img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup–Pulau Bali memang menyimpan banyak destinasi menarik. Tak salah memang Bali terkenal sampai mancanegara dengan tempat liburan yang menarik.

Sehingga Bali adalah tempat yang wajib bagi kamu untuk menikmati liburan. Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Nusa Penida.

Diketahui, bahwa Nusa Penida ini terletak di sebelah utara tenggara Pulau Bali. Maka dari itu, banyak sekali wisata yang bisa dinikmati dengan lokasi geografis dari pulau Nusa Penida yang begitu menakjubkan.

Keindahan Nusa Penida bisa kamu nikmati mulai dari pantainya, tebingnya sampai tempat hiburan yang lain. Karena keindahan Nusa Penida membuat para wisatawan lokal maupun asing ramai mengunjungi tempat ini.

Jika kamu ingin ke Bali dan berada di sekitaran Nusa Penida, maka kamu disarankan untuk mengeksplor berbagai jenis wisata. Tapi, kalau kamu bingung akan mengunjungi wisata apa di Nusa Penida maka jangan khawatir karena di artikel ini akan mengupas tuntas wisata yang direkomendasikan.

Sehingga bisa dikatakan, Nusa Penida adalah wisata populer dan menarik untuk kamu kunjungi. Karena populer dan terkenal maka kamu perlu untuk sekali dalam seumur hidup menikmati keindahan di pulau Nusa Penida ini,

Yuk, simak artikel selengkapnya akan rekomendasi dan seputar wisata Nusa Penida di bawah ini!

Nusa Penida Bali

Pinterest
Foto : Pinterest

Nusa Penida merupakan pulau Penida yang terletak di sebelah tenggara Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Kata Gede artinya besar. Sedangkan Nusa Ceningan adalah pulau terkecil dari ketiga pulau. Khusus untuk Nusa Lembongan, pulau yang paling terkenal bagi wisatawan, terutama wisatawan Australia.

Bahkan perairan pulau Nusa Penida terkenal akan wisata selamanya antara lain Crystal Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

Nusa Penida diambil dari bahasa Bali. Nusa yang artinya pulau sedangkan Penida dibagi menjadi dua kata yaitu Ped berarti kematian dan Ida artinya kekuasaan.

Maka Nusa Penida berarti memiliki arti yaitu pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan. Diketahui bahwa pulau Nusa Penida adalah pulau terbesar ketiga dan masyarakat lokal kerap kali menyebut dengan Nusa Gede.

Selain itu, pulau Nusa gede atau Penida ini terdiri dari daratan landai dan memiliki daratan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan. Sehingga sebagian besar masyarakat lokal memilih mata pencaharian dengan petani rumput laut, nelayan dan juga pedagang.

Pada tahun 2014, pariwisata di Nusa Penida berkembang pesat dan banyak menarik minat wisatawan. Karena perkembangan pariwisata yang melonjak membuat masyarakat setempat mengubah mata pencaharian dengan transportasi, restoran dan juga akomodasi.

Aktivitas yang bisa kamu lanjutkan jika berkunjung ke Nusa Penida adalah dengan wisata Bali water, sports seperti snorkeling dan scuba diving.

Daya Tarik Wisata Nusa Penida

Pinterest
Foto : Pinterest

Jika kamu berlibur ke Nusa Penida ini tidak akan kamu menemukan klub pantai seperti di daerah Seminyak Bali. Namun, Nusa Penida memiliki keindahan alam yang eksotis dan juga keunikannya.

Maka jangan ragu kalau kamu ke Nusa Penida mampu menemukan banyaknya keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangannya. Jadi selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Diketahui bahwa Nusa Penida memiliki daya tarifnya. Tiga hal daya tarik yang dimiliki oleh Nusa Penida adalah pantai pasir putih, pemandangan indah di atas tebing dan juga keindahan pemandangan bawah lautnya.

Keindahan dan pemandangan eksotis

Pinterest
Foto : Pinterest

Nusa Penida terkenal akan tempat wisata yang eksotis dan unik akan keindahan wisata pantai pasir putihnya. Jika dahulu kawasan Nusa Penida belum banyak yang mengetahui sehingga jarang untuk mendapat kunjungan.

Namun seiring berjalannya waktu, bangunan dan infrastruktur jalannya sudah mulai bagus dan membuat nyaman para wisatawan untuk menuju ke lokasi.

Selain keindahan pemandangan yang terbentang luas, Nusa Penida ini berada di atas tebing. Sehingga jika kamu berdiri dari atas tebing ,aka pemandangan laut di sore hari akan terlihat indah.

Lokasi populer jika kamu ingin mengunjungi Nusa Penida ini dan melihat pemandangan yang indah maka dari atas tebing, maka kamu akan melihat seperti Bukit Pantai Kelingking Nusa Penida, Banah Cliff, dan Saren Cliff.

Keindahan Pemandangan Bawah Laut

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain itu, Nusa Penida atau Nusa Gede terletak pada wisata bawah lautnya. Jika kamu ingin menikmati keindahan bawah lautnya maka aktivitas yang bisa kamu lakukan antara lain; menyelam atau scuba diving dan melakukan snorkeling.

Tak hanya itu, Pulau Nusa Gede ini dikelilingi oleh laut lepas sehingga membuat pulau ini memiliki area yang cocok untuk menyelam. Biota laut dari Nusa Penida ini masih terjaga dan alami seperti terumbu karang serta ikan langka Mola-Mola.

Lokasi Snorkeling & Scuba Dive Di Pulau Nusa Penida

Pinterest
Foto : Pinterest

Jika kamu ingin melakukan snorkeling dan menyelam kamu bisa melakukan aktivitas pada are-area yang direkomendasikan di bawah ini. Yuk simak lokasi terbaik untuk kamu menikmati aktivitas biota bawah laut di bawah ini!

1. Malibu Point.

2. Penida Bay.

3. Batu Meling.

4. Toyapakeh.

5. Manta Point.

6. Batu Abah.

7. Batu Lumbung.

Wisata rekomendasi di Nusa Penida

1. Pantai Atuh

Pantai Atuh adalah salah satu pantai eksotis yang berada di Nusa Penida. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih kekuningan dan birunya laut yang membuat siapa saja meilihatnya bakal terpesona.

Jika untuk ke pantai ini kamu perlu menuruni bukit daerah pantai untuk melihat keindahan pesisir yang begitu indah. Pantai ini cocok untuk kamu healing karena salah satu pantai yang hening dan tidakn ramai di kunjungi.

2.Mata Air Tembeling

Selain pantai, Nusa Penida memang dikenal dengan wisata surga dunia. Di Nusa Penida kamu akan menemukan Mata Air Tembeling yang ada di Desa Batumadeg.

Diketahui bahwa Air mata ini memiliki diameter yang cukup lebar sekitar 5 hingga 6 meter, sangat cocok untuk kamu yang ingin sekali menikmati kesegaran airnya dengan cara berenang. Untuk mata air di sini terbagi menjadi 2 bagian, yakni khusus laki-laki dan juga untuk perempuan.

3. Smoke Beach

Smoke Beach ini menyuguhkan hamparan pasir yang begitu indah. Ombak pantai ini terkenal dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Biasanya para wisatawan untuk menikmati keindahan itu harus berdiri di tepi batu jarang untuk menunggu ombaknya datang. Namun, kamu perlu hati-hati untuk menikmati deburan ombaknya yang lumayan tinggi.

4. Angel’s Billabong

Selain wisata di atas, Angle’s Billabong ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Pemandangan dari wisata ini dikenal dengan airnya yang jernih dan juga batu karangnya yang eksotik.

5. Seganing Waterfall

Kemudian, wisata di Nusa Penida selanjutnya adalah Seganing Waterfall atau air terjun Seganing. Namun, jika kamu ingin ke sini kamu perlu melakukan perjalanan yang cukup ekstrim dan terjal.

Namun, jika kamu sudah berhasil menaklukan medan perjalanannya maka kamu akan mendapatkan pemandangan suasana air terjun yang begitu indah dan juga birunya lautan.(prl).

Topik Terkait