img_title
Foto : Indiatvnews.com

IntipSeleb Gaya HidupFilm Barat terbaik banyak dihadirkan industri perfilman Hollywood dengan beragam genre, mulai dari drama, romantis, aksi, thriller, hingga komedi. Tak hanya film-film terbaru, berbagai film Hollywood lawas pun banyak yang dapat dinobatkan sebagai film terbaik.

Film garapan Hollywood memang terkenal dengan produksinya yang tak main-main. Bukan hanya ide ceritanya, sinematografi dan teknologi pembuatannya pun tak kalah membuat takjub.

Tak mengherankan jika terdapat sederet film Hollywood yang memperoleh rating tinggi maupun berbagai penghargaan bergengsi sehingga dapat dikatakan sebagai film Barat terbaik Lantas, apa sajakah itu? Simak daftar rekomendasinya berikut ini.

6 Film Barat Terbaik yang Wajib Ditonton

1. Titanic

variety.com
Foto : variety.com

Para pecinta film pasti tak asing dengan film yang satu ini. Titanic merupakan sebuah film romantis yang ikonik dan terus dikenang hingga saat ini, sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu film Barat terbaik.

Film yang disutradarai oleh James Cameron ini dibintangi oleh Leonardi DiCaprio dan Kate Winslet. Menceritakan tentang bencana yang terjadi pada sebuah kapal megah bernama Titanic yang tenggelam di Samudera Atlantik.

Dalam film ini dikisahkan kisah cinta antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) yang memiliki status sosial berbeda. Jack adalah pemuda yang memiliki latar belakang sebagai seorang seniman dan datang dari kalangan miskin.

Sementara itu Rose sangat berkebalikan dengan Jack. Ia adalah seorang wanita yang datang dari keluarga kaya dan terhormat. Jack dan Rose bertemu di atas kapal Titanic dan perlahan saling mencintai satu sama lain.

Akan tetapi, pada suatu malam terjadi sebuah bahaya besar yang mengancam nyawa para penumpang di kapal Titanic. Kapal tersebut rupanya menabrak sebuah gunung es besar.

Usai perilisannya, berbagai prestasi bergengsi diraih oleh film ini seperti menyabet 11 Piala Oscar, hingga menjadi film pertama yang mengumpulkan penghasilan lebih dari 1 miliar dollar AS.

2. Avengers: Endgame

Instagram/@marvel
Foto : Instagram/@marvel

Rekomendasi film Barat terbaik selanjutnya adalah Avengers: Endgame yang digarap oleh Studio Marvel. Film ini menjadi sekuel pamungkas dari seluruh seri film Avenger sebelumnya.

Sebagai film penutup yang memberikan konklusi, film ini menghadirkan kisah yang emosional sekaligus aksi para pahlawan super yang mendebarkan.

Pada Avengers: Endgame, diceritakan semua pahlawan super yang tersisa pasca insiden Blip berada dalam keadaan yang terpuruk. Hal itu disebabkan beberapa rekan mereka menjadi korban Thanos dan menghilang menjadi debu.

Akan tetapi, para superhero yang tersisa pun akhirnya bangkit dan mencari cara untuk kembali melawan Thanos serta mengembalikan keadaan seperti semula.

Film terakhir dari Avengers ini pun mendapatkan sederet pujian untuk penyutradaraan, skor musik, akting, hingga efek visual yang ditampilkannya.

Avengers: Endgame juga sangat populer di berbagai negara hingga berhasil meraih pendapatan lebih dari 2,7 miliar Dollar AS.

3. Avatar

Cnet.com
Foto : Cnet.com

Sama seperti film Titanic, film yang mengisahkan tentang para alien biru ini juga disutradarai oleh James Cameron. Film yang mengangkat genre fantasi ini menampilkan cerita tentang bagaimana nasib manusia di masa depan yang mengalami krisis energi.

Kondisi tersebut membuat umat manusia kemudian berusaha mencari sumber energi lain, dan akhirnya menemukan sebuah tempat bernama Pandora.

Pandora diketahui menyimpan sumber energi yang sangat besar yang dikenal dengan unobtanium, sebuah hasil bumi yang langka dan sangat berharga.

Seorang marinir yang memiliki kondisi kaki lumpuh bernama Jake Sully ditugaskan untuk menggantikan saudara kembarnya bertugas di Pandora.

