img_title
Foto : Euractiv.com

IntipSeleb Gaya HidupIslamophobia adalah ketakutan atau kebencian terhadap agama Islam atau orang Muslim. Ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman tentang Islam atau stereotip negatif yang diperoleh dari media atau pengalaman pribadi.

Islamophobia dapat menyebabkan diskriminasi dan kekerasan terhadap orang Muslim. Untuk itu dilakukan berbagai cara dalam memeranginya. Salah satunya dengan menetapkan tanggal 15 Maret menjadi Hari Internasional Melawan Islamofobia" atau the International Day to Combat Islamophobia. Lantas, negara mana saja yang dikenal islamophobia?

1. Swedia

hajinews.id
Foto : hajinews.id

Semula, Swedia dikenal sebagai negara Eropa yang ramah pada muslim. Namun, ketika politikus sayap kanan kerap mengkritik umat Islam, di tingkat warga ada bentrokan atas nama agama.

Ada beberapa kelompok di Swedia yang mempromosikan pandangan anti-Islam dan seringkali membuat klaim yang tidak berdasar tentang agama tersebut. Beberapa tindakan diskriminatif terhadap Muslim juga terjadi, termasuk serangan fisik dan verbal, diskriminasi dalam pekerjaan, dan kesulitan dalam mendapatkan tempat tinggal.

Topik Terkait