img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Pertanyaan soal cara memancungkan hidung mungkin jadi salah satu pertanyaan yang diajukan beberapa orang. Mengingat, hidung adalah salah satu organ tubuh yang berkaitan langsung dengan penunjang penampilan.

Kalau kamu adalah salah satu dari orang tersebut, maka informasi di bawah ini bisa menjadi solusi yang tepat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada tips dan trik bagaimana cara memancungkan hidung. Penasaran? Yuk langsung disimak!

Cara Memancungkan Hidung Secara Alami

1. Menggunakan kontur dan riasan

freepik.com
Foto : freepik.com

Cara memancungkan hidung yang pertama ini sangat mudah, tentunya tanpa perlu biaya mahal untuk operasi. Yang kamu butuhkan hanyalah make up, tepatnya sebuah kontur.

Kontur make up memang tidak akan 100 persen mengubah ukuran hidung kamu, tetapi dapat membantu mengubah penampilan secara singkat di waktu yang kamu butuhkan. Nah, untuk pemakaiannya kamu bisa lihat banyak tutorial online yang menjelaskan berbagai strategi untuk membentuk hidung.

Langkah dasar memancungkan hidung dengan make up:

  1. Garis besar kedua sisi hidungmu menggunakan bronzer yang dua warna lebih gelap dari kulit kamu.
  2. Sorot batang hidungmu menggunakan stabilo matte.
  3. Manipulasi bayangan dan sorotan menggunakan beauty blender.

2. Melakukan Filler Hidung

freepik.com
Foto : freepik.com

Rhinoplasty non-bedah adalah prosedur di mana skin filler disuntikkan di bawah kulit untuk mengubah bentuk hidung kamu. Prosedur ini hanya membutuhkan waktu 15 menit dan usai melakukannya, kamu masih bisa beraktivitas seperti biasa.

Selama prosedur, dokter akan menyuntikkan pengisi kulit seperti gel di bawah kulit kamu. Gel ini mungkin menggunakan bahan seperti asam hialuronat (seperti Juvederm) atau kalsium hidroksilapatit (seperti Radiesse).

Hasil dari rhinoplasty non-bedah atau filler hidung ini tidak sedramatis prosedur operasi, tetapi metode ini dapat membantu menghaluskan benjolan dan membuat hidung kamu terlihat lebih tipis atau lebih lurus.

Filler hidung menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan operasi hidung di antaranya:

  1. Tidak ada anestesi atau bidai.
  2. Ini memiliki waktu pemulihan yang cepat.
  3. Kamu tidak akan mengalami pembengkakan atau memar.
  4. Ini jauh lebih murah.
  5. Prosedur ini sifatnya tidak permanen, tetapi hasilnya dapat bertahan hingga sekitar 6 bulan.

3. Goyangkan Hidung

freepik.com
Foto : freepik.com

Solusi mudah lainnya, untuk memancungkan hidung adalah dengan menggoyangkannya. Mungkin sekilas jika dibayangkan, cara ini terasa sia-sia karena kamu hanya mengeluarkan sedikit usaha, tapi jangan salah, karena hasil yang diberikan luar biasa loh.

Cara memancungkan hidung dengan menggoyangkan hidung:

Mulailah dengan melebarkan lubang hidung kamu selebar mungkin. Ini bisa terasa melelahkan, tetapi itulah inti dari latihan ini. Ini mempengaruhi otot-otot di sekitar pangkal hidung kamu. Melakukan ini akan membuatnya lebih luas dan lebih jelas.

Kamu juga harus memastikan bahwa wajahmu tidak bergerak saat kamu menggoyangkan hidung, seperti yang disebutkan di atas. Kamu dapat melakukan ini dengan mengencangkan sisi hidungmu selama menggoyangkan.

Mengulangi ini setiap hari akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Melakukan ini selama 5 menit atau lebih setiap hari akan membantu kamu mendapatkan hasil yang lebih cepat juga. Kamu akan memiliki hidung yang lebih lebar dan lebih menonjol segera setelah kamu melakukan ini.

4. Memijat Hidung

freepik.com
Foto : freepik.com

Gerakan memijat hidung pada umumnya bagus dilakukan untuk meredakan sakit kepala sebelah atau migrain. Namun, selain itu rupanya bisa memberikan manfaat lainnya, termasuk membentuk hidung.

Cara memancungkan hidung dengan pijatan:

Gunakan 2 jari di masing-masing tangan. Mulai dari ujung hidung kamu dan turun ke jembatan, lalu turun ke samping. Lakukan ini sambil melakukan gerakan searah jarum jam di satu sisi, dan gerakan berlawanan arah jarum jam di sisi lain.

Selain itu, pijatan lain yang membantu kamu mempertajam tampilan hidung adalah kebalikan dari pijatan yang disebutkan di atas. Kamu mulai dari sisi hidung, lalu lanjutkan ke ujung.

Kamu tidak perlu melakukan gerakan apa pun dengan jari saat melakukan pijatan ini. Satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah memberikan tekanan saat kamu menggosok hidung. Melakukan hal ini akan memungkinkan kamu untuk membentuk hidung lebih mancung.

5. Lakukan Latihan Pernapasan

freepik.com
Foto : freepik.com

Kamu dapat bersantai sambil membentuk kembali hidungmu dengan metode ini. Ini juga merupakan latihan terbaik untuk dilakukan jika kamu menginginkan hidung yang lebih mancung daripada yang sudah dimiliki. Bagaimana caranya?

Cara memancungkan hidung dengan latihan pernapasan:

Kamu bisa memblokir satu lubang hidung dan bernapas dari lubang yang sebelahnya. Pastikan kamu melakukannya dengan posisi duduk. Ini akan memungkinkan kamu untuk rileks sehingga kamu dapat bernapas lebih dalam dari biasanya.

Jangan lupa juga untuk mengistirahatkan telunjuk dan jari tengah di antara mata kamu saat melakukan ini. Ini membantu otot-otot di sepanjang batang hidungmu berkontraksi saat kamu bernapas.

Setelah 8 detik bernapas melalui satu lubang hidung, lakukan hal yang sama dengan lubang lainnya. Ini memastikan bahwa latihan ini berlaku untuk kedua sisi hidung.

6. Lebih Sering Tersenyum

freepik.com
Foto : freepik.com

Tersenyum juga dapat membantu kamu miliki hidung yang lebih lurus loh. Ini mudah dan kamu dapat melakukannya kapan pun kamu mau sepanjang hari.

Cara memancungkan hidung dengan senyuman:

Cobalah tersenyum dan dorong hidung ke atas saat melakukannya. Ini mengontraksikan otot-otot di sekitar hidung saat kamu melakukannya. Tersenyum saat melakukannya akan meregangkan otot-otot di sekitar area tersebut.

Ini akan menarik otot ke bawah dan membuat kamu memiliki hidung yang lebih lurus. Setelah melakukannya, tarik napas sedalam mungkin, kemudian hembuskan udara sebanyak yang kamu bisa.

7. Kompres dengan Es Batu

freepik.com
Foto : freepik.com

Pernah dengar soal informasi bahwa menggunakan es bisa mengurangi ukuran hidung seseorang? Faktanya, dilansir dari laman Berkeley Square Medical itu memang betul terjadi. Jika hidung kamu lebih besar karena peristiwa traumatis yang menyebabkan pembengkakan, mengoleskan es ke hidung dapat membantu mendapatkan kembali bentuk dan ukuran aslinya lebih cepat.

Kompres es batu bisa jadi cara memancungkan hidung yang sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya tiap hari. Di mana, modal yang dibutuhkan hanyalah es kubus dan handuk. Caranya? Cukup bungkus es batu dalam sebuah handuk dan kompres ke hidung berulang kali hingga meleleh. Cara ini bisa membantu menghilangkan lemak di hidung.

Cara Memancungkan Hidung dengan Operasi Bedah

freepik.com
Foto : freepik.com

Jika cara-cara alami dirasa memakan waktu yang lama, maka opsi bedah berikut dapat membantu membentuk hidung secara cepat. Namun, tentu saja kamu harus mempersiapkan biaya untuk melakukannya.

1. Rhinoplasty

Operasi kosmetik yang paling umum untuk mengubah bentuk hidung kamu adalah operasi hidung rhinoplasty, manfaatnya:

  1. Membentuk kembali lubang hidungmu.
  2. Meluruskan hidungmu.
  3. Membentuk kembali hidungmu.

Ada beberapa variasi prosedur rinoplasti, tetapi dua kategori utama adalah rinoplasti terbuka dan rinoplasti tertutup.

  1. Operasi hidung terbuka
    Rhinoplasty terbuka biasanya dilakukan untuk pembentukan kembali besar-besaran. Selama jenis operasi ini, seorang ahli bedah membuat sayatan pada potongan kulit di antara lubang hidung kamu untuk mengakses bagian dalam hidungmu.
    Operasi ini berpotensi meninggalkan bekas luka yang nyata. Namun, kebanyakan orang yang menjalani operasi ini melaporkan bekas luka mereka tidak terlihat atau nyaris tidak terlihat.
  2. Operasi hidung tertutup
    Rhinoplasty tertutup biasanya digunakan untuk prosedur minor. Sayatan dibuat di dalam hidung Anda untuk menghindari jaringan parut.

2. Septoplasti

Septoplasty adalah operasi yang meluruskan tulang rawan di antara lubang hidung kamu. Bagian hidung ini disebut septum. Ketika septum kamu bengkok, itu disebut sebagai septum yang menyimpang.

Septum yang menyimpang biasanya menyebabkan gejala seperti:

  1. Penyumbatan hidung
  2. Sakit kepala
  3. Sakit wajah
  4. Masalah bau
  5. Keluarnya cairan dari hidung
  6. Keruh

Itulah dia tips dan cara memancungkan hidung baik secara alami maupun dengan tindakan operasi. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Topik Terkait