img_title
Foto : Pixabay

IntipSeleb Gaya Hidup – Punya pipi tirus menjadi impian semua wanita di muka bumi. Dengan pipi tirus, wanita terlihat lebih cantik dan mempesona. Bahkan tampak awet muda jika dibarengi dengan wajah segar dan merona.

Cara meniruskan pipi menjadi salah satu hal yang ingin dilakukan oleh banyak orang, khususnya untuk mereka yang memiliki pipi tembem alias chubby. Alih-alih imut dan menggemaskan, sebagian orang mungkin merasa kurang percaya diri memiliki pipi tembem.

Kini tak perlu khawatir. Sebab ada berbagai cara meniruskan wajah yang bisa dilakukan dengan mudah Anda lakukan di rumah. Dengan demikian, bentuk wajah tirus dan lancip bisa menjadi kenyataan.

Bagaimana cara meniruskan pipi yang tembem secara alami? Baca artikel di bawah ini.

Cara meniruskan pipi

Pixabay
Foto : Pixabay

Cara meniruskan pipi tembem secara alami bukan hal yang mustahil dilakukan sendiri di rumah. Meski demikian, cara meniruskan pipi tembem secara alami membutuhkan proses yang lebih lama.

Maka dari itu, Anda perlu konsisten untuk mendapatkan hasil yang efektif. Jika tidak dilakukan dengan konsisten, maka impian Anda ingin memiliki pipi tirus akan sirna.

Adapun beberapa cara meniruskan pipi tembem secara alami adalah sebagai berikut,

1. Lakukan olah raga kardio

Freepik
Foto : Freepik

Salah satu cara meniruskan pipi tembem secara alami adalah dengan melakukan olahraga kardio. Pada sejumlah kasus, menumpuknya lemak di bagian wajah adalah hasil dari kelebihan lemak yang terdapat pada bagian tubuh lainnya.

Olahraga kardiovaskular (kardio) bisa menjadi salah satu kegiatan fisik untuk menurunkan berat badan, sehingga bisa berdampak pada pembakaran lemak, termasuk di bagian wajah.

Seperti dilansir dari Sehatq.com, olahraga kardio efektif sebagai cara cepat meniruskan pipi. Anda dapat melakukan olahraga kardio yang ringan ataupun berat selama kurang lebih 150-300 menit setiap minggu.

Artinya, Anda perlu melakukan olahraga kardio selama 20-40 menit per hari sebagai cara meniruskan wajah. Olahraga kardio memiliki tiga jenis intensitas berbeda, yakni ringan, sedang, dan tinggi.

Menurut beberapa studi, olahraga kardio intensitas tinggi terbukti lebih efektif sebagai cara meniruskan pipi. Olahraga kardio intensitas tinggu bisa membakar lemak di seluruh bagian tubuh, termasuk area wajah.

Anda bisa melakukan olahraga kardio yang populer dan mudah dilakukan, seperti berjalan, berlari, bersepeda, hingga berenang. Bahkan sekarang tiap akhir pekan kerap diselenggarakan car free day, tempat untuk orang bisa berolahraga dan bebas dari kendaraan.

2. Lakukan senam wajah

Melakukan senam wajah juga bisa menjadi cara meniruskan pipi tembem secara alami. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot di wajah, sekaligus mencegah penuaan dini.

Memang, belum banyak bukti yang menunjukkan khasiat aktivitas ini sebagai cara meniruskan pipi yang tembem. Namun sebuah studi membenarkan bahwa senam wajah yang dilakukan dua kali sehari selama delapan minggu berturut-turut dapat membantu menurunkan ketebalan lemak serta meremajakan wajah.

Ada juga laporan anekdotal yang menyebutkan bahwa senam wajah bisa membuat wajah lebih tirus. Terdapat berbagai macam senam wajah yang bisa Anda lakukan sebagai cara meniruskan pipi, yaitu:

- Menggembungkan pipi

Cara meniruskan pipi tembem secara alami ini dilakukan dengan mengisi mulut dengan udara, lalu mendorong udara dari dalam pipi.

Tekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, bibir atas, dan dagu dengan jari Anda. Jika dilakukan terus menerus, maka diyakini bisa membuat pipi lebih tirus.

- Wajah ikan

Cara meniruskan pipi tembem ini dilakukan dengan mengempotkan kedua pipi Anda ke dalam mulut. Langkah ini dianggap dapat membuat kulit kendur.

- Latihan senyum

Anda cukup senyum selebar mungkin dengan bibir terkatup selama beberapa detik sebagai cara mengecilkan pipi tembem secara alami. Jika dilakukan sesering mungkin, dapat membuat kulit kendur.

3. Batasi konsumsi alkohol

Pinterest
Foto : Pinterest

Membatasi konsumsi alkohol juga menjadi cara meniruskan pipi tembem secara alami. Pasalnya, asupan alkohol berlebih dapat menyebabkan risiko dehidrasi.

Hal ini bisa menyebabkan tubuh menyimpan air lebih banyak. Dalam beberapa kasus, air yang tersimpan tersebut bisa tertahan di dalam tubuh, bahkan wajah, sehingga membuat wajah terlihat kembung dan bengkak.

Kondisi ini dikenal juga dengan retensi air. Konsumsi alkohol juga diketahui berkontribusi dalam peningkatan berat badan.

4. Minum air putih lebih banyak

Pinterest
Foto : Pinterest

Minum air putih lebih banyak dapat menjadi cara meniruskan pipi tembem agar lebih tirus. Mengonsumsi banyak air dapat membantu Anda tetap kenyang dan mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi, mengurangi penumpukan cairan yang menjadi penyebab pipi tembem, serta membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi air memicu lipolisis atau proses pemecahan lemak menjadi energi.

5. Tidur yang cukup

www.freepik.com/senivpetro
Foto : www.freepik.com/senivpetro

Tahukah Anda kalau memperbaiki pola tidur merupakan salah satu cara meniruskan pipi tembem. Memiliki waktu tidur dan istirahat yang berkualitas menjadi salah satu kunci yang harus dilakukan sebagai cara meniruskan pipi agar lemak bisa hilang.

Sebab, kekurangan tidur bisa meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon inilah yang menyebabkan Anda stres.

Beberapa studi telah membuktikan, kadar kortisol yang tinggi bisa meningkatkan nafsu makan. Jadi jangan heran, kalau orang yang sedang mengalami stres, cenderung makan lebih banyak.

6. Perbaiki pola makan

Pinterest
Foto : Pinterest

Cara meniruskan pipi yang tembem juga perlu memperbaiki pola makan. Jika Anda masih sering mengonsumsi makanan olahan atau karbohidrat olahan, sebaiknya jangan bermimpi punya wajah tirus.

Makan olahan cenderung memiliki kalori, garam, dan gula tinggi. Maka, kurangilah konsumsi makanan tersebut demi mendapatkan wajah tirus.

7. Hindari makanan tinggi garam

Hindari makanan tinggi garam juga menjadi cara meniruskan pipi yang tembem lainnya. Konsumsi makanan tinggi garam atau sodium bisa membuat tubuh mengalami retensi air (tubuh gagal dalam mengeluarkan cairan berlebih).

Kondisi ini bisa membuat beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk wajah. Jika ingin memiliki wajah tirus, sebaiknya kurangi makanan mengandung sodium dalam menu makan Anda.

Paling tidak, Anda bisa mengendalikan jumlah garam dalam makanan yang disantap. Jangan lupa lebih baik konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah yang diolah dengan bersih.

8. Pijat wajah

Pixabay
Foto : Pixabay

Pijat wajah mungkin dilakukan oleh beberapa orang sebagai cara meniruskan pipi lebih cepat. Cara meniruskan pipi secara alami ini dapat mengurangi retensi air berlebih pada wajah dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi penumpukan cairan.

Cara meniruskan pipi tembem dengan pijat wajah adalah dengan menuangkan minyak esensial secukupnya. Lalu, usap lembut minyak pada wajah dengan telapak tangan dalam gerakan melingkar.

Anda bisa mengulanginya sebanyak 20 kali. Lakukan seminggu 2 kali agar mandapat hasil yang maksimal.

9. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet disebut-sebut dapat mengurangi lemak di pipi sehingga dipercaya menjadi cara meniruskan wajah. Tak hanya pipi, langkah ini disinyalir dapat membantu mengurangi lemak pada area dagu dan rahang.

Anda bisa mengunyah permen karet minimal 20 menit sebanyak 3 kali sehari, yakni pada pagi, siang, dan malam hari. Untuk menghindari lemak yang mengendap di pipi, pilihlah permen karet yang bebas gula.

10. Ubah potongan rambut

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Mengubah potongan rambut bisa membuat pipi tirus. Memang ini bukan cara yang alami untuk membuat pipi tirus. Tapi paling tidak cara meniruskan pipi kali ini cukup instan untuk Anda yang tidak bisa melakukan proses yang panjang.

Cara meniruskan pipi yang tembem bisa pula mengubah potongan rambut Anda. Pasalnya, beberapa bentuk wajah mungkin terlihat tembam atau gemuk akibat potongan rambut yang kurang tepat.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencari atau menemui penata rambut profesional guna mengetahui potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

11. Samarkan dengan make up

Teknik merias wajah yang semakin berkembang bisa menjadi cara meniruskan pipi yang tembem. Munculnya berbagai alat dan produk make up bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan kontur pada pipi menjadi tampak lebih tirus.

Anda bisa menggunakan teknik contouring dan highlighting untuk membentuk wajah menjadi lebih tirus, sekaligus menonjolkan garis rahang dan hidung sebagai cara meniruskan pipi dengan cepat.

Jika dilakukan dengan tepat, riasan wajah ini bisa diandalkan sebagai cara cepat meniruskan pipi tembam yang efektif. Tentu saja ini juga bukan cara meniruskan pipi yang alami, usai make up Anda di hapus, maka bentuk wajah akan kembali seperti semula.

Nah sudah paham bukan, bagaimana cara meniruskan pipi secara alami atau instan. Anda bisa melakukannya dirumah tanpa harus treatment di salon kecantikan atau dokter spesialis kulit.

Jika Anda tidak sabar untuk melakukan cara alami, cara instan juga bisa dicoba. Namun risikonya, hal itu hanya berlaku permanen dan Anda akan kembali punya pipi tembem seperti sedia kala.

Jadi, tidak ada salahnya kan untuk mencoba cara meniruskan wajah secara alami atau instan. Umumnya, cara meniruskan wajah memang perlu dilakukan dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Bila sudah mendapatkan pipi tirus yang diinginkan, jangan lupa untuk mempertahankan berat badan dan gaya hidup sehat. Hal ini dilakukan agar mencegah pipi tembem muncul kembali

Topik Terkait