img_title
Foto : Pinterest/reefs

IntipSeleb Gaya Hidup – Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Kebangkitan Nasional di Indonesia merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Tanah Air.

Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Utomo pada 20 Mei 1908 oleh Dr. Soetomo. Yuk, intip sejarah Hari Kebangkitan Nasional di bawah ini!

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

indonesia
Source: Peakpx

Pada tahun 1959, Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas ditetapkan sebagai hari nasional. Presiden Soekarno menetapkan hari lahir Boedi Oetomo sebagai hari kebangkitan nasional Indonesia.

Bukan tanpa alasan, Boedi Oetomo dinilai mewujudkan semangat persatuan dan perjuanga kemerdekaan Indonesia. Berdirinya Boedi Oetomo, menjadi awal pergerakan untuk menggapai kemerdekaan Indonesia.

Para pendiri Budi Utomo adalah sekelompok intelektual muda Indonesia yang terdiri dari para sarjana, pelajar, dan mahasiswa. Beberapa tokoh penting di antaranya adalah Dr. Wahidin Sudirohusodo, Dr. Tjipto Mangunkusumo, R.M. Soewardi Soerjaningrat (Bung Karno), dan Sutomo.

Topik Terkait