Meski kakinya lumpuh, namun berkat teknologi di masa depan Jake Sully dapat masuk ke Pandora dengan menggunakan tubuh Nav’i sehingga Jake pun bisa berjalan kembali.

Saat berada di Pandora, Jake Sully bertemu dengan Neytiri dan jatuh cinta padanya. Akan tetapi muncul sebuah masalah saat perusahaan tamak datang dan berniat menghancurkan Pandora demi mengambil sumber daya unobtanium.

4. Home Alone

Imdb.com
Foto : Imdb.com

Film Barat terbaik tak selalu yang menghadirkan drama emosional, aksi yang mendebarkan, atau pun efek visual yang paling canggih.

Film dengan alur sederhana, ringan, namun menyimpan banyak memori seperti Home Alone juga dapat dikatakan sebagai salah satu film Barat terbaik.

Home Alone merupakan film keluarga yang berkisah tentang petualangan seorang anak bernama Kevin yang tinggal sendirian di rumah saat seluruh anggota keuarganya pergi liburan.

Suatu ketika masalah baru muncul karena rumah Kevin kedatangan dua orang perampok. Kedua perampoktersebut mengincar rumah Kevin karena menyangka bahwa rumah tersebut kosong.

Demi melindungi rumahnya dari para perampok, Kevin pun menyiapkan berbagai ide kreatif dan unik. Ia membuat berbagai jebakan tak terduga agar kedua perampok itu gagal melakukan aksinya dalam menghancurkan rumahnya.

Film yang satu ini masih sering diputar di televisi terutama ketika musim liburan tiba. Hal itu karena kisahnya yang ringan dan tetap menghibur tak lekang dimakan waktu.

5. Saving Private Ryan

europeanfilmawards.eu
Foto : europeanfilmawards.eu

Film Barat terbaik selanjutnya hadir dengan tema peperangan. Saving Private Ryan berlatar saat terjadinya invasi di Normandia yang terjadi pada Perang Dunia II.

Film ini menceritakan perjuangan untuk menyelamatkan keluarga Ryan terakhir yang masih hidup dalam perang tersebut yang bernama James Francis Ryan.

Sebuah tim kecil pun dibentuk oleh John Miller yang beranggotakan delapan orang untuk menjalankan misi menyelamatkan sang Ryan terakhir.

Meski terdengar sederhana, namun misi ini tidak mudah untuk dilakukan. Penyebabnya adalah karena tim tersebut kekurangan informasi soal keberadaan James Francis Ryan.

Ditambah lagi, mereka tidak mengetahui dimana posisi musuh yang dapat menyerang mereka kapan saja.

Film yang diarahkan oleh sutradara kawakan Steven Spielberg ini berhasil meraih lima penghargaan Oscar sekaligus, yakni pada kategori Best Director, Best Cinematography, Best Effect, Best Sound, dan Best Film Editing.

6. Spiderman 2

Imdb.com
Foto : Imdb.com

Selain Avengers: Endgame, film Spiderman 2 juga menjadi salah satu film Barat terbaik yang wajib Anda tonton. Sekuel dari film Spiderman ini masih menyoroti kisah Peter Parker sebagai pahlawan super yang memiliki kekuatan laba-laba.

Pada sekuel yang kedua ini, Peter Parker dikisahkan mendapatkan masalah usai kehadiran seorang profesor jenius bernama Otto Octavius. Ia membuat sebuah mesin yang dapat menyatu dengan tubuh manusia.

Sayangnya mesin tersebut menyebabkan masalah karena Otto Octavius tak bisa mengendalikan mesin itu, dan justru dirinyalah yang dikendalikan oleh mesin cerdas tersebut.

Spiderman 2 dirilis pada tahun 2004 silam. Di antara ketiga film Spiderman lainnya, sekuel yang kedua ini dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa. Film ini bahkan menyabet penghargaan Oscar untuk kategori Best Visual Effect.

Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire, Kirsten Dunst dan Alfred Molina. Sementara di kursi sutradara masih diduduki oleh Sam Raimi yang juga mengarahkan film Spiderman pertama, dan naskah filmnya ditulis oleh Alvin Sargent. (bbi)

Topik Terkait