img_title
Foto : Netflix

IntipSeleb Gaya HidupFilm Alive sempat ramai diperbincangkan. Pasalnya, film bertemakan zombie ini menjadi salah satu film yang memiliki alur cerita yang cukup menegangkan dengan berlatar tempat di satu lokasi saja. Meski film bertemakan mayat hidup alias zombie sudah memiliki banyak versi, namun film produksi Korea Selatan ini cukup menarik perhatian.

Berkat film Train to Busan, banyak yang mengakui bahwa Korea Selatan memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membuat film bertema survival tersebut. Lantas film Alive pun tak mematahkan ekspektasi para peminatnya. Film yang dibintangi oleh Yo Ah In dan Park Shin Hye itu memiliki kesan tersendiri bagi para penggemarnya.

Film Alive ternyata merupakan film yang dibuat berdasarkan senuah film asal Amerika Serikat di tahun 2019, yakni Alone karya Matt Naylor. Untuk anda yang penasaran menonton film tersebut, anda tak perlu risau. Sebab, Alive bisa anda tonton di aplikasi layanan streaming yakni Netflix. Sebelum menonton, mungkin anda perlu mengetahui sinopsis hingga fakta menariknya berikut ini.

Film Alive

IMDb
Foto : IMDb

Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang besar-besarnya terjadi, film Alive hadir. Tayang pada 24 Juni 2020, film Alive nyatanya tetap mampu mendapatkan jumlah penonton yang tinggi selama penayangannya di bioskop Korea Selatan. Film yang disutradari oleh Cho Il Hyung itu bahkan digadang-gadang mendapatkan keuntungan sebesar 13 juta dollar atau sekitar Rp193 miliar.

Jika kebanyakan film bertemakan zombie banyak menceritakan bagaimana pemeran utamanya yang berusaha selamat dari kejaran para zombie hingga mengungkap alasan adanya para zombie, film Alive lebih fokus mengenai bagaimana si tokoh utama bertahan sendirian di apartemen. Yang dimana sekelilingnya sudah berubah menjadi zombie semua.

Sinopsis film Alive

YouTube/The Swoon
Foto : YouTube/The Swoon

Film Alive mengisahkan tentang Joon Woo (Yoo Ah In) yang merupakan seorang gamers. Saat kejadian penyebaran infeksi zombie terjadi, dirinya sedang berada di apartemen sendirian yang dimana orang tuanya sedang pergi. Hingga kemudian perlahan kekacauan mulai terjadi.

Melalui balkon apartemennya, Joon Woo bisa melihat bagaimana orang-orang perlahan mulai terinfeksi. Situasi semakin kacau tatkala listrik dan sinyal menghilang. Joon Woo yang seorang diri, harus berusaha bertahan hidup di tengah kepungan para zombie.

Hingga pada satu waktu, Joon Woo menyadari bahwa ada penyintas lain yang berhasil bertahan seperti dirinya. Penyintas itu adlaah Yoo Bin (Park Shin Hye). Meski tinggal di apartemen yang bersebrangan, Joon Woo dan Yoo Bin pada akhirnya berusaha bertahan hidup dari ancaman para zombie. Lantas berhasilkah mereka?

Jika penasaran, langsung klik link di sini untuk menonton film Alive.

Fakta film Alive

YouTube/Netflix Asia
Foto : YouTube/Netflix Asia

Dibalik pembuatan film Alive, menyimpan sejumlah fakta menarik yang mungkin jarang diketahui. Berikut ini adalah fakta menarik dari film Alive.

1. Tayang di Netflix

YouTube/The Swoon
Foto : YouTube/The Swoon

Filmyang sukses di bioskop Korea Selatan itu, kemudian resmi ditayangkan pada layanan streaming Netflix pada 8 September 2020. Tak berbeda jauh, film Alive juga mendapatkan sejumlah pencapaian. Pada masa penayangannya, film Alive sempat masuk ke dalam daftar Top Movies Dunia.

Bahkan Film Alive digadang-gadang menjadi film Korea pertama yang memiliki pencapaian luar biasa di situs streaming film dunia.

