img_title
Foto : Instagram @erikarichardo

IntipSelebTikTok kini menjadi platform media sosial yang tengah digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tak hanya sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, TikTok juga bisa menghasilkan pundi-pundi yang menguntungkan.

Banyaknya pengguna TikTok saat ini membuat para pengguna memutar otak untuk melakukan strategi dan tips sukses jadi TikToker. Ada banyak faktor yang bisa dimaksimalkan agar TikToker bisa terkenal dan videonya selalu muncul di FYP.

Bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari TikTok, menjadi terkenal dan videonya sering FYP akan menjadi poin plus untuk nilai jual kontenmu. Dengan memaksimalkan hal itu, pundi-pundi yang kamu dapatkan dari TikTok pun akan semakin besar.

Selain mendapatkan tambahan penghasilan, TikTok juga bisa menjadi pintu gerbang untuk peluang-peluang lainnya, lho, terlebih jika kamu terkenal. Tak heran banyak TikToker terkenal yang akhirnya melebarkan sayap ke bisnis atau bahkan akting. Sangan menjanjikan, bukan?

Nah, apakah kamu penasaran cara jadi TikToker terkenal? Yuk simak sederet tips jadi TikToker terkenal berikut ini!

Tips Jadi TikToker Terkenal

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Menjadi populer adalah satu di antara banyaknya tujuan seseorang menggunakan media sosial. Berikut ini adalah cara menjadi TikToker terkenal yang bisa kamu coba.

1. Pelajari Algoritma TikTok

Jika kamu ingin sukses dalam suatu hal, maka penting bagimu untuk memahami bagaimana cara kerjanya, begitu pun ketika kamu ingin menjadi seorang TikToker sukses.

Pelajari algoritma TikTok dengan baik untuk memaksimalkan usahamu. Dengan begitu, peluangmu untuk terkenal di TikTok semakin terbuka lebar.

2. Membuat profil menarik

Untuk menjadi TikToker atau seleb TikTok terkenal, kamu tentu perlu memperhatikan profil akun TikTok yang kamu miliki. Mengapa demikian? Halaman profil adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna lainnya dan kamu perlu membuatnya semenarik mungkin agar mudah diingat. Ingat, kesan pertama itu penting!

3. Membuat video kreatif dan berkualitas bagus

Tips jadi TikToker terkenal selanjutnya adalah membuat konten yang kreatif dan berkualitas. Pastikan kamu selalu mempunyai ide-ide yang segar, tidak sekadar menduplikasi konten dari kreator lainnya saja.

Selain itu, pastikan kualitas video yang kamu unggah bagus. Gambar yang jernih, angle yang menarik dan warna yang bagus menjadi faktor penting agar videomu tampak meyakinkan.

4. Buat video sejelas mungkin

Banyak orang yang mengira bahwa semakin panjang video maka akan semakin menarik. Padahal, video panjang justru berpotensi membuat audiens mudah bosan dan melewatkan videomu untuk menonton video lainnya.

Untuk itu, bijaklah dengan durasi video TikTokmu dan pastikan pesan tersampaikan dengan baik. Jangan lupa juga untuk memberikan elemen kejutan dalam videomu agar audiens betah menontonnya.

5. Gunakan hashtag

Tips jadi TikToker terkenal selanjutnya adalah mengoptimalkan penggunaan hashtag. Sertakan hashtag atau tagar yang sedang trending agar TikTok menambahkan videomu ke FYP orang yang mencari topik tertentu.

6. Gunakan lagu TikTok viral

Sebagai platform yang mengandalkan audio visual, selain gambar, musik juga sangat berpengaruh pada videomu. Menggunakan sound TikTok viral bisa membantu videomu masuk ke FYP. Algoritma TikTok akan membaca video dan menunjukkannya pada pengguna yang menyukai jenis musik yang digunakan.

7. Ikuti tren TikTok

Tips jadi TikToker terkenal selanjutnya adalah dengan mengikuti tren TikTok. Tren demi tren bermunculan di TikTok dalam waktu yang relatif cepat. Sebagai konten kreator yang cerdas, kamu harus memanfaatkan momen ini untuk mendulang keuntungan.

