img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut merupakan tata cara sholat dhuha dan doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu amalkan. Hukum sholat dhuha merupakan sunnah.

Lalu sholat ini bisa dikerjakan dengan 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat atau lebih. Mengerjakan sholat dhuha dengan cara sendiri atau munfarid.

Mengenai waktu sholat, Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya' Ulumudin mengatakan, waktu dhuha dimulai ketika matahari naik setinggi tombak. Ukuran ini kira-kira mulai jam 7 pagi.

Sementara itu, jumhur ulama berpendapat bahwa waktu dhuha dimulai ketika matahari meninggi lebih dari sepenggalan hingga sedikit menjelang waktu dzuhur atau sekitar 15 menit setelah waktu syuruq hingga 15 menit sebelum masuknya waktu zuhur. Menurut suatu riwayat, Rasulullah SAW biasa mengerjakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat.

عن عائشةَ رَضِيَ اللهُ عنها، قالت: كان رسولُ الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُصلِّي الضحى أربعًا، ويَزيد ما شاءَ الله

Artinya: "Dari Aisyah RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW biasa sholat dhuha empat rakaat. Dan beliau menambah berapapun yang dikehendaki Allah SWT." (HR Muslim).

Seperti kita tahu bahwa sholat dhuha memiliki banyak keutamaan tersendiri. Sholat Dhuha dipercaya bisa memperlancar rezeki. Selain itu, dengan sholat dhuha kita senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah SWT.

Sholat Dhuha adalah salah satu shalat yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW untuk umatnya. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah yang berbunyi:

أوْصاني خَلِيلي – صلى الله عليه وسلم – بِثَلاثٍ: صِيَامِ ثَلاَثَةِ أيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَرَكْعَتَي الضُّحَى،
وَأنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أنَامَ

Artinya: “Kekasihku Rasulullah saw berwasiat kepadaku untuk melaksanakan tiga hal, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, shalat witir sebelum tidur." (HR. Bukhari).

Tak hanya itu, keutamaan selanjutnya adalah shalat dhuha bisa menyebabkan dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Atas hal ini, doa akan lebih mudah untuk dikabulkan.

مَنْ حَافَظَ عَلَى سُبْحَةِ الضُّحَى غُفِرَتْ ذُنُوبُهُ وَإِنْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ

Artinya: “Barang siapa menjaga sholat dhuha, maka Allah akan mengampuni segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan” (HR. Hakim)

Mereka yang mengerjakan sholat dhuha maka akan dibangunkan rumah di surga oleh Allah. Hal ini sesuai dengan isi hadis Nabi Muhammad saw:

“Barangsiapa yang sholat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al Jami’ No. 634).

Selain itu, sholat dhuha juga bisa jadi sedekah kita. Berikut hadits yang shahih tentang ini dari Muslim:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua rakaat” (HR. Muslim no. 720).

Keutamaan lainnya adalah orang yang mengerjakan sholat dhuha akan mendapat pahala seperti orang yang pergi haji dan umroh. Diriwayatkan Anas bin Malik, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan sholat subuh berjamaah kemudian ia duduk sambal berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, lalu ia mengerjakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh." (HR. Tirmidzi No. 586).

Tanpa berlama-lama lagi, berikut tata cara dan doa setelah sholat dhuha, keep scrolling!

Tata Cara Sholat Dhuha

Pinterest
Foto : Pinterest

Sholat dhuha memiliki tata cara sendiri. Berikut tata caranya:

1. Membaca Niat

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat antara lain sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Dhuha Rak'ataini Lillaahi Ta'alaa

Artinya: "Aku niat sholat sunah Dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala."

Adapun niat sholat dhuha 4 rakaat, adalah sebagai berikut.

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa arba'aa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Aku niat salat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah ta'ala."

2. Takbiratuh Ihram

Membaca "Allahu akbar" usai membaca niat shalat dhuha. Yaitu jari-jari dirapatkan dihadapkan ke depan dan mengangkat kedua tangan dengan ujung jarinya sejajar dengan pundak atau telinga seraya mengucapkan takbir dan pandangan mata melihat ke arah sujud.

3. Membaca Doa Iftitah

Usai takbiratul iheam, disunnahkan membaca doa iftitah.

4. Membaca Surat Al-Fatihah

5. Membaca Surat dalam Al Quran

6. Ruku dan Membaca 3 kali Tasbih

7. I'tidal dan 3 kali tasbih

8. Duduk di antara dua sujud dan 3 membaca tasbih

9. Sujud kedua dan 3 kali membaca tasbih

10. Rakaat Kedua

Dari posisi sujud kemudian berdiri tegak sambal mengucapkan “Allahu Akbar”. Doa-doanya sama dengan saat rakaat yang pertama.

Hanya saja pada rakaat kedua tidak perlu membaca doa iftitah, jadi langsung Al-Fatihan kemudian dilanjutkan baca surat/ayat dalam Al-Quran. Dilanjutkan rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara sujud dan jika 2 rekaat maka dilanjutkan tasyahud akhir.

11. Tasyahud akhir

12. Salam

13. Membaca Doa

Doa Setelah Sholat Dhuha

Pinterest
Foto : Pinterest

Usai melakukan sholat dhuha, hendaknya kita berdoa terlebih dahulu. Doa ini dimaksudkan untuk meminta penjagaan Allah.

Doa ini juga untuk meminta dibukakan pintu rezeki. Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin.

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Itu dia tata cara sholat dhuha serta doa setelah sholat dhuha agar kita senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah SWT. Doa ini juga dimaksudkan agar pintu rezeki kita segera dibukakan.

Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan segala doa-doa kita semua. Jika kamu ingin mengetahui doa lainnya, terus pantau artikel timeless dari IntipSeleb di kanal lifestyle ya!

Topik Terkait