img_title
Foto : Berbagai Sumber

Jakarta – Selain Ancol yang dikenal dengan segudang wahana bermainnya, di Jakarta Utara masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama orang tersayang.

Lokasinya yang strategis membuat deretan tempat wisata di Jakarta Utara ini wajib dikunjungi, terlebih bisa disesuainya dengan budget yang dipunya dan tentu saja anti menguras dompet.

Jika berkunjung ke Jakarta Utara, jangan lupa untuk mendatangi deretan tempat wisata di bawah ini ya, scroll yuk!

1. Rumah Si Pitung

Wisata edukasi juga bisa dilakukan di Jakarta Utara dengan berkunjung ke Rumah Si Pitung yang tertelak di area Marunda, dan merupakan salah satu cagar budaya.

Pitung merupakan tokoh legendaris asal Betawi yang digambarkan sebagai sosok pria jago bela diri dan suka memberikan pertolongan kepada lingkungan sekitarnya. Ia memutuskan untuk menjadi pencuri, yang mana penghasilannya dari mencuri digunakan untuk masyarakat yang kekurangan.

2. Pantjoran PIK

Pantjoran PIK mulai beroperasi sejak 2020 dengan menawarkan sensasi jalan-jalan di Negeri Tirai Bambu karena arsitekturnya yang kental akan kebudayