img_title
Foto : Highsnobiety.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Ryan Thomas Gosling atau yang biasa kita kenal Ryan Gosling adalah aktor dan sutradara Kanada yang terkenal karena memainkan peran utama dalam drama romantis, 'The Notebook'. Gosling telah muncul di beberapa film Hollywood yang sangat sukses seperti 'Half Nelson' dan 'Lars and the Real Girl' di mana dia menerima banyak nominasi penghargaan.

Ia juga ikut bermain dalam film drama komedi musikal yang sangat hits di tahun 2016 ‘La La Land’. Selain itu, seperti apa informasi lengkap mengenai Ryan Gosling? Yuk simak dari artikel timeless di bawah ini.

Masa Kecil & Kehidupan Awal Ryan Gosling

Pinterest
Foto : Pinterest

Ryan Gosling lahir pada 12 November 1980, dari pasangan Thomas Ray Gosling, seorang salesman keliling dan Donna, seorang sekretaris yang kemudian menjadi seorang guru. Dia memiliki satu kakak perempuan. Keluarganya sering bepergian karena pekerjaan ayahnya. Namun, kedua orang tuanya bercerai ketika dia masih kecil dan Gosling pun tinggal bersama ibu dan saudara perempuannya.

Gosling sebelumnya mengenyam pendidikan menengah atasnya di Cornwall Collegiate and Vocational School, sebelum akhirnya pergi ke Lester B. Pearson High School. Gosling pernah didiagnosis dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) oleh sebab itu, ibunya berhenti dari pekerjaannya dan menyekolahkannya di rumah.

Kecintaan Gosling terhadap film dan pertunjukan sudah dirasakan sejak usia muda. Ketika dia berusia 12 tahun, dia mengikuti audisi untuk bagian dalam 'The Mickey Mouse Club' dan menandatangani kontrak selama dua tahun. Bersama saudara perempuannya, Gosling biasa menyanyi di pesta pernikahan dan juga bergabung dengan perusahaan balet lokal.

Aktor berbakat ini selalu menyukai akting, terutama dipengaruhi oleh film 'Dick Tracy' yang pertama kali ia tonton saat masih kecil. Film ini telah sangat berdampak pada pikiran mudanya sehingga ia pernah membawa pisau steak ke sekolah setelah menonton film aksi Sylvester Stallone, 'First Blood' dan melemparkannya ke teman sekelas.

Perjalanan Karier Seorang Ryan Gosling

pagesix.com
Foto : pagesix.com

Ryan Gosling sudah memulai dunia aktingnya sejak kecil, dengan debutnya muncul dalam serial komedi remaja 'Breaker High' dari tahun 1997 hingga 1998. Gosling berhenti dari sekolah menengah dan pindah ke Los Angeles untuk tampil sebagai karakter utama dalam serial remaja 'Young Hecules'.

Pada tahun 2000, ia memainkan peran pendukung dalam drama sepak bola, 'Remember the Titans' yang menyebabkan peran utama sebagai seorang Yahudi dalam film 'The Believer' pada tahun 2001. Sutradara Henry Bean telah memilih Gosling untuk peran ini karena pendidikan agama.

Dia muncul bersama Michael Pitt dan Sandra Bullock dalam film thriller psikologis, 'Murder By Numbers' di mana Ryan Gosling berperan sebagai siswa sekolah menengah kaya yang mencoba melakukan pembunuhan yang sempurna.

Gosling mulai menemukan peran terobosannya pada tahun 2004 ketika dia berperan sebagai Noah dalam film drama romantis, 'The Notebook', dengan lawan mainnya, Rachel McAdams. Film ini mengikuti kisah pasangan yang jatuh cinta pada awal 1940-an. Film ini menjadi hit komersial besar dan membantu membangun nama Gosling sebagai aktor.

Pada tahun 2006, Gosling terlibat dalam film drama 'Half Nelson' yang berkisah tentang seorang guru sekolah yang menjalin hubungan dengan salah satu muridnya. Melalui perannya ini, ia mendapat pujian kritis dan dinominasikan untuk Academy Award.

Selanjutnya, di tahun 2007, perannya sebagai Lars dalam drama komedi 'Lars and the Real Girl' sangat dihargai. Gosling memerankan seorang pria unik yang mengembangkan keterikatan romantis dengan boneka seukuran manusia yang sangat menghibur orang lain di sekitarnya.

Tak hanya aktif menjadi aktor, Gosling juga seorang musisi. Bersama Zach Shields, ia membentuk sebuah duo rock pada tahun 2007 dan merilis album pertama mereka, 'Dead Man's Bones' pada tahun 2009. Gosling berkontribusi pada vokal, piano, gitar, gitar bass dan cello ke album.

Pada tahun 2010, nama Ryan Gosling muncul dalam drama romantis 'Blue Valentine' yang bercerita soal sepasang suami istri dari masa pacaran hingga putusnya pernikahan mereka beberapa tahun kemudian. Di tahun berikutnya, 2011, Gosling muncul bersama Steve Carell dan Julianne Moore dalam drama komedi romantis 'Crazy, Stupid, Love'. Dan lagi-lagi, film ini mendapat ulasan positif dan sukses di box office.

Di tahun 2013, Gosling memainkan peran Sersan Jerry Wooters dalam aksi kejahatan 'Gangster Squad' yang didasarkan pada kisah petugas dan detektif Departemen Kepolisian Los Angeles. Lalu, pada tahun 2014, Ryan Gosling mulai mencoba-coba bidang penyutradaraan dan usaha debutnya 'Lost River' berkompetisi di bagian Un Certain Regard di Festival Film Cannes 2014. Sayangnya, film ini mendapat ulasan yang buruk.

Yang terbaru, di tahun 2022, Ryan Gosling menerima tawaran peran menjadi tokoh hits ‘Ken’, pacar Barbie, dalam film Barbie yang akan datang yang dibintangi oleh Margot Robbie (Suicide Squad). Gosling beralasan bahwa film itu memiliki naskah terbaik yang pernah ia baca.

Kehidupan Pribadi Ryan Gosling dan Kekayaan yang Dimiliki

dailymail.co.uk
Foto : dailymail.co.uk

Selama perjalanan kariernya di dunia entertainment, Gosling sempat beberapa kali menjalin hubungan dengan aktris-aktris yang terlibat satu projek dengannya.

1. Sandra Bullock (2001-2002)
2. Rachel McAdams (2004-2008)
3. Blake Lively (2010)
4. Eva Mendes (2011-saat ini)

Eva Mendes dan Ryan Gosling sudah menikah sejak tahun 2011. Hanya saja, karena batasan privasi yang mereka anggap penting, status mereka itu sempat disembunyikan. Kini, keduanya memiliki dua putri cantik, Esmeralda, 7 tahun dan Amada, 6 tahun.

Dari beberapa sumber yang beredar, kekayaan bersih pemeran ‘Ken’ ini diperkirakan mencapai $70 juta atau setara dengan 1 triliun lebih. Sumber ini ia dapatkan tentunya dari berbagai daftar film dan box office yang ia bintangi.

Fakta Menarik yang Jarang diketahui dari Sosok Ryan Gosling

Instagram/ryangoslinguk
Foto : Instagram/ryangoslinguk

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Ryan Gosling pernah terinspirasi dari film First Blood dan membuatnya menjadi seorang pembuat onar di masa sekolah. Untungnya, masalah itu akhirnya diselesaikan dan Gosling akhirnya dikembalikan ke jalur yang benar dan tumbuh menjadi bintang yang bersinar seperti sekarang.

Selain kejadian masa kecilnya, ada juga sejumlah fakta menarik dari Ryan Gosling yang lainnya. Apa saja?

1. Gosling dan Rachel McAdams bertengkar terus-menerus di lokasi syuting The Notebook.
2. Selama berada di Klub Mickey Mouse, dia tinggal bersama keluarga Justin Timberlake.
3. Sudah biasa melihat Gosling memainkan karakter yang pendiam dan agak jauh.
4. Ryan Gosling adalah seorang gitaris jazz ulung.
5. Ada masalah di masa sekolah yang menyebabkan ibunya membawanya keluar.
6. Gosling benar-benar membangun meja dapur yang kita lihat di film The Notebook.
7. Gosling memiliki julukan sebagai biang onar di bangku sekolah.
8. Tidak seperti banyak aktor seusianya, dia tidak memiliki banyak teman dekat atau grup.

Itulah dia informasi lengkap mengenai sosok Ryan Gosling. Mulai dari awal kariernya di dunia akting hingga kesuksesannya membintangi sejumlah film populer. (rgs)

Topik Terkait