img_title
Foto : Freepik/KamranAydinov

IntipSeleb Gaya Hidup – Hukum lupa mandi wajib saat Ramadan menjadi salah satu persoalan yang banyak ditanyakan oleh umat Islam.

Persoalan ini kerap menimbulkan pertanyaan apakah lupa mandi wajib saat Ramadan membuat puasa batal atau tetap sah. Lantas, seperti apa jawabannya? Yuk, simak sama-sama di bawah ini!

Hukum Lupa Mandi Wajib Saat Ramadan

Freepik
Foto : Freepik

Hukum untuk seseorang yang lupa mandi wajib di bulan Ramadan tergantung pada situasi dan kondisi tertentu. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal ini, penting untuk memahami arti dari mandi wajib dalam agama Islam.

Mandi wajib, juga dikenal sebagai mandi besar, adalah mandi yang dilakukan sebagai bagian dari ritual suci dalam agama Islam. Mandi ini diwajibkan ketika seseorang mengalami janabah, yaitu kondisi dimana seseorang melakukan hubungan intim atau mencapai orgasme, atau setelah menstruasi atau nifas.

Dalam konteks Ramadan, seseorang diharuskan untuk berpuasa selama sebulan penuh, yaitu menahan diri dari makan, minum, dan melakukan aktivitas lainnya yang dianggap membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Mandi wajib, dalam hal ini, diwajibkan untuk dilakukan pada malam sebelum puasa dimulai, yaitu pada malam Ramadhan pertama.

Topik Terkait