img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupMenstruasi adalah kondisi keluarnya darah dari vagina sebagai bagian dari siklus bulanan wanita. Setiap bulan tubuh perempuan usia subur bersiap untuk kehamilan. Namun jika hal ini tidak terjadi, lapisan rahim akan luruh dan keluar bersama darah di dalam vagina.

Selain itu, lebih dari 90% wanita mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS) menjelang menstruasi. Gejala dan tingkat keparahan bervariasi dari wanita ke wanita. Salah satu yang paling mudah dikenali adalah beruntusan, berjerawat atau breakout. Sebenarnya terdapat tanda-tanda lain yang bisa dirasakan menjelang Menstruasi. Yuk, cari tahu lewat artikel di bawah ini.

1. Mood swing

Pinterest
Foto : Pinterest

Perubahan mood menjelang menstruasi disebut sebagai premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Umumnya, gejala ini hanya berlangsung sekitar 7 sampai 10 hari sebelum menstruasi hingga hari pertama menstruasi.

Tak hanya mood swing, ini juga dapat memungkinkan perempuan mengalami kecemasan, depresi, hingga menjadi mudah marah. Hal demikian terjadi karena ketidakstabilan atau naik turunnya jumlah estrogen dan progesteron.

Estrogen sendiri dapat mengganggu produksi serotonin dan endrofin sebagai pengendali suasana hati. Sementara itu, progesteron dapat memberikan efek tenang, yang mana jika kadarnya terlalu rendah dapat mengurangi efeknya.

Topik Terkait