2. Sukses di bioskop Korea Selatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meski tayang di masa pandemi COVID-19 yang sedang tinggi-tingginya, penayangan film Alive di bioskop Korea Selatan nyatanya tak memiliki pengaruh negatif, Bahkan film bergenre thriller itu mendapatkan jumlah penonton yang fantastis.

Berdasarkan data dari Dewan Film Korea, Film Alive meraup sekitar 1,9 juta penonton selama masa penayangan. Angka tersebut cukup memuaskan, mengingat betapa lumpuhnya industri perfilman akibat pandemi dengan tidak adanya perilisan film di bioskop selama beberapa bulan terakhir.

3. Alasan Park Shin Hye bergabung karena bermain dengan Yoo Ah In

Tak disangka, ternyata ada alasan khusus mengapa Park Shin Hye yang sebelumnya terbiasa membintangi drama Korea bergenre romantis mau keluar dari zona nyamannya. Dalam acara jumpa pers, Park Shin Hye menyebut bahwa alasannya menerima tawaran membintangi film Alive adalah karena dipasangkan dengan sosok Yoo Ah In.

“Aku benar-benar ingin membintangi film bersamanya (Yoo Ah In). Sebelumnya, aku pernah bertemu dengannya di sebuah acara. Dan kelihatannya, dia sangat menarik. Aku selalu ingin bertemu dengannya lewat proyek akting,” ungkap Park Shin Hye.

4. Yoo Ah In ingin telibat proyek yang sama dengan Park Shin Hye

Tak hanya Park Shin Hye saja, ternyata Yoo Ah In juga memiliki khusus kenapa memilih proyek tersebut. Ia sempat menyebut bahwa Park Shin Hye merupakan salah satu aktris yang sangat ingin dia temui. Karena merasa Park Shin Hye mau mengambil proyek kali ini, maka Yoo Ah In pun mantap bergabung.

“Aku merasa Park Shin Hye akan mengambil (tawaran membintangi) film ini. Itulah alasan pertamaku (untuk membintangi film),” ujar Yoo Ah In.

5. Kisah menarik di balik pembuatan film Alive

Park Shin Hye juga membagikan kisah menarik dari pembuatan film Alive. Disebutkan bahwa penata rias untuk film ini adalah sosok yang sama dengan yang mengerjakan serial Netflix Kingdom. Seperti diketahui, kedua proyek tersebut sama-sama mengusung tema zombie.

Dirinya sering kali kaget karena lupa bahwa sedang syuting bertemakan zombie ketika melihat para talent masih mengenakan make up lengkap.

“Ketika sedang syuting, jelas ada waktu untuk makan dan beristirahat. Ada saat di mana aku berbalik dan berteriak karena lupa bahwa kami semua sedang syuting bersama. Ada banyak momen di lokasi syuting yang membuatku terkejut dan lengah,” ceritanya.

6. Sempat dibandingkan dengan film Peninsula

Kala itu, film bertemakan zombie memang sedang banyak dinikmati. Banyak pula penikmati film Train to Busan yang menantikan sekuel atau lanjutannya yakni di film Peninsula. Hanya berselang satu bulan setelah perilisan film Alive, Peninsula pun tayang.

Maka tak heran jika banyak yang membandingkan antara film Alive dengan Peninsula. Ternyata, Yoo Ah In tahu jika film yang dibintanginya dibandingkan dengan film Peninsula, ia pun mencoba menyampaikan pendapatnya.

Menurutnya, meski sama-sama bertemakan zombie dan perjuangan karakter utamanya yang bertahan hidup, pesan yang diangkat tentunya berbeda.

“Meskipun keduanya serupa dalam hal genre, tapi aku rasa, keduanya akan menjadi film yang berbeda. Karena keduanya adalah film yang punya aspek sangat berbeda, aku percaya, orang-orang akan mendapatkan kesenangan dengan cara yang berbeda juga. Dari sudut pandangku, pendapat penonton itu penting. Sangat baik jika mereka menikmatinya dalam berbagai cara,” kata Yoo Ah In dalam sebuah wawancara.

Nah itu dia informasi mengenai film Alive mulai dari sinopsis hingga fakta menariknya. Budayakan untuk menonton di layanan streaming berbayar sebagai bentuk dukungan terhadap para pembuat film. Akhir kata semoga artikel timeless di atas dapat bermanfaat bagi anda dan selamat menonton!

Topik Terkait