img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb Gaya Hidup – Siapa yang tak kenal Emma Watson? Aktris cantik asal Inggris ini begitu dikenal oleh penikmat film di seluruh dunia berkat peran ikoniknya sebagai Hermionie Granger di film Harry Potter.

Meski film yang membesarkan namanya itu sudah berakhir, namun Emma Watson masih banyak dibicarakan hingga saat ini karena ia tak hanya cantik dan berbakat, tetapi juga sosok aktivis yang sangat inspiratif.

Walau jarang berbicara hal personal, ia ternyata diketahui memiliki sebuah fakta unik terkait agama yang dianutnya. Penasaran? Simak profil Emma Watson berikut ini.

Profil Lengkap Emma Watson

1. Biodata Emma Watson

Disney
Foto : Disney

Emma Watson lahir dengan nama lengkap Emma Charlotte Duerre Watson pada 15 April 1990 di kota Paris, Prancis. Orang tuanya yakni Chris Watson dan Jacqueline Luesby merupakan pengacara asal Inggris.

Saat ini ia tidak hanya dikenal sebagai seorang aktris, namun juga seorang aktivis yang gencar menyuarakan hak-hak perempuan melalui nilai feminisme. Dirinya aktif di dunia akting sejak 1999 hingga saat ini.

Masa kecilnya tak begitu mulus karena harus menyaksikan kedua orang tuanya bercerai. Ia pun kemudian ikut sang ibu untuk pindah ke Inggris dan tinggal di Oxfordshire.

Ia bersekolah di Dragon School dan telah memiliki keinginan untuk menjadi seorang aktris sejak usia 6 tahun. Karena itulah ia berlatih di Stagecoach Theatre Arts dan mengambil kelas akting, sekaligus menyanyi dan menari.

Emma Watson mulai muncul sejak film Harry Potter pertama yang berjudul Harry Potter and the Philosopher’s Stone yang tayang di tahun 2001. Ia sempat vakum sementara dari pendidikannya untuk menyelesaikan syuting film Harry Potter and the Deathly Hallows bagian 1 dan 2 pada 2009 silam.

2. Kehidupan Pribadi Emma Watson

Pinterest
Foto : Pinterest

Emma Watson termasuk salah satu aktris terkenal yang jarang membicarakan mengenai kehidupan pribadinya di hadapan publik. Ia bahkan pernah secara terang-terangan mengatakan bahwa tidak ingin berbicara soal hubungan romantisnya dengan seseorang.

Meski begitu, diketahui bahwa dirinya menjalin hubungan dengan seorang pebisnis asal Amerika Serikat bernama Leo Robinton sejak 2019 lalu.

Mengenai agama yang dianutnya, Emma Watson pun seolah enggan memberitahu. Ia juga jarang menampakkan aktivitas keagamaan lewat media sosialnya yang justru didominasi dengan kegiatan aktivismenya.

Banyak yang mengira bahwa ia beragama Kristen. Namun saat ditanya mengenai kepercayaannya di wawancara bersama Huffpost, Emma Watson tak menyebut bahwa dirinya adalah penganut agama Kristen. Ia justru mengatakan bahwa dirinya menganut kepercayaan Spiritual Universalis.

Ia mengaku tetap percaya dengan adanya kekuatan besar di alam semesta ini. Emma Watson memang merasa dirinya bukanlah sosok yang religius.

Aktris berzodiak Aries ini juga merupakan seorang yang terlatih dalam yoga dan meditasi. Ia bahkan memiliki sertifikat untuk mengajar kedua subjek tersebut.

3. Perjalanan Karier Emma Watson

instagram/@emmawatson
Foto : instagram/@emmawatson

Emma Watson berhasil mendapatkan perannya sebagai Hermionie Granger setelah ikut 8 kali audisi yang ketat. Perannya di Harry Potter and the Philosopher’s Stone pada 2001 silam merupakan debutnya di dunia perfilman.

Hebatnya, film itu langsung memecahkan rekor sebagai film dengan pendapatan tertinggi di minggu pertama penayangannya. Meski baru debut, ia bahkan berhasil memenangkan penghargaan kategori Leading Young Actress dari Young Artist Awards.

