala sebelah ini? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini!

Baca Juga: 6 Penyebab Usus Buntu yang Kerap Disepelekan Serta Cara Mencegahnya

Mengenal Penyakit Migrain

1. Pengertian Migrain

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu jenis sakit kepala yang rasanya membuat kepala seperti berdenyut, namun hanya terjadi pada satu sisi kepala saja.

Sakit kepala sebelah ini termasuk penyakit yang menyangkut saraf dan bisa memicu gejala lainnya pada tubuh seperti mual, muntah, hingga rasa sensitif terhadap sensasi suara atau cahaya yang berlebihan.

Migrain biasanya diikuti dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu aktivtas sehari-hari. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa jam lamanya, bahkan ada pula yang sampai beberapa hari.

2. Cara Mendiagnosis Migrain

Unsplash/Towfiqu brabhuiya
Foto : Unsplash/Towfiqu brabhuiya

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala. Oleh karena itu, terkadang sulit untuk membedakan antara migrain dengan sakit kepala pada umumnya.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis migrain, di antaranya adalah dengan mengatahui riwayat kesehatan sebelumnya, menjabarkan gejala yang dialami secara rinci, dan melakukan pemeriksaan fisik hingga saraf.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menjalani test darah, MRI, CT scan, dan beberapa test yang lainnya.

Penyebab Migrain

1. Perubahan Hormon

Salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya migrain adalah terjadinya perubahan hormon, khususnya hormon estrogen. Karena itu migrain banyak terjadi pada kaum wanita.

Perubahan hormon pada wanita ini mdapat disebabkan oleh beberapa hal seperti siklus menstruasi serta kehamilan dan menopause.

Selain itu, penggunaan obat-obatan hormonal seperti kontrasepsi juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah yang dialami oleh wanita menjadi semakin buruk.

2. Stres

Unsplash/officestock
Foto : Unsplash/officestock

Stres merupakan pemicu dari banyak penyakit dan gangguan pada tubuh, termasuk migrain atau sakit kepala sebelah. Hal ini karena saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan zat kimia tertentu untuk mengendalikan kondisi tersebut.

Zat kimia inilah yang menyebabkan terjadinya migrain. Terlebih lagi, saat mengalami stres maka emosi akan menjadi tidak stabil sehingga otot akan menjadi tegang dan semakin memicu seseorang mengalami migrain.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup seseorang akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuhnya secara menyeluruh. Konsumsi makanan yang memiliki tingkat natrium atau pemanis yang tinggi juga dapat menyebabkan migrain dapat terjadi.

Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat lainnya yang bisa menyebabkan migrain di antaranya seperti konsumsi alkohol berlebihan hingga kualitas tidur yang buruk.

4. Konsumsi Kafein Berlebih

Konsumsi minuman berkafein dalam jumlah berlebihan seperti kopi, teh, cokelat, soda, ataupun minuman berenergi bisa memicu timbulnya migrain.

Tak hanya itu, orang yang sudah terbiasa mengonsumsi asupan kafein juga bisa mengalami migrain jika mereka mulai mencoba mengurangi asupan kafeinnya. Hal ini karena tubuh terutama pembuluh darah sudah terlanjur terbiasa dengan kandungan kafein.

5. Perubahan Cuaca Secara Mendadak

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Perubahan cuaca yang terjadi secara mendadak juga bisa membuat seseorang mengalami kondisi migrain. Contohnya jika tiba-tiba terjadi perubahan tekanan udara mendadak, angin kencang, hingga saat berada di ketinggian.

6. Paparan Cahaya yang Berlebihan

Ada sebagian orang yang sensitif jika terkena paparan cahaya yang dirasa berlebihan. Nah, orang yang memiliki kondisi seperti ini bisa terserang migrain apabila terpapar cahaya atau sinar yang berlebihan dan tidak biasa.

Contohnya adalah ketika terkena paparan cahaya matahari yang terlalu silau, lampu yang berkedip-kedip, hingga lampu yang terlalu terang. Tak hanya itu, paparan sinar dari layar elektronik seperti handphone, laptop, komputer hingga televisi juga bisa menyebabkan migrain.

7. Suara yang Terlalu Keras

Selain paparan cahaya yang berlebihan, adanya suara-suara yang terlalu keras juga bisa menjadi penyebab migrain. Contoh dari suara yang terlalu keras adalah bisingnya suara kendaraan beserta klakson dan knalpotnya, pengeras suara, dan semacamnya.

8. Aroma yang Terlalu Kuat

Keberadaan aroma-aroma yang terlalu kuat dan menyengat juga bisa membuat seseorang terserang migrain. Apabila ada paparan asap, parfum, maupun pengharum ruangan yang baunya terlalu menyengat, maka dapat membuat seseorang terserang migrain.

9. Kelelahan dan Kekurangan Cairan

Fisik yang mengalami kelelahan juga dapat memicu timbulnya kondisi migrain pada seseorang. Kelelahan ini bisa dipicu berbagai macam penyebab, salah satu contohnya adalah aktivitas fisik yang ekstrem.

Selain itu, tubuh yang kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab migrain. Hal ini disebabkan tubuh manusia sebagian besar terdiri atas cairan. Sehingga jika sampai kekurangan, maka akan menyebabkan gangguan pada tubuh, salah satunya adalah migrain.

Mengatasi Migrain secara Alami

1. Meminum Jahe Panas

Cara mengatasi migrain yang pertama adalah dengan mengkonsumsi jahe panas. Apabila Anda mulai mengalami migrain, maka bisa langsung saja mencoba menyeduh minuman jahe panas untuk membuat tubuh lebih rileks.

Jahe diketahui mengandung antiradang yang mampu melawan gejala migrain. Jahe juga dapat membantu meredakan rasa mual yang bisa saja timbul akibat migrain.

2. Mengkonsumsi Sayur Bayam

Sayur bayam juga merupakan bahan alami yang dapat diandalkan untuk meredakan migrain yang Anda alami. Hal ini karena bayam memiliki kandungan zat besi, asam folat, dan magnesium yang dapat meredakan migrain ringan.

Tak hanya itu, bayam juga dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan sistem perncernaan, hingga meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

3. Memperbanyak Konsumsi Roti Gandum

Siapa sangka ternyata roti gandum juga dapat menjadi bahan alami yang bisa membantu meringankan kondisi migrain yang sedang Anda alami.

Asupan karbohidrat yang terlalu sedikit bisa membuat migrain muncul. Hal ini banyak terjadi pada orang-orang yang melakukan diet rendah karbohidrat yang membuat cadangan glikogen di dalam tubuh menjadi habis.

Meski begitu, bukan serta merta kita harus mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak dari sumber yang kurang sehat. Untuk itulah Anda bisa mempertimbangkan konsumsi roti gandum sebagai sumber karbohidrat yang seimbang dan sehat.

4. Menghindari Makanan Pemicu Migrain

Agar jangan sampai terserang migrain, salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan yang menjadi penyebab migrain. Pola makan menjadi faktor yang penting untuk mencegah dan mengobati migrain.

Banyak makanan dan juga minuman yang diketahui merupakan penyebab migrain, di antaranya seperti:

- Makanan yang mengandung nitrat seperti hot dog, daging, bacon, dan sosis.

- Alkohol

- Makanan dengan kandungan MSG yang tinggi

- Cokelat

- Es krim (nes)

Topik Terkait