img_title
Foto : Gmaps/Trust on

IntipSeleb Gaya Hidup – Gili Trawangan merupakan nama sebuah pulau yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Memiliki tiga pulau kecil, Gili Trawangan disebut sebagai pulau terbesar di antara ketiganya yang berada di bagian barat laut Lombok.

Lombok memang dikenal memiliki tempat wisata alam yang menakjubkan. Pemandangan lautnya mampu membuat wisatawan yang datang betah berlama-lama di sana. Maka tak heran jika Gili Trawangan menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang tak pernah sepi pengunjung.

Meskipun Gili Trawangan merupakan sebuah pulau yang memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km, tak sedikit wisatawan yang tetap datang untuk melihat secara langsung pesona dari tempat wisata tersebut. Untuk anda yang penasaran dan ingin coba datang, yuk simak ulasannya berikut ini.

Gili Trawangan

gmaps/Risyad Mahdavi Tanthowi
Foto : gmaps/Risyad Mahdavi Tanthowi

Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat diketahui dikelilingi oleh puluhan gili atau pulau kecil. Ada beberapa pulau yakni Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Memang yang paling dikenal dari 3 pulau tersebut adalah Gili Trawangan.

Luas Gili Trawangan yang tak terlalu lebar, membuat anda kemungkinan bisa mengelilingi seluruh area pulau hanya dalam waktu 2 jam saja. Meskipun pulau tersebut tak terlalu besar, Gili Trawangan memiliki jumlah penduduk kurang lebih 800 jiwa.

Sebagai salah satu tempat wisata, Gili Trawangan memiliki beragam fasilitas dan juga hal menarik yang tentunya salah untuk dilewatkan. Untuk anda yang sedang berada di Lombok, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk datang dan melihat secara langsung betapa indahnya Gili Trawangan.

Penasaran ada hal menarik apa saja dan fasilitas apa yang bisa anda dapatkan? Simak selengkapnya berikut ini.

Daya tarik Gili Trawangan

gmaps/Erick J
Foto : gmaps/Erick J

Selama berlibur di Gili Trawangan, ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda lakukan penasaran seperti apa? Yuk kita intip

1. Pemandangan alam yang indah

Sebagai sebuah pulau, Gili Trawangan memiliki pemandangan alam luar biasa. Tak heran jika banyak yang datang untuk menikmati keindahan laut dan juga pasir pantai putihnya yang indah. Sejauh mata memandang, anda akan dibuat takjub dengan air laut berwarna biru kehijauan,

Belum lagi suasana pantai Gili Trawangan yang tenang dan nyaman membuat siapa saja betah berlama-lama. Banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan. Misalnya saja berfoto, berjalan mengelilingi pulau, hingga bermain layangan.

2. Snorkeling

Untuk anda yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling, anda bisa melakukannya di Gili Trawangan. Tak hanya memiliki air laut biru saja, namun keindahan bawah lautnya mampu membuat siapa saja seolah terhipnotis.

Anda bisa berenang bersama dengan ikan-ikan yang cantik seperti ikan nemo dan melihat indahnya terumbu karang yang jauh dari sampah atau polusi. Kegiatan snorkeling anda akan semakin seru dan menyenangkan jika anda mengabadikannya dalam jepretan gambar di bawah laut.

3. Bebas polusi

Jangan heran jika Gili Trawangan disebut sebagai tempat yang bersih dan bebas polusi. Bukan tanpa alasan, hal ini lantaran para penduduk dan pengunjung yang sadar akan kebersihan, sehingga mereka selalu membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, ada pula larangan untuk tidak naik kendaraan bermotor. Sebagai gantinya, bisa memilih menggunakan transportasi sepeda atau kereta kuda khas Lombok yakni Cidomo. Tak hanya unik, tentunya larangan ini membuat udara di sekitar pulau bebas dari polusi dan sehat.

