img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb Gaya Hidup – Beredar kabar terkait kemungkinan terjadinya resesi di tahun 2023, hal ini tampaknya sudah banyak didengar oleh berbagai perusahaan besar. Indikasi terjadi resesi ini, akan menjadi peluang besar untuk para UMKM Tanah Air karena roda ekonomi akan melonjak pesat.

Bahkan dampak terjadinya resesi ini, salah satunya seperti kenaikan suku bunga acuan secara agresif yang dilakukan bank sentral berbagai negara dalam upaya meredam laju inflasi. Benarkah? Scroll artikel berikut!

Siap Hadapi Resesi 2023

Istimewa
Foto : Istimewa

Dilansir dari situs Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Bank Dunia memprediksi kemungkinan terjadinya resesi ekonomi global pada tahun 2023 mendatang.

Meski demikian, Indonesia memiliki potensi basis ekonomi nasional yang kuat berkat jumlah UMKM, terutama usaha mikro yang sangat banyak dan daya serap tenaga kerja sangat besar. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta dan UMKM Indonesia berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja hingga sekitar 89%. Dapat disimpulkan, UMKM akan menjadi penggerak roda perekonomian yang relatif tangguh dan mampu bertahan kuat di masa kritis.

Topik Terkait