img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – "Makruh" dalam bahasa Arab berarti "tidak dianjurkan". Dalam konteks puasa, makruh merujuk pada tindakan yang sebaiknya dihindari selama bulan Ramadan atau ketika berpuasa pada hari-hari lainnya.

Meskipun melakukan tindakan makruh tidak membatalkan puasa, namun tetap dianggap sebagai tindakan yang tidak disukai. Berikut adalah beberapa poin yang termasuk hal makruh dalam puasa. Yuk disimak agar Ramadan 2023 bisa lebih berkah!

1. Tidur Terlalu Lama

Freepik
Foto : Freepik

Kita pasti sering mendengar pernyataan bahwa tidur saat puasa adalah ibadah. Namun, jika dilakukan terlalu lama, hukumnya menjadi makruh. Menurut sumber Fiqih Bab Puasa “Kitab Taqrirotus Sadidah”, tidur terlalu lama akan membuat kita lalai hingga meninggalkan kegiatan wajib dan produktif lainya seperti sholat, sekolah, ataupun bekerja.

Misalnya saja, tidur dari siang hingga sore hari menjelang maghrib, puasanya tetap sah. Namun akan lebih baik jika kita memanfaatkan waktu untuk mencari pahala dan tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk meninggalkan kewajiban lain. Hal ini tidak diperbolehkan dan hukumnya makruh dalam puasa, karena sesungguhnya semua hal yang berlebihan itu dibenci Allah SWT.

Topik Terkait