img_title
Foto : Instagram/@gongyoo_official

IntipSeleb Gaya HidupGong Yoo merupakan aktor asal Korea Selatan yang namanya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta drama Korea. Meskipun usianya kini telah mencapai 43 tahun, Gong Yoo masih didapuk sebagai salah satu ahjussi atau om-om tampan yang dikagumi banyak orang.

Tak hanya paras tampannya saja yang menarik perhatian penggemar, namun bakat beraktingnya juga banyak diakui. Setiap dirinya memerankan karakter baru di tiap drama atau film, Gong Yoo selalu berhasil mendalami karakter tersebut.

Salah satu drama yang melejitkan namanya adalah drama Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan Goblin yang tayang pada tahun 2016. Penasaran dengan bagaimana profil dari Gong Yoo serta perjalanan kariernya? Simak artikel lengkapnya berikut ini.

Profil Gong Yoo

Instagram/@gongyoo_official
Foto : Instagram/@gongyoo_official

Gong Yoo lahir di Busan Korea Selatan pada 10 Juli 1979. Mungkin tak banyak yang tahu, meskipun dikenal dengan nama Gong Yoo, dirinya lahir dengan nama Gong Ji Chul. Untuk menjadi seorang aktor besar seperti sekarang, bukanlah hal yang mudah. Gong Yoo memulai kariernya dengan mengikuti beberapa audisi hingga mendapatkan peran-peran kecil.

Hingga kemudian di tahun 2005, dirinya baru mendapatkan perat utama dalam serial drama Hello My Teacher. Hingga kemudian Gong Yoo memulai wajib militernya pada awal tahun 2008 dan rampung pada akhir Desember 2009. Meskipun menjadi aktor besar, Gong Yoo tak melupakan perihal pendidikan.

Gong Yoo kabarnya tengah sibuk menyelesaikan M.A. degree di dalam performing arts di Universitas Kyung Hee. Kepiawaian Gong Yoo dalam memainkan drama hingga film, membuatnya selalu sukses dalam membawakan aneka genre.

Mau dipasangkan dengan siapapun, Gong Yoo dapat membuat drama tersebut sukses dipasaran. Salah satu drama yang semakin melejitkan namanya adalah Goblin. Beradu akting dengan Kim Go Eun, chemistry keduanya berhasil menyita perhatian publik.

Belum lagi bromance antara dirinya dengan Lee Dong Wook yang cukup menggemaskan dan selalu dinanti-nanti. Kemudian dalam film, Gong Yoo juga pernah bermain dalam film Silenced di tahun 2011. Dirinya juga pernah, menjadi tokoh utama dalam film Train to Busan di tahun 2016.

Di sisi lain, Gong Yoo juga ternyata baru membuat akun Instagram resminya pada tahun 2021 lalu, yakni @gongyoo_official. Saking populernya, baru 5 jam diumumkan, akun Instagram Gong Yoo langsung difollow oleh para penggemarnya hingga mendapat 400 ribu pengikut.

Namun bukan tanpa alasan, pembuatan akun Instagramnya itu merupakan sebagai perayaan anniversary kariernya di industri hiburan yang ke 20 tahun.

Postingan pertama Gong Yoo langsung dibanjiri komentar yang dari penggemar, yang mengaku senang karena sang aktor telah membuka akun Instagram pribadi. Pada postingan tersebut, Gong Yoo membagikan foto cumi-cumi yang sudah disajikan di atas mangkuk.

Lalu di postingan kedua, Gong Yoo dipotret dari belakang dengan baju basket bernomor punggung 30 dengan tulisan ‘Gong’.

Hal tersebut menjadi sorotan penggemar akan perkataan lawas Gong Yoo saat tampil di program Because I Want To Talk yang dipandu oleh Lee Dong Wook. Aktor berusia 42 tahun itu menuturkan akan membagikan foto makanan di media sosial pribadinya.

Kisah asmara

tvN
Foto : tvN

Meskipun sudah berusia kepala 4, Gong Yoo masih belum kunjung menikah. Selain itu, Gong Yoo juga jarang sekali tersandung rumor kencan. Akan tetapi, sepanjang kariernya, Gong Yooo pernah nyatanya pernah beberapa kali dikaitkan dengan wanita yang berasal dari kalangan selebriti.

