img_title
Foto : Nu.or.id

IntipSeleb Gaya HidupNiat sholat ashar menjadi salah satu bacaan wajib yang harus diketahui oleh setiap umat muslim. Mengingat, dalam waktu satu hari, ada lima sholat wajib yang harus dikerjakan, termasuk di sore hari yaitu sholat ashar.

Seperti yang umat muslim sudah ketahui dan pelajari, dalam agama Islam, sholat merupakan perintah wajib dari Allah SWT. Ibadah ini adalah hal akan menjadi amalan pertama yang dihisab. Itulah mengapa, sholat menjadi poin pertama dalam Rukun Islam.

Pentingnya sholat disebutkan dalam hadist berikut: “Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Inti atau pokok dari segala perkara adalah Islam dan tiangnya itu adalah salat.” (HR. Tirmidzi). Tak sedikit pula penjelasan Allah SWT dalam Al-Quran.

Untuk pelaksanaan sholat ashar bisa dikerjakan secara sendiri maupun berjamaah. Lantas seperti apa bacaan niat sholat ashar beserta tata caranya? Yuk simak dalam artikel berikut ini!

Pentingnya Bacaan Niat Sebelum Sholat

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Islam sangat menekankan niat. Agar suatu perbuatan dianggap sebagai ibadah, maka harus dilakukan dengan niat yang tulus, terutama ibadah sholat. Dengan bacaan niat, Allah jadi tahu apa tujuan kita beribadah dan bertemu dengan-Nya. Para ulam pun sepakat jika niat itu hukumnya wajib dalam sholat.

Dalam sebuah hadist juga, baginda Nabi Muhammad SAW pernah bersabda soal niat. "Umar bin Khaththab radhiyallahu ’anhu berkata, 'Saya mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia telah berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya". (HR. Bukhari & Muslim).

Tempat niat adalah hati. Ketika seseorang melakukan niat dengan hatinya, maka baik juga melakukan niat secara lisan. Jika tidak diucapkan dengan lisan, maka tidak mengapa.

Topik Terkait