img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Selama berpuasa, seseorang harus menahan diri dari makan dan minum mulai dari fajar hingga matahari terbenam. Namun, kadangkala dalam situasi tertentu, seseorang bisa saja tergoda untuk memakan makanan, misalnya karena melihat makanan yang dijajakan di pasar atau melihat foto makanan di media sosial.

Menggoda seseorang yang sedang berpuasa dengan foto makanan bisa saja dianggap sebagai tindakan yang merugikan dan tidak hormat. Di sisi lain, kebebasan berekspresi dalam media sosial juga harus dihargai. Oleh karena itu, hal ini menjadi perdebatan di kalangan umat Muslim dan para ahli hukum.

Mengunggah Foto Makanan saat Puasa Ramadan

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Seorang da’i terkenal dari Malaysia bernama Ustaz Azhar Idrus menyatakan bahwa hukum mengunggah foto makanan melalui media sosial selama bulan Ramadan itu tidak haram. Namun, ulama lain mengatakan jangan bersikap terlalu berlebihan dalam mengunggah gambar makanan ketika sedang berpuasa. Allah SWT berfirman:

وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ

“Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar,” (QS Al-Baqarah: 187).

Topik Terkait