img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb – Racun sianida kembali menjadi perbincangan hangat netizen setelah Netflix resmi merilis film dokumenter nya berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.

Sianida, juga dikenal sebagai asam sianida atau hidrogen sianida, adalah senyawa kimia beracun yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan dan tumbuhan. Meskipun dalam jumlah kecil, sianida secara alami ada dalam beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari, perlu diperhatikan karena dapat menjadi bahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Dilansir dari laman Alodokter, berikut beberapa makanan yang mengandung sianida dan potensi bahayanya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

1. Biji Apel

Pinterest
Foto : Pinterest

Salah satu sumber sianida dalam makanan adalah biji apel. Biji apel mengandung senyawa yang disebut amigdalin, yang dapat menghasilkan sianida jika dikonsumsi.

Namun, biji apel biasanya dihancurkan selama proses pencernaan, dan jumlah sianida yang dihasilkan biasanya tidak mencapai kadar beracun. Untuk mencapai dosis sianida yang berbahaya setidaknya diperlukan sekitar 200 biji apel.

Topik Terkait