img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Seperti biasa ANTV selalu memberikan kejutan-kejutan seru lainnya untuk para warga Tanah Air, kali ini pada Minggu 5 Maret 2023 mendatang ANTV bakal mengunjungi kota Sidoarjo sebagai salah satu rangkaian Road To Hut ANTV.

Sidoarjo merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Timur, tepatnya berdekatan dengan kota Surabaya. Kabupaten Sidoarjo berada di antara Sungai Porong dan Sungai Surabaya sehingga terkenal juga dengan sebutan kota Delta. Melansir dari berbagai sumber, IntipSeleb rangkum sejarah berdirinya Sidoarjo,Scroll yuk.

Zaman Kerajaan

Pinterest
Foto : Pinterest

Pada tahun 1019-1042 lalu, Sidoarjo merupakan daerah kekuasaan kerjaan Kahuripan. Saat itu dipimpin oleh Raja yang bernama Airlangga. Raja yang bergelar abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramatunggadewa. Pada masa akhir pemerintahannya ia membagi dua kekuasaan untuk kedua putranya.

Pertama kerajaan barat disebut Kadiri berpusat di kota baru, yaitu Daha dipimpin oleh Sri Samarawijaya. Sedangkan kerajaan timur disebut Janggala (Jenggolo) yaitu Kahuripan, dipimpin oleh Mapanji Garasakan.

Topik Terkait