img_title
Foto : Freepik/rawpixel.com

JakartaPolusi udara yang semakin meningkat di Jakarta telah mendorong warga untuk menjaga kesehatan saat beraktivitas di luar ruangan. Selain memakai masker, penting juga untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Sumber-sumber polusi udara, seperti asap kendaraan, asap rokok, freon dari lemari pendingin dan AC, serta asap pembakaran sampah, melepaskan partikel kimia berbahaya seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida. Partikel-partikel ini dapat masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan jumlah radikal bebas.

Paparan berkepanjangan terhadap zat-zat kimia ini dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai sel dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan yang mengandung antioksidan tinggi sangat penting untuk melawan efek buruk polusi udara. Antioksidan akan membantu mengikat radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

Makanan yang mengandung banyak vitamin C, E, beta-karoten, dan flavonoid juga memiliki peran penting dalam melawan dampak polusi udara. Beberapa contoh makanan yang bisa membantu melindungi tubuh dari efek buruk polusi udara meliputi. Intip informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Brokoli

Pinterest
Foto : Pinterest

Mengandung antioksidan tinggi, rutin mengonsumsi brokoli dapat membantu mengeluarkan racun akibat polusi udara. Pastikan memasaknya dengan benar untuk menjaga kandungan nutrisi.

Topik Terkait