Yang pertama, Gong Yoo pernah tersandung rumor kencan dengan Lim Soo Jung pada 2001 silam usai beradu akting dalam drama School 4. Sebagai artis yang baru debut dan bernaung di agensi yang sama, keduanya kala itu juga memerankan pasangan kekasih.

Publik sempat menduga keduanya cinlok usai kepergok berlibur bersama di Pulau Jeju di tahun 2008. Namun ternyata itu bukanlah liburan berdua, namun liburan bersama dengan teman-teman mereka yang lain.

Selanjutnya, Gong Yoo juga pernah terlibat rumor kencan dengan Gong Hyo Jin. Keduanya memang diketahui memiliki kedekatan antara satu sama lain. Keduanya telah bersahabat sejak lama bahkan sebelum masuk ke agensi yang sama.

Keduanya juga pernah dipertemukan dalam drama yang sama yakni Hello My Teacher di tahun 2005. Gong Yoo dan Gong Hyo Jin semakin dikira pasangan usai aktris cantik yang memiliki usia sepantar dengan Gong Yoo itu datang ke fan meeting Gong Yoo. Hal ini yang membuat publik banyak mengira bahwa Gong Yoo dan Gong Hyo Jin berpacaran.

Gong Yoo juga nyatanya pernah dikabarkan berpacaran dengan Yoon Eun Hye, yang tak lain dan tak bukan merupakan aktris yang membintangi Coffe Prince bersama dengannya ditahun 2007. Dipasangkan menjadi pasangan kekasih, keduanya pernah menjalani adegan romantis yang bikin publik gemas.

Belum lagi, Yoon Eun Hye pernah bicara dalam wawancaranya bahwa adegan ciumannya yang dilakukannya dengan Gong Yoo merupakan hal terbaik dalam hidupnya. Meski dirumorkan kencan, Gong Yoo dan Yoon Eun Hye tak pernah mengklarifikasi kabar tersebut.

Selanjutnya, Gong Yoo juga pernah terlibat rumor kencan dengan Jung Yu Mi. Keduanya diketahui pernah membintangi beberapa judul film yang sama, diantaranya Silenced, Train to Busan, dan juga Kim Ji Young, Born 1982.

Namun dalam wawancaranya, Gong Yoo pernah menyebut bahwa hubungannya dengan Jung Yu Mi tidak lah lebih dari sekadar terman. Karena sudah sangat dekat, keduanya jadi merasa nyaman ketika terlibat dalam proyek akting yang sama.

Kemudian yang terakhir, Gong Yoo pernah juga dirumorkan berkencan dengan Kim Go Eun. Chemistry keduanya di drama Goblin yang menggemaskan dan bikin penonton baper, membuat banyak penggemar yang menjodoh-jodohkan keduanya. Meskipun banyak yang tahu bahwa keduanya memiliki perbedaan usia yang cukup jauh.

Belum lagi kala itu hubungan asmara antara Kim Go Eun dengan Shin Ha Kyun telah kandas. Kendati demikian, baik Kim Go Eun maupun Gong Yoo sebenarnya berteman baik. Hal ini terlihat bagaimana Gong Yoo yang selalu memberikan dukungan kepada Kim Go Eun dan begitupun sebaliknya.

Penghargaan Gong Yoo

Instagram/@gongyoo_official
Foto : Instagram/@gongyoo_official

Sukses sebagai aktor mengantarkan Gong Yoo menyabet berbagai jenis penghargaan. Berikut ini adalah beberapa penghargaan yang pernah didapatkan oleh Gong Yoo.

- Male Excellence Award (The 1st Shop Of Coffee Prince), MBC Drama Awards 2007
- Best Actor (Kategori mini seri), MBC Actor Award, 2006
- SBS New Rising Star Award (2003)
- Popular Star Award dalam 32nd Blue Dragon Film Awards (2011)
- Grand Prize untuk A Man and A Woman pada Korea Film Actors Association Awards (2016)

- Model of The Year pada 14th Seoul Creative Festival of Film Advertising (2017)
- Best Actor (TV) pada 53rd Baeksang Arts Awards (2017)
- Actor of The Year pada Brand of The Year Awards (2017)
- est Model Awards pada Korea Advertisers Association Awards (2017)

Demikian adalah sederet informasi mengenai profil Gong Yoo. Akhir kata semoga artikel timeless mengenai Gong Yoo ini dapat bermanfaat bagi anda. (bbi)

Topik Terkait