img_title
Foto : Freepik/benzoix

IntipSeleb Gaya Hidup – Buang air besar atau BAB kerap kali menjadi masalah bagi sebagian orang. Jika sudah mengalami masalah tersebut, cara melancarkan BAB biasanya akan banyak dicari.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang kesulitan dalam buang air besar. Bisa jadi karena gaya hidup yang kurang sehat, atau bisa juga dikarenakan masalah kesehatan tertentu.

Untuk membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar, ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan. Seperti apa ya cara melancarkan BAB tersebut? Yuk, langsung cari tahu lewat artikel berikut ini.

Cara Melancarkan BAB Secara Alami

1. Jaga Pola Makan Sehat

Freepik/denamorado
Foto : Freepik/denamorado

Pola makan adalah aspek penting yang harus dijaga jika ingin buang air besar menjadi lancar dan teratur. Dengan pola makan yang tepat dan sehat, maka masalah pencernaan seperti susah buang air besar bisa dihindari.

Salah satu masalah pola makan yang bisa memicu sulit buang air besar adalah kekurangan asupan vitamin B12. Oleh karenanya, mencukupi asupan vitamin B12 menjadi hal yang bisa dilakukan sebagai cara melancarkan BAB..

Ada beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Di antaranya seperti daging sapi, kerang, ikan tuna, ikan sarden, hingga susu.

2. Konsumsi Makanan Berserat

honestdocs.id
Foto : honestdocs.id

Kekurangan serat dalam tubuh juga berpengaruh pada kelancaran seseorang dalam buang air besar. Bahkan, masalah kecukupan serat ini menjadi salah satu hal utama yang menentukan lancar atau tidaknya proses BAB.

Serat yang terdapat pada makanan mampu untuk menyerap udara berlebih dan membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga feses tersebut akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Tak hanya itu, serat juga diketahui dapat mempermudah usus dalam melakukan kontraksi.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis serat baik untuk tubuh dan dapat melancarkan BAB. Serat yang ampuh untuk membuat buang air besar menjadi lebih lancar adalah jenis serat yang larut air.

Lantas, dari mana kita bisa mendapatkan asupan serat larut air? Ada banyak jenis makanan yang mengandung serat larut air, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, brokoli, hingga buah seperti jeruk, alpukat, dan apel.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Sehari-hari

fmchealth.org
Foto : fmchealth.org

Selain pola makan dan asupan makanan, asupan cairan juga tidak kalah pentingnya jika ingin mendapatkan buang air besar yang mudah dan lancar.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dalam aktivitas sehari-hari menjadi cara melancarkan BAB yang perlu dilakukan jika ingin hasil yang maksimal. Kekurangan cairan ini bisa membuat feses menjadi kering dan keras sehingga susah untuk dikeluarkan.

Untuk mencukupi kebutuhan caira sehari-hari, kamu bisa mengikuti anjuran untuk minum sebanyak 8 gelas per hari. Selain dari air putih, asupan cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan yang mengandung banyak air di dalamnya.

4. Konsumsi Prebiotik dan Probiotik

Sehatq.com
Foto : Sehatq.com

Cara melancarkan BAB secara alami yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan prebiotik dan probiotik.

Makanan probiotik sendiri adalah makanan yang di dalamnya sudah ditambahkan bakteri yang serupa dengan bakteri baik yang ada di dalam usus. Sedangkan prebiotik merupakan suatu zat baik yang terdapat dalam usus manusia.

Perlu diketahui, jika mengonsumsi makanan mengandung probiotik maka bakteri probiotik tersebut membutuhkan waktu untuk bisa masuk dan bekerja di dalam saluran pencernaan.

Meski begitu, keberadaan probiotik yang cukup tidak hanya akan membuat feses menjadi lunak dan mudah dikeluarkan, namun juga bisa membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih cepat.

5. Merutinkan Olahraga

Freepik/tirachardz
Foto : Freepik/tirachardz

Merutinkan olahraga juga menjadi salah satu cara melancarkan BAB secara alami. Olahraga memang sudah sejak lama dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh, termasuk dalam membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

Rutin melakukan olahraga dapat membuat pencernaan dan metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik. Sehingga pergerakan makanan di usus besar pun juga menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk melancarkan BAB, kamu tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Berjalan kaki secara rutin selama 20 sampai 30 menit dan dilakukan beberapa kali dalam seminggu sudah cukup untuk membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

6. Kurangi Kebiasaan Menahan BAB

healthhub.sg
Foto : healthhub.sg

Apakah kamu memiliki kebiasaan menahan buang air besar? Jika iya, maka kebiasaan tersebut ada baiknya untuk mulai dikurangi. Hal itu karena terlalu sering menahan buang air besar menjadi salah satu pemicu sulitnya tubuh untuk mengeluarkan feses.

Saaat dorongan untuk buang air besar muncul, hal itu menjadi sinyal dari tubuh untuk segera mengeluarkan kotoran lewat feses. Namun jika sengaja menahan buang air besar, maka feses yang harusnya sudah dibuang akan menjadi tertahan di tubuh.

Feses yang tertahan di dalam usus akan diserap cairannya dan membuatnya menjadi lebih kering dan keras. Akibatnya, feses tersebut menjadi sulit untuk dikeluarkan dan membuat buang air besar menjadi tidak lancar.

Oleh karena itulah jika sudah muncul sinyal untuk buang air besar, maka sebaiknya kita bersegera ke toilet. Hal ini akan membuat sistem pencernaan tetap terjaga kelancarannya.

Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Apabila pencernaan dan proses buang air besarmu tidak lancar, tentu hal tersebut ada penyebabnya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan buang air besar menjadi tidak lancar.

Faktor pertama dan mungkin menjadi yang paling umum adalah disebabkan kesalahan dalam pola makan. Pola makan yang tidak mengandung asupan gizi seimbang dapat menjadi pemicu yang membuat BAB tidak lancar.

Apalagi jika dalam pola makan tersebut seseorang kurang mengonsumsi makanan yang berserat. Padahal, serat adalah asupan yang penting untuk membuat BAB menjadi lancar.

Tubuh yang kekurangan asupan serat membuat proses pencernaan menjadi terganggu, yakni feses akan menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Bukan cuma kekurangan serat, kebiasaan mengonsumsi makanan yang punya kandungan lemak tinggi juga berpotensi membuat buang air besar menjadi tidak lancar.

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung gluten, seringnya meminum minuman mengandung kafein dan alkohol, serta terlalu banyak konsumsi produk olahan susu juga ikut andil dalam membuat BAB menjadi tidak lancar.

Faktor selanjutnya yakni tubuh yang kurang gerak. Apabila sehari-hari kita banyak duduk atau rebahan sehingga membuat tubuh kurang bergerak, maka hal itu berpengaruh pada gerak peristaltik yang terjadi di dalam usus.

Pada tubuh yang kurang bergerak, gerak peristaltik menjadi lambat sehingga membuat feses lama-kelamaan mengeras dan suit untuk dibuang.

Faktor yang tak kalah sering menjadi penyebab tidak lancarnya proses BAB adalah konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat tertentu diketahui dapat menyebabkan buang air besar menjadi terhambat.

Sebut saja seperti jenis obat antidepresan, antihipertensi, obat diuretik, antasida, hingga suplemen zat besi. Bukan hanya itu, apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi obat pencahar pun bisa menjadi pemicu buang air besar menjadi tidak lancar.(prl).

Topik Terkait