img_title
Foto : Instagram/@seonho__kim

IntipSeleb Gaya HidupKim Seon Ho adalah aktor asal Korea Selatan yang namanya kini sudah tak asing lagi di telinga publik. Namanya sempat melejit usai membintangi drama Start-Up bersama dengan Suzy dan kembali menarik perhatian dengan perannya sebagai Hong Doo Sik di drama Hometown Cha-Cha-Cha.

Memiliki paras yang tampan dan kepribadian yang ceria, Kim Seon Ho selalu sukses menghibur para penggemarnya. Dirinya juga dikenal sebagai sosok yang tampil apa adanya dan tak jaim. Kim Seon Ho juga selalu berhasil memikat penggemar dengan paras tampan yang dilengkapi dengan lesung pipinya.

Lantas seperti apa ya profil dari Kim Seon Ho? Berikut ini adalah rangkuman dari profil Kim Seon Ho beserta dengan perjalanan kariernya.

Profil Kim Seon Ho

seonho__kim/instagram
Foto : seonho__kim/instagram

Kim Seon Ho lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 8 Mei 1986. Sebelum memulai kariernya sebagai aktor, dirinya sempat mengenyam pendidikan di Institut Seni Seoul. Dirinya merupakan anak tunggal dan telah menyelesaikan wajib militernya sebelum bekecimpung di panggung hiburan.

Kabarnya, Kim Seon Ho menganut agama Katolik. Di tahun 2019 dirinya telah dibaptis di Gereja Katolik Hyehwa Dong, Seoul dan memiliki nama baptis yakni Daniel. Sementara itu, ternyata dibalik kepribadiannya yang ceria, Kim Seon Ho ternyata memiliki masa lalu yang cukup mengejutkan.

Pasalnya, semasa dirinya kecil, ia ternyata pernah melihat ibunya ditusuk secara langsung oleh para pencuri yang membobol rumahnya. Saat itu dirinya hanya berdua dengan sang Ibu di rumah, dan saat bersembunyi di bawah tempat tidur, saat itu lah ia melihat kejadian yang meninggalkan trauma baginya.

Karena kejadian itu, Kim Seon Ho yang kala itu masih duduk di bangku sekolah dasar menjadi sosok pribadi yang tertutup dan sulit berteman. Ia pun sempat merasa mudah cemas tiap kali ada seseorang yang berdiri di belakang dirinya.

Namun diakuinya bahwa semenjak terjun ke dunia akting, dirinya perlahan mulai bisa mengatasi trauma masa kecilnya itu.

Profil singkat Kim Seon Ho

Nama: Kim Seon Ho (김선호)
Tempat, tanggal lahir: Seoul, 8 Mei 1986.
Pendidikan: Institut Seni Seoul
Agama: Katolik

Perjalanan karier Kim Seon Ho

seonho__kim/instagram
Foto : seonho__kim/instagram

Untuk bisa tampil di layar televisi, Kim Seon Ho memerlukan waktu yang tak sebentar. Sebelumnya, Kim Seon Ho aktif mengikuti teater sejak tahun 2009.

Hingga kemudian di tahun 2017, Kim Seon Ho berhasil mendapatkan peran kecil dalam drama besutan KBS2 yakni Good Manager. Semenjak saat itu, Kim Seon Ho mulai dipercaya mendapatkan peran-peran lain dalam drama televisi seperti misalnya Two Cops.

Berkat penampilannya di Two Cops, dirinya berhasil meraih dua penghargaan dari MBC Drama Awards di tahun 2017. Semenjak saat itu, Kim Seon Ho banyak membintangi drama-drama yang cukup populer, di antaranya 100 Days My Prince hingga di tahun 2019 membintangi drama JTBC Welcome to Waikiki 2.

Kim Seon Ho juga sukses menyita perhatian para penggemar usai ditunjuk sebagai anggota tetap dalam variety show 2 Days & 1 Nigt. Penampilan debutnya di acara ragam ini selalu dinanti-nanti lantaran ada saja tingkah kocak dari Kim Seon Ho.

Kemudian di tahun 2020, Kim Seon Ho kembali menyita perhatian publik usai membintangi drama Start-Up. Kepopulerannya saat itu bahkan membuatnya sempat menempati posisi teratas dalam aktor drama di bulan November berdasarkan Korean Business Research Institue. Berawal dari panggung teater, Kim Seon Ho kembali melakukan comebacknya di panggung teater di tahun 2021 melalui Play Ice by Jang Jin.

