img_title
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

IntipSeleb Gaya HidupHPV (Human Papillomavirus) mengakibatkan 3600 kasus baru kutil kelamin setiap jam di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, kejadian kasus kutil kelamin terus meningkat.

Bahkan hingga saat ini merupakan salah satu kasus infeksi yang bisa menular. Hal tersebut diketahui secara langsung dari dokter spesialis kandungan dan ginekologi, Dr.dr. Cindy Rany SpOG-KFER. Lantas bagaimana cara mencegahnya? Simak ulasan di bawah ini!

Kasus Kutil Kelamin Terus Meningkat

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Dalam satu acara. Dokter Cindy menjelaskan mengenai kasus kutil kelamin di Indonesia.

"Kutil kelamin dapat didiagnosa melalui pengamatan langsung. Namun, dapat dihilangkan melalui pengobatan ataupun penanganan medis oleh tenaga profesional kesehatan," tulis dokter Cindy dikutip Intipseleb dari presentasinya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 2 November 2022.



Dokter Cindy menerangkan bahwa pada umumnya, kasus kutil kelamin sendiri bisa muncul kembali, meskipun sudah pernah melakukan pengobatan. Pasalnya, virus HPV masih ada di sekitar tubuh.

"Pada umumnya, kutil kelamin sering muncul kembali walaupun setelah pengobatan, karena virus HPV masih ada di dalam tubuh," tulisnya.

Cara Cegah dengan Vaksin HPV

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati
Topik Terkait