4. Pesona keindahan matahari terbenam

Para pemburu sunset atau sunrise, anda akan dipuaskan dengan pemadangan yang luar biasa indah matahari terbit dan tenggelam di sini. Warna langit yang berubah jingga keungunan semakin mempesona ketika dipadu dengan laut biru yang luas.

Anda bisa juga berfoto dengan berpose membentuk siluet di sini. Dijamin, hasil gambar yang didapat akan cantik karena menonjolkan keindahan warna langit, yang dilengkapi dengan siluet misterius yang anda lakukan.

5. Fasilitas yang lengkap

Jika berlibur di sini, anda tak perlu khwatir dengan segala jenis akomodasi. Ada banyak penginapan yang bisa anda tempati selama berada di sini. Jika anda beruntung, anda bahkan bisa menemukan penginapan yang dipatok dengan harga mulai dari Rp100.000 an saja lho.

Tak hanya fasilitas penginapan saja, banyak juga para penduduk Gili Trawangan yang menjajakan beragam kuliner. Jadi tak perlu khawatir soal masalah perut. Tak hanya itu saja, para penduduk di Gili Trawangan juga ramah. Bahkan disebutkan bahwa keamanan di Gili Trawangan sudah terjamin.

Kendati demikian, anda tetap perlu waspada terhadap barang bawaan anda selama berlibur. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan terjadi.

6. Kehidupan malam

Dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal hingga mancanegara, di Gili Trawangan juga memiliki kehidupan malamnya. Banyak jajaran bar hingga kios yang bisa anda temui di central. Sedangkan penduduk sekitar menyebutnya dengan pasar seni. Jika ingin berkunjung, anda bisa datang mulai pukul 21.00 malam.

Cara mencapai Gili Trawangan dan harga perahu

gmaps/Bing
Foto : gmaps/Bing

Untuk anda yang ingin menuju Gili Trawangan, ada beberapa cara yang bisa anda lalui. Anda bisa mencapai Gili Trawangan dari Sengigi dengan menggunakan boat carter. Jika anda berasal dari Bali, maka anda bisa menggunakan jasa fast boat untuk tiba di Gili Trawangan.

Biaya sewa boat berkisar Rp350 ribu ber orang. Atau jika anda berasal dari Lember, bisa menggunakan kapal ferry menuju Teluk Nare. Jika ingin biaya yang lebih murah, anda bisa berangkat dari Lombo dan menyewa public boat dengan harga kisaran Rp20.000 per orang.

Untuk memasuki area pulau, setiap orangnya akan dikenakan biaya Rp50.000. Sekadar informasi bahwa harga yang tercantum di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Akan tetapi, kami berharap bahwa harga tersebut bisa menjadi gambaran atau patokan untuk menentukan biaya berlibur anda.

Tips berlibur​ di Gili Trawangan

gmaps/Krstivoje
Foto : gmaps/Krstivoje

Jika anda yakin untuk berlibur ke Gili Trawangan, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal berikut ini.

1. Pilih hotel yang jauh dari night club

Untuk anda yang berlibur bersama dengan keluarga, disarankan untuk memilih penginapan yang lokasinya agak jauh dari night club. Sebab di malam hari, kemungkinan akan kesulitan tidur karena suara musik yang terdengar kera.

2. Libur dua hari

Untuk anda yang ingin datang ke Gili Trawangan untuk melihat pemandangannya saja, anda bisa berlibur setidaknya 2 hari agar lebih puas mengeksplor setiap sudut tempat dari Gili Trawangan.

Dan untuk sekadar informasi, bahwa di Gili Trawangan tidak memiliki rumah sakit besar. Hanya tersedia klinik kesehatan saja. Jika ingin ke rumah sakit, yang paling terdekat adalah di Pulau Bali atau di Lombok.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Gili Trawangan mulai dari daya tarik hingga lain sebagainya. Kami berharap agar artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan setidaknya menjadi gambaran bagi anda sebelum berkunjung ke Gili Trawangan.

Akhir kata selamat menikmati waktu akhir pekan dan selamat berlibur! (bbi)

Topik Terkait