Kesuksesan Kim Seon Ho semakin memuncak kala membintangi drama Hometown Cha-Cha-Cha bersama dengan aktris cantik Shin Min Ah. Bahkan drama tersebut berhasil meraih rating yang cukup tinggi.

Comeback Kim Seon Ho

Instagram/@seonho__kim
Foto : Instagram/@seonho__kim

Usai sukses membintangi drama Hometown Cha-Cha-Cha, Kim Seon Ho sempat terseret kasus terkait masalah pribadinya dengan seorang wanita. Usai kontreversi tersebut, Kim Seon Ho memutuskan untuk vakum sementara waktu dari dunia yang membesarkan namanya tersebut.

Hingga kemudian kabar segera comebacknya Kim Seon Ho ke dunia hiburan langsung membuat para penggemar heboh. Bukan kembali ke layar kaca, namun Kim Seon Ho akan memulainya lagi melalui panggung teater.

Pertunjukan teater yang akan dimainkan oleh Kim Seon Ho berjudul Touching the Void. Penggemar pun sangat antusias dengan hal itu. Maka tak heran jika tiket teater pertunjukan yang kabarnya berlangsung pada 9 Juli 2022 langsung ludes dibeli oleh para penggemar.

Begitupun dengan pertunjukan di tanggal 15 Agustus mendatang juga memiliki nasib yang sama. Kim Seon Ho diketahui berperan sebagai seorang pendaki. Penampilannya kali ini akan diselenggarakan di Daehak-ro Art One Theater.

Touching the Void adalah drama yang diangkat dari kisah kehidupan nyata Joe Simpson dan Simon Yates, dua pendaki gunung Inggris yang hampir mati saat turun dari puncak Siula Grande di Andes.

Aksi kedua pendaki populer itu pernah didokumentasikan dalam buku Joe Simpson bertajuk Touching the Void dan adaptasi film selanjutnya.

Dalam poster yang dirilis oleh SALT Entertainment, Touching the Void akan berlangsung mulai 8 Juli – 18 September di Art One Theatre Seoul.

Poster tersebut menampilkan sekilas Kim Seon Ho dalam peran utamanya sebagai Joe Simpson yang terdampar. Karakter itu merujuk pada fakta bahwa kedua pemimpin itu adalah pendaki gunung pertama dalam sejarah yang mendaki West Face of Siula Grande.

Dalam poster itu tertulis kalimat yang berbunyi, “Tidak ada yang pernah melihat pemandangan ini sebelumnya. Saat ini, kami adalah satu-satunya yang telah melihatnya.”.

Penghargaan Kim Seon Ho

Instagram/@seonho__kim
Foto : Instagram/@seonho__kim

Sukses berkarier sebagai aktor, Kim Seon Ho berhasil meraih beragam penghargaan selama jenjang kariernya. Berikut ini adalah deretan penghargaan yang diterima oleh Kim Seon Ho.

1. Penghargaan Keunggulan, Aktor dalam Drama Senin-Selasa di MBC Drama Awards ke-36 (2017)
2. Aktor Pendatang Baru Terbaik di MBC Drama Awards ke-36 (2017)
3. Penghargaan Emotif Terbaik (Aktor) di Asia Artist Awards ke-5 (2020)
4. Model Star Award di Asia Model Festival ke-15 (2020)
5. Pendatang Baru (Acara Ragam) di KBS Entertainment Awards ke-18 (2020)

6. Tren Ikon (Aktor) di Brand Customer Loyalty Awards (2021)
7. Multitainer Pria di Brand Customer Loyalty Awards (2021)
8. TikTok Popularity Award di Baeksang Arts Awards ke-57 (2021)
9. Penghargaan Popularitas di Korean Broadcasting Awards ke-48 (2021)
10. Character of the Year di Seoul Drama Awards 2021

11. RET Popularity Award – Actor di Asia Artist Awards ke-6 (2021)
12. U+Idol Live Popularity Award – Actor di Asia Artist Awards ke-6 (2021)

Demikian adalah sederet informasi tentang Kim Seon Ho lengkap dengan perjalanan kariernya. Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda. (jra)

Topik Terkait