img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup Hari Lahir Pancasila akan dirayakan pada 1 Juni 2023. Perayaan ini menjadi penting karena memiliki sejarah dan tersirat makna mengenai ideologi dasar negara Indonesia.

Lantas, apakah bedanya Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila? Yuk, intip artikel di bawah ini!

Hari Lahir Pancasila

freepik
Foto : freepik

Hari Lahir Pancasila dirayakan setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Hari ini merupakan peringatan penting bagi bangsa Indonesia karena menandai lahirnya ideologi dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Berikut adalah beberapa perbedaan penting antara Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila:

1. Hari Lahir Pancasila merayakan momen bersejarah ketika empat tokoh proklamator, yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, Ahmad Soebardjo, dan Ki Hadjar Dewantara, mengumumkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. Hari ini menggarisbawahi pentingnya Pancasila sebagai ideologi yang membimbing negara Indonesia.

2. Hari Lahir Pancasila adalah perayaan untuk menghormati peran Soekarno dan tokoh-tokoh proklamator lainnya dalam menyusun dan mengumumkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan hasil dari perjalanan panjang untuk menentukan ideologi negara yang mencerminkan persatuan, keadilan, dan demokrasi.

Topik Terkait