img_title
Foto : IMDb

IntipSeleb Gaya HidupRupert Grint banyak dikenal usai dirinya memerankan Ron Weasley dalam film Harry Potter. Pemilik nama lengkap Rupert Alexander Lloyd Grint itu menarik perhatian publik berkat rambut merah khasnya dan juga karakter lucu yang diperankannya.

Kendati dikenal ketika dirinya memerankan sebagai Ron, nyatanya banyak judul film yang sempat dibintangi oleh Rupert Grint. Maka tak heran jika bakat aktingnya itu mengantarkannya mendapatkan beragam penghargaan serta nominasi.

Penasaran dengan profil lengkap dari Rupert Grint? Yuk Simak artikelnya di bawah ini.

Profil Rupert Grint

IMDb
Foto : IMDb

Rupert Alexander Lloyd Grint lahir di Harlow, Britania Raya pada 24 Agustus 1988. Rupert Grint merupakan anak sulung dari lima bersaudara. Dia memiliki adik yang usianya tak jauh darinya yakni James (1990), Gerogina (1993), Samantha (1996) dan Charlotte (1998).

Lucunya, dulu Rupert Grint pernah menyebut bahwa tujuan hidupnya adalah menjadi seorang mobil es krim. Dibesarkan di Watton-at-Stone, Hertfordshire, dirinya pernah menempuh pendidikan di Richard Hale School di Hertford.

Rupert Grint diawali dari dirinya yang memang sudah tertarik dengan Teater sejak masih sekolah. Saat itu dirinya pernah berkesempatan tampil di produksi sekolah dan juga bergabung degan Top Hat Stage and Screen School, yakni grup teater lokal.

Dirinya kala itu berperan sebagai ikan di Bahtera Nuh dan juga menjadi seekor keledai saat drama pementasan tentang kelahiran Yesus. Saat itu Grint sangat aktif mengikuti beragam drama teater di sekolah. Kendati aktif dalam hobinya itu, Rupert Grint sebelumnya tak pernah menjadi aktor profesional.

Hingga pada usianya yang ke 16 tahun, Rupert Grint akhirnye meninggalkan sekolah dan memilih untuk mulai fokus dengan karier beraktingnya.

Sementara itu, Grint lulus dari Richard Hale School pada tahun 2004 dan mengambil pelatihan GCSE yang meliputi bidang seni dan juga bahasa Jerman.

Jika sedang senggang, Rupert sangat senang mengisi waktunya dengan menggambar dan juga bermain golf. Dan yang menarik adalah bahwa Grint juga memiliki ketakutan kepada laba-laba, sama seperti karakter Ron Weasley yang dimainkannya.

Perjalanan karier Rupert Grint

IMDb
Foto : IMDb

Karier sebagai seorang aktor dari Rupert grint dimulai sejak tahun 2000, Rupert akhirnya ikut casting film adaptasi dari novel terlaris dari J. K. Rowling yakni Harry Potter and the Philosopher’s Stone. Kala itu, Rowling sangat ingin jika karakter yang harus memainkan para tokohnya adalah orang Inggris.

Hingga pada akhirnya dibantu oleh Susie Figgis dan sutradara Chris Columbus, pencarian para pemain Harry Potter pun dimulai. Grint yang mengetahui audisi casting tersebut pun tak mau ketinggalan dengan ikut audisi dan memilih untuk memerankan karakter Ron Weasley.

Untuk audisi, Rupert Grint memilih untuk mengirimkan video saat dirinya nge-rap dan menyebut bahwa ia sangat ingin memerankan karakter Ron Weasley. Hingga kemudian dirinya berhasil mendapatkan peran tersebut dan bergabung dengan para pemeran Harry Potter lainnya di antaranya adalah Daniel Radcliffe dan juga Emma Watson.

Fakta menarik adalah meski saat itu Rupert masih berusia 11 tahun, dirinya merupakan anggota tertua dari trio sahabat Harry Potter. Film Harry Potter akhirnya tayang dan didapuk menjadi film yang memiliki pendapatan kotor tertinggi kala itu.

Semenjak saat itulah, Rupert Grint terus menerus dipercaya untuk memerankan Ron Weasley di setiap lanjutan film Harry Potter. Dari film Harry Potter sendiri, kita bisa melihat bagaimana perubahan atau tumbuh kembang setiap karakter dari Harry Potter yang kian bertambahnya waktu terlihat semakin dewasa.

