img_title
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

IntipSeleb Gaya Hidup – Lewat kolaborasi bersama Cita Tenun Indonesia, Bai Soemarlono menggelar sebuah peragaan busana bertajuk PELESIR untuk label mode berkesinambungan (sustainable fashion) besutannya, ohmmbybai.

Bertempat di Cork&Screw Country Club, Jakarta, sang desainer bermain dengan media Tenun Ikat, Lurik dan Batik serta menampilkan deretan figur publik dengan beragam bentuk tubuh, gaya dan profesi sebagai perwujudan mode inklusif. Berikut ulasan lengkapnya. Yuk simak!

Kolaborasi Cita Tenun Indonesia Karya Bai Soemarlono

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Pada kesempatan ini, ohmmbybai mengenalkan Tenun Ikat Motif Galaran yang dalam bahasa Jawa, mengacu pada motif serat kayu pohon yang juga terlihat seperti gelungan ombak dan kulit kuda zebra bekerja sama dengan perajin binaan Cita Tenun Indonesia di Jawa Tengah. Tenun Ikat Galaran dikerjakan menggunakan metode pewarnaan alami dari proses fermentasi buah Jalawe.

Pembinaan dengan teknik pewarnaan alam pada daerah Jawa Tengah sendiri dilaksanakan Cita Tenun Indonesia pada rentang 2015 sampai 2016 bekerja sama dengan Hivos.

Tenun Ikat Motif Galaran dipadukan dengan kain Batik dan Lurik digubah menjadi busana siap pakai kontemporer lewat permainan struktur, akurasi teknik potong dan lipit asimetri dengan inspirasi gaya pakaian berlibur nan santai namun apik. Seluruh koleksi PELESIR dapat dipakai baik bagi segala gender (unisex) serta dalam berbagai suasana (untuk bekerja maupun berwisata) dengan penggayaan (styling) nan partikular.

Topik Terkait