img_title
Foto : Instagram/@blackpinkofficial

IntipSeleb Gaya HidupBLACKPINK merupakan girlgroup besutan agensi YG Entertainment yang telah memulai debutnya pada 2016. Grup yang digawangi oleh Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa ini namanya sudah cukup mendunia. Baru-baru ini, BLACKPINK juga telah comeback dengan lagu PINK VENOM pasca kurang lebih 1 tahun 10 bulan hiatus.

Banyak hal menarik yang bisa dikulik dari gilr grup yang memiliki nama fandom BLINK ini. Penasaran seperti apa profil hingga perjalanan karier BLACKPINK? Simak selengkapnya berikut ini.

BLACKPINK

Instagram/@blackpinkofficial
Foto : Instagram/@blackpinkofficial

Setelah sering kali mendebutkan boy group, ketika YG Entertainment mengumumkan akan mendebutkan girl grup, antusias para penggemar pun langsung terlihat. Pasalnya, usai 2NE1, YG Entertainment tak mendebutkan girlgroup lainnya.

Kemudian di bulan Juni 2016, satu persatu nama member BLACKPINK mulai diungkap ke publik. Hingga pada akhirnya, BLACKPINK resmi debut pada tanggal 8 Agustus 2016 melalui lagu ‘Boombayah’ dan juga ‘Whistle’.

Kepopuleran BLACKPINK mulai terlihat semenjak debutnya, dua lagu debut tersebut kemudian menempati posisi pertama dan kedua di tangga lagu Billboard World Digital Songs. Bahkan, BLACKPINK juga disebut-sebut sebagai artis tercepat yang menempati posisi tersebut, sedangkan jika dibandingkan dengan artis Korea, maka menempati posisi ketiga setelah Psy dan Big Bang.

Setelah sukses menjalankan debutnya, tak berselang lama, BLACKPINK kembali comeback dengan single kedua dari album Square Two dengan lagu ‘Playing With Fire’ dan juga ‘Stay’ di tanggal 31 Oktober 2016.

Meski tergolong menjadi grup yang sukses, namun BLACKPINK memiliki masa comeback yang terbilang lama. Bahkan banyak yang membuat jokes bahwa BLACKPINK lama tak comeback karena sedang wamil atau wajib militer.

Kemudian, BLACKPINK kembali comeback dengan single digital yakni “As If It’s Your Last” pada 22 Juni 2017. Prestasi yang diraih BLACKPINK dari lagu ini adalah musik videonya dinobatkan sebagai musik video tercepat dengan meraih 11 juta penonton kurang lebih 17 jam setelah rilis.

Bahkan setelah 24 jam pertama rilis, video musik tersebut mendapatkan 13,3 juta penonton mengikuti Psy dengan Gentleman, BTS dengan DNA, dan Mic Drop. Di tahun yang sama, BLACKPINK secara resmi memulai debutnya di Jepang pada 30 Agustus 2017, dengan merilis extended play berbahasa Jepang dengan nama yang sama dengan grup tersebut.

Perjalanan karier BLACKPINK kian berlanjut, hingga kemudian merilis Ddu-Du-Ddu-Du, hingga lagu terkininya yakni PINK VENOM. Bahkan, BLACKPINK juga telah melakukan sejumlah kolaborasi bersama artis-artis internasional ternama, di antaranya ada Lady Gaga, Dua Lipa, hingga Selena Gomez.

Lagu teranyar dari BLACKPINK yakni PINK VENOM, telah dirilis pada 19 Agustus 2022 lalu. Single tersebut masuk ke album BORN PINK yang akan dirilis pada 16 September 2022 mendatang. Comeback BLACKPINK kali ini disambut antusiasme yang luar biasa dari para penggemar.

Pasalnya, hampir 2 tahun, BLACKPINK belum melangsungkan comebacknya. Tak heran, jika saat rilis musik videonya, langsung menduduki posisi pertama di realtime chart Korea Selatan dan berbagai prestasi yang mengagumkan lainnya.

Anggota BLACKPINK

Instagram/@blackpinkofficial
Foto : Instagram/@blackpinkofficial

BLACKPINK terdiri dari 4 wanita cantik dan bertalenta, yuk intip profil singkat dari para member BLACKPINK berikut ini.

1. Jisoo BLACKPINK

 Cartier
Foto : Cartier

Pemilik nama asli Kim Jisoo ini lahir di Gyeonggi, Korea Selatan pada 3 Januari 1995. Sejak debutnya di BLACKPINK, banyak penggemar yang dibuat takjub dengan kecantikan yang dimiliki oleh Jisoo. Sekadar informasi, Jisoo merupakan anggota pertama dari BLACKPINK yang melakukan debut sebagai aktris.