Kamu tidak selalu harus menduplikasi tren yang ada. Kamu bisa memilih tren mana yang kamu sukai dan membuat modifikasi dengan gaya khasmu sendiri. Sebab terkadang menjadi berbeda akan membuatmu lebih menonjol dibandingkan dengan TikToker lainnya.

8. Kolaborasi

Tips jadi TikToker terkenal selanjutnya adalah dengan melakukan kolaborasi. Berkolaborasi dengan seleb TikTok lain bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan followers dan views videomu. Dengan begitu, kemungkinanmu jadi populer di TikTok semakin terbuka lebar.

Kolaborasi bahkan kerap disebut sebagai jalan pintas untuk terkenal sehingga muncullah kata panjat sosial. Makanya tak heran bila banyak TikToker yang berkolaborasi untuk saling memberikan keuntungan.

9. Tautkan link akun TikTok ke media sosial lain

Jika kamu memiliki akun media sosial lain, tak ada salahnya bila kamu menautkan link dari akun TikTok atau video TikTokmu ke berbagai media sosial yang kamu punya. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah followers dan views videomu sehingga kamu lebih terkenal di TikTok.

10. Libatkan Audiens

Engagement adalah hal yang penting untuk diketahui jika kamu sedang mencari tips jadi TikToker terkenal. Sebagai sebuah platform, TikTok menghargai ketika penikmat konten dan pembuat konten memiliki keterlibata dengan video yang diunggah. Di TikTok sendiri, engagement dapat dilihat dari like, komentar, share, save dan favorite.

Salah satu cara meningkatkan engagement di TikTok adalah dengan cara konsisten menanggapi followers dan komentar yang ada di postinganmu.

11. Sering Posting Video

Berbeda dengan media sosial lain yang membatasi jumlah unggahanmu, TikTok tidak demikian. TikTok justru akan membantumu menciptakan peluang masuk FYP jika kamu sering mengunggah video.

Selain sering posting video, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu yang ideal untuk mengunggah konten. Hal ini diperlukan untuk menjangkau sebanyak mungkin audiens.

Manfaat Terkenal di TikTok

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

TikTok memiliki kurang lebih 1 miliar pengguna aktif dan itu menjadikannya sebagai jaringan media sosial terbesar ke-7 di dunia. Di Amerika Serikat, aplikasi ini memiliki lebih dari 73 juta pengguna atau sekitar 22% dari populasinya.

Melansir dari laporan Business of Apps, pada kuartal II 2022 TikTok telah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Sedangkan menurut laporan dataindonesia,id, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna TikTok dengan jumlah 99,1 juta orang.

Dengan sederet data di atas, terlihat jelas seberapa besar kekuatan TikTok dan besarnya peluang yang bisa kita manfaatkan di sana.

Manfaat jadi TikToker bukanlah hal yang fana. Dengan menjadi terkenal di TikTok, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari konten-konten yang kamu buat. Kamu juga bisa mempunyai kesempatan-kesempatan baru, seperti berkenalan dengan sesama TikToker atau publik figur lainnya sehingga circle kamu akan jadi lebih luas.

Menjadi terkenal di TikTok mungkin bukan satu-satunya alasan utama seseorang berkreasi di platform ini. Namun, tidak ada yang pernah tahu ke mana dan seberapa jauh TikTok akan membawamu.

Tak ada salahnya untuk bekerja jauh lebih keras dan memaksimalkan usahamu agar bisa menjadi TikToker yang terkenal. Dengan demikian, peluang demi peluang akan berdatangan dan mungkin akan mengejutkanmu.

Nah, demikianlah sederet tips jadi TikToker terkenal dan manfaat terkenal di TikTok yang perlu kamu ketahui jika ingin jalanmu di platform ini mulus dan cemerlang. Tetaplah berkarya di platform ini dengan sebaik mungkin sesuai minat dan bakatmu, ya. Semoga artikel ini bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait