img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupCandi Ijo adalah candi Hindu yang terletak 4 kilometer dari Ratu Boko atau sekitar 18 kilometer sebelah timur dari Yogyakarta, Indonesia. Candi ini dibangun antara abad ke-10 hingga ke-11 M pada masa Kerajaan Mataram.

Candi ini merupakan candi tertinggi yang ada di Yogyakarta juga memiliki sejarah yang kental. Kota Yogyakarta terkenal dengan budaya dan makanan manisnya.

Namun, wisatawan juga dapat menikmati hal-hal lain di sana termasuk situs bersejarah seperti candi. Namanya Candi Ijo dan terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan.

Wisatawan hanya perlu ke Kabupaten Sleman dulu, nanti. Apa yang membuat candi ini berbeda dari candi lainnya? Yah, itu pasti lokasinya. Itu berada di dekat dua candi terkenal yang disebut Ratu Boko dan Prambanan.

Belum lagi yang satu ini berada di atas bukit, menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan. Nah, bagaimana daya tarik dari candi ini? Yuk terus simak sampai habis ya.

Suasana di Sekitar Candi Ijo

Pinterest
Foto : Pinterest

Seperti disebutkan sebelumnya, Candi Candi Ijo terletak di atas bukit. Ini menjelaskan mengapa nuansanya terasa menenangkan dan nyaman.

Belum lagi pemandangannya luar biasa di atas sana. Sebagai informasi, candi yang berada di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut ini termasuk yang tertinggi di Kota Yogyakarta.

Sedangkan untuk ukuran, candi ini lebih kecil dari Prambanan. Padahal lingkungannya bersih. Kawasan itu juga memiliki lanskap berumput dengan beberapa pohon yang terletak di bawah bukit. Aginnya kencang tidak peduli waktu. Satu hal, wisatawan harus menghindari mengunjungi lokasi pada siang hari karena panasnya matahari.

Menjelajahi Candi Ijo

Pinterest
Foto : Pinterest

Nah, banyak hal yang bisa dinikmati wisatawan selama berkunjung. Misalnya, mereka dapat mempelajari sejarah situs. Menurut penduduk setempat, candi ini dibangun pada abad ke-9.

Dibangun di atas Bukit Gumuk Ijo, sehingga penduduk setempat memberi nama candi berdasarkan fakta ini. "Ijo" berarti hijau, sebenarnya. Jangan khawatir, wisatawan dapat memperoleh informasi lebih lanjut terkait pura baik dari pemandu lokal atau penduduk desa nanti.

Begitu sampai di lokasi, wisatawan bisa melihat kompleks pura di sana. Bagian tengah terletak paling jauh di belakang.

Lanskapnya memiliki teras dan semakin tinggi ke belakang. Artinya wisatawan harus menghabiskan stamina untuk menjelajahi semua bagian daerah.

Alih-alih menjadi beban, ini memberi mereka kesempatan untuk treking lho. Di candi utama, wisatawan dapat menemukan ruang yang menyimpan Arca Lingga Yoni, yang mewakili Dewa Siwa. Jadi, jangan lupa untuk mengambil fotonya nanti.

Daya pikat lain terkait dengan legenda. Konon banyak orang datang ke pura untuk pertapaan. Beberapa prasasti kuno juga dapat ditemukan di daerah itu.

Selain cerita yang menarik ini, candi ini juga cocok untuk jalan-jalan dan relaksasi. Bahkan, tersedia tempat menonton di mana wisatawan dapat melihat matahari terbenam yang indah dengan nyaman di senja hari.

Candi Perwara

Google Maps
Foto : Google Maps

Kompleks candi induk terletak di atas bukit, yang terdiri dari satu candi induk berukuran besar menghadap ke barat dan tiga candi perwara di bagian depannya menghadap ke timur. Tiga candi perwara dibangun untuk menghormati Brahma, Wisnu dan Siwa, yang dianggap sebagai dewa tingkat tertinggi, menurut agama Hindu.

Ketiga candi tersebut memiliki cella atau sanctum sanctorum dan terdapat jendela yang dilubangi berbentuk belah ketupat. Atapnya didekorasi dengan indah dengan banyak deretan ratna.

Candi utama memiliki tata letak persegi. Pintu masuk ke sanctum sanctorum (garbhagriha) ada di sisi barat, dengan dua jendela palsu di kedua sisinya. Dinding utara, timur, dan selatan memiliki tiga relung di setiap sisi yang dihiasi dengan desain kala-makara.

Relung tengah sedikit lebih tinggi dari dua relung mengapit lainnya. Relung-relung ini kini kosong yang dulunya diyakini sebagai tempat menghiasi berhala-berhala para dewa Hindu.

Pintu candi utama berada 1,2 m di atas permukaan tanah dan dengan demikian tangga membantu untuk mencapai pintu masuk. Pada bagian atas pintu terdapat ukiran kepala Kala yang dihubungkan dengan tubuh makaras di kedua sisi pintu gerbang.

Pola kala-makara ini biasa terlihat di kuil-kuil kuno di Jawa. Bagian mulut Ankara diukir dengan burung beo kecil. Sebuah Lingga Shiv besar dikelilingi oleh yoni dengan serpam naga ditemukan di dalam sanctum sanctorum utama.

Penyatuan Lingga Lingga dan yoni melambangkan penyatuan suci Dewa Siwa dan permaisurinya Dewi Parwati sebagai shakti-nya. Ada tiga relung di semua sisi dinding bagian dalam ruangan. Semua relung diapit oleh dewa dan dewi Hindu yang lebih rendah.

Atap candi induk memiliki tiga teras menanjak, membentuk pola piramida berundak. Tiga ratna atau permata ditemukan di semua sisi setiap langkah. Sebuah ratna yang lebih besar ditemukan di tengah atap. Semua tepi atap memiliki antefix dengan bingkai bunga, di dalamnya terdapat gambar dewa Hindu memegang bunga.

Cara ke Candi Ijo

Google Maps
Foto : Google Maps

Lewat Bandara

Indonesia memiliki sistem transportasi udara yang efisien yang menghubungkan kota-kota besar di dunia. Bandara Denpasar di Bali (DPS) dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta adalah bandara utama Indonesia yang melayani penerbangan reguler domestik dan internasional.

Lewat Jalur Kereta Api

Jawa memiliki jaringan kereta api terbaik, dengan kereta api yang menghubungkan ibu kota Jakarta dengan kota-kota penting lainnya. Surabaya terhubung ke Jakarta melalui Semarang di pantai utara dan Yogyakarta dan Solo melalui jalur utama selatan.

Bandung terhubung ke Jakarta dengan hampir 30 kereta setiap hari, dan juga terhubung ke Surabaya melalui Yogyakarta. Bali adalah tujuan wisata populer di Indonesia yang tidak memiliki jalur kereta api, tetapi ada kereta api dari Surabaya ke Banyuwangi, yang menghubungkan pulau melalui layanan feri.

Jalur Darat

Layanan bus yang sering melintas antara kota-kota besar dan kota-kota besar. Bus dengan berbagai fasilitas seperti AC, reclining seat, dll, dapat disewa beserta sopirnya untuk rombongan wisatawan.

Perusahaan bus Indonesia mengoperasikan rute antar kota dan antar provinsi. Rute antarprovinsi biasanya mencakup transportasi ke pulau-pulau lain terutama antara Jawa dan Sumatera.

Perjalanan panjang semalaman memang nyaman. Karena para wisatawan bisa tidur dan tiba dengan segar di pagi hari ke tujuan masing-masing.

Tiket Masuk ke Candi Ijo

Google Maps
Foto : Google Maps

Destinasi wisata Candi Ijo memang tidak sepopuler candi-candi lainnya seperti Borobudur, Prambanan maupun Ratu Boko. Sehingga untuk menikmatinya pun anda tidak usah khawatir akan kehilangan banyak biaya.

Karena harga tiket masuk Candi Ijo sendiri sangat murah yaitu Rp5 ribu per orang. Dengan tiket yang murah di tempat ini anda bisa menikmati sajian wisata yang rekomended untuk berakhir pekan.

Sedangkan biaya tambahan yang harus anda keluarkan yaitu ketika berkunjung dengan membawa kendaraan. Harga tiket parkir wisata Candi Ijo sendiri Rp5 ribu untuk mobil dan Rp2 ribu untuk motor.

Objek wisata Candi Ijo buka setiap hari dengan jam operasional wisata mulai dari pukul 05.00-18.00 WIB. Sehingga anda bisa menikmati sajian panorama sunrise dan sunset di tempat satu ini. (Harga tiket masuk wisata dan retribusi lainnya bisa berubah setiap waktu).

Topik Terkait