Melalui drama Snowdrop, banyak orang yang dibuat kaget dengan kemampuan akting yang dimiliki anggota tertua di BLACKPINK itu. Di sisi lain, penggemar juga banyak menantikan debut solo Jisoo, pasalnya, ketiga member BLACKPINK lainnya telah lebih dahulu melakukan debut Solo.

2. Jennie BLACKPINK

jennierubyjane/instagram
Foto : jennierubyjane/instagram

Kim Jennie, merupakan member BLACKPINK yang lahir di Seoul, 16 Januari 1996. Memiliki paras cantik dan bodygoals, banyak brand ternama yang menjadikan Jennie sebagai brand ambasador. Tak hanya itu saja, Jennie juga menjadi member petama BLACKPINK yang melakukan debut solo.

Dengan single “Solo”, Jennie resmi memulai debut solonya pada 12 November 2018. Semasa promosi singlenya tersebut, dirinya berhasil mengantongi triple crown di tangga lagu Gaon. Pasalnya, lagu tersebut betah berlama-lama di posisi pertama hingga 3 minggu lamanya.

3. Rose BLACKPINK

Instagram/@roses_are_rosie
Foto : Instagram/@roses_are_rosie

Rose memiliki nama asli Park Chaeyoung. Nama panggungnya yakni ‘Rose’ diambil dari nama internasionalnya yakni Roseanne Park. Rose lahir di Auckland, Selandia Baru pada 11 Februari 1997. Rose akhirnya menjadi trainee YG Entertainment setelah mengikuti audisi di Australia dan menempati posisi pertama dari 700 peserta.

Rose merupakan member kedua setelah Jennie yang melakukan debut solonya. Dengan lagu utama ‘On the Ground’, Rose debut solo pada 12 Maret 2021 lalu. Dalam 24 jam pertama, video musik Rose langsung mendapatkan jumlah penayangan 41 juta kali. Sementara itu, lagunya juga ekssis di tangga 70 chart Billboard Hot 100.

4. Lisa BLACKPINK

Instagram/lalalalisa_m
Foto : Instagram/lalalalisa_m

Lisa merupakan member BLACKPINK yang berasal dari luar negeri, uakni Thailand. Idol yang lahir di Buriram, Thailand pada 27 Maret 1997 itu memiliki nama asli Pranpiya Manoban. Kemudian ia mengubah namanya menjadi Lalisa Manoban.

Menyusul dua anggota BLACKPINK lainnya, Lisa melakukan debut solonya pada 10 September 2021 melalui album “LALISA” dengan lagu utama yakni ‘LALISA’ dan ‘MONEY’. Kedua lagu tersebut berhasil meraih 100 juta streaming di Spotify.

Film BLACKPINK: Light Up the Sky

Instagram/axis_sinxity
Foto : Instagram/axis_sinxity

Jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait perjalanan karier BLACKPINK, anda bisa mencoba menonton “BLACKPINK: Light Up the Sky”. Film yang bisa anda saksikan di Netflix ini akan mengungkap bagaimana sisi lain dari para member BLACKPINK.

Film ini pastinya akan menyentuh hati para penggemar, pasalnya bukan rekaan, namun potongan gambar dari film ini merupakan dokumenter yang belum pernah diungkap sebelumnya.

Penghargaan BLACKPINK

Instagram/BLACKPINK
Foto : Instagram/BLACKPINK

Banyaknya pencapaian yang diraih BLACKPINK, tentunya mengantarkan grup yang diisi oleh 4 wanita cantik itu mendapatkan banyak penghargaan. Mulai dari Asia Artist Awards, Melon Music Awards, Golden Disc Awards, Seoul Music Awards, dan Gaon Chart Music Awards. Bahkan, Billboard juga pernah menyebut bahwa BLACKPINK merupakan grup KPOP terbaik di tahun 2016.

Informasi tambahan, bersamaan dengan diumumkannya comeback BLACKPINK di era PINK VENOM, grup asuhan YG Entertainment itu juga mengkonfirmasi akan mengadakan tur dunia di akhir 2022 dan pertengahan tahun 2023.

Konser bertemakan BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] itu juga akan mampir ke Jakarta pada 11 Maret 2023 mendatang. Untuk kamu para BLINK, bisa mulai terus pantengin Instagram BLACKPINK untuk informasi selanjutnya. Atau, kamu juga bisa klik link di sini yang merupakan website resmi tur dunia dari BLACKPINK.

Demikian adalah sederet informasi mengenai BLACKPINK, mulai dari perjalanan karier hingga profil dari para membernya. Semoga artikel timeless di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Topik Terkait