Kabar Rupert Grint dan hubungan asmara

Instagram/@rupertgrint
Foto : Instagram/@rupertgrint

Diketahui bahwa Rupert Grint membuka Instagram pribadinya sejak tahun 2020 lalu. Namun yang menarik perhatian adalah unggahan pertamanya, yakni potret dirinya yang menggendong putrinya. Rupert Grint memperkenalkan putrinya kepada publik.

“Hey Instagram....only 10 years late, but here I am. Grint on the Gram! Here to introduce you all to Wednesday G. Grint. Stay safe, Rupert,” tulis Rupert Grint pada 10 November 2020 silam.

Meskipun dibuat sejak tahun 2020, Rupert terpantau jarang mengunggah foto maupun video ke Instagram. Bahkan hingga kini hanya 8 foto saja yang terunggah. Georgia Groome merupakan ibu dari anak Rupert Grint.

Pada tahun 2020, Georgia Groome mengumumkan bahwa mereka kini telah menjadi orang tua yang bangga dengan kelahiran buah hati mereka. Rupert dan juga Georgia kala itu kompak mengabarkan telah menjadi orang tua berkat kelahiran seorang bayi perempuan. Padahal, bulan lalu pasangan ini baru saja mengumumkan kehamilan dan ia ingin menjalani hubungan asmara yang tertutup.

“Rupert Grint dan Georgia Groome dengan senang hati mengkonfirmasi kelahiran bayi perempuan mereka. Kami mohon kalian dapat menghormati privasi mereka pada waktu yang sangat istimewa ini,” ujar sebuah pernyataan dikutip dari Daily Mail pada 8 Mei 2020.

Hubungan antara Rupert Grint dengan Georgia Groome memang telah berlangsung lama. Keduanya dikabarkan telah berkencan sejak tahun 2011 silam, kendati demikian, keduanya lebih memilih untuk lebih tertutup perihal percintaannya.

Penghargaan Rupert Grint

Instagram/@rupsg30
Foto : Instagram/@rupsg30

Rupert Grint tercatat pernah mendapat berbagai penghargaan selama kariernya sebagai aktor yakni berikut ini:​

- Satellite Award Outstanding New Talent (2002)
- Young Artist Award Most Promising Young Newcomer (2002)
- 2009 Scream Awards Best Ensemble (2009)
- Otto Award Movie Star (2010)
- BBC Radio 1 Teen Awards Best British Actor (2011)

- San Diego Film Critics Society AwardBest Ensemble Performance (2011)
- 38th People's Choice Awards Favorite Movie Ensemble (2012)
- 2012 MTV Movie Awards Best Cast (Dibagi dengan Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Tom Felton) (2012)
- WhatsOnStage Awards Best London Newcomer of the Year (2014)

Selain penghargaan yang diterima, Rupert Grint juga mendapatkan banyak nominasi dalam ajang award yang tentunya menambah deretan prestasi dari Grint.

Film Rupert Grint

IMDb
Foto : IMDb

Ada banyak judul film yang pernah dimainkan oleh Rupert Grint. Tak hanya berbagai jenis series Harry Potter saja, simak deretan film yang pernah dimainkan oleh Rupert Grint.

- Cherrybomb (2010)
- Wild Target (2010)
- Cross of Honour (2012)
- The Necessary Death of Charlie Countryman (2013)
- CBGB (2013)
- The Unbeatables (2013)
- Postman Pat: The Movie (2014)
- Moonwalkers (2015)

Tak hanya film saja, Rupert juga pernah membintangi sederet acara televisi di antaranya adalah Happy Birthday Peter Pan (2005), American Dad! (2012), Urban Myths (2017) hingga Servant (2019) yang masih berlangsung hingga sekarang. Selain itu Rupert Grint juga pernah menjadi model video musik dari lagu yang berjudul ‘Lagu House’ di tahun 2011.

Demikian adalah sederet informasi mengenai profil, karier dan lain halnya tentang Rupert Graint. Akhir kata semoga artikel timeless di atas dapat bermanfaat bagi anda ke depannya.

Topik Terkait