Aktris multitalenta ini pun terus muncul dalam film-film Harry Potter selanjutnya hingga seri ketujuh yang berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows.

Setelah film Harry Potter usai, karier aktingnya tetap bersinar dengan membintangi sederet film populer Hollywood lainnya. Sebut saja The Perks of Being Wallflower, Belle, hingga Little Women.

Terbaru pada 2022, Emma Watson dan para pemain Harry Potter lainnya kembali menyapa penggemar dengan membintangi serial spesial dari HBO Max berjudul Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts. Seperti namanya, ini adalah tayangan khusus untuk merayakan hari jadi ke-20 film Harry Potter.

4. Kehidupan Sebagai Aktivis Feminisme

Nickiswift.com
Foto : Nickiswift.com

Kini Emma Watson terlihat mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang aktivis yang memperjuangkan nilai feminisme dan membela hak-hak perempuan di seluruh dunia.

Pada tahun 2014 silam, ia terpilih menjadi Women Goodwill Ambassador oleh PBB dan ditunjuk untuk hadir di Markas Besar PBB yang berlokasi di kota New York, Amerika Serikat.

Sang aktris sekaligus aktivis itu pun berpidato di podium PBB dalam rangka kampanye HeForShe yang diadakan oleh UN Women untuk menyuarakan agar kaum pria juga ikut memperjuangkan kesetaraan gender.

Berkat keseriusannya dalam bidang aktivisme dan advokasi hak-hak perempuan, ia pun dianugerahi penghargaan sebagai Feminist Cekebrity oleh The Ms. Foundation for Women pada tahun 2014.

Selain lantang menyuarakan hak perempuan, Emma Watson juga tak ragu menyuarakan pembelaannya untuk warga Palestina di media sosial. Meskipun keberpihakan tersebut tentunya menuai pro dan kontra, namun ia tetap berani menunjukannya.

5. Penghargaan dan Prestasi Emma Watson

Penghargaan pertama yang ia dapatkan adalah berkat perannya sebagai Hermionie Granger di tahun 2021 silam, yakni anugerah dari Leading Young Actress dari Young Artist Awards.

Berkat popularitasnya, dirinya dinobatkan sebagai salah satu aktris dengan bayaran termahal di dunia oleh majalah Forbes dan Vanity Fair. Tak hanya itu, Emma Watson juga masuk dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia yang dirilis oleh majalah Time.

Sederet penghargaan bergengsi lainnya pun berhasil dibawa pulang olehnya. Di antaranya adalah penghargaan dari San Diego Film Critics Society untuk kategori Best Ensemble Performance di tahun 2011, dan kategori Best Supporting Actress di tahun 2012.

Di tahun 2016 ia meraih Acting and Activism Award dari Women Film Critics Circle, dan di tahun 2020 menyabet Best Ensemble Cast dari Boston Society of Films Critics berkat perannya di film Little Women.

6. Fakta Menarik Emma Watson

- Merupakan salah satu aktris yang memiliki IQ tinggi. IQ Emma Watson diketahui mencapai 138.

- Sempat tertarik dengan Tom Felton pemeran Draco Malfoy. Di umur 10 tahun, ia pernah merasa bahwa Tom Felton adalah pria muda yang menarik.

- Hampir mundur dari Harry Potter. Ia sempat ragu apakah harus melanjutkan kontrak di dua film terakhir Harry Potter.

- Merupakan lulusan jurusan Sastra Inggris.

- Pernah memangkas rambut panjangnya yang indah dengan potongan pixie cut. Hal itu ia merasa bosan selama 10 tahun memelihara rambut panjang.

- Masuk lima nominasi sekaligus di awal debut aktingnya di film Harry Potter, dan memenangkan salah satu dari kelima nominasi tersebut.

- Berbakat di dunia model dan fashion. Untuk pertama kalinya ia didapuk menjadi brand ambassador untuk brand Burberry.

- Banyak diperebutkan majalah fashion dan mode ternama. Emma Watson pernah menjadi cover majalah bergengsi seperti Vogue, Cosmopolitan, dan People.(prl).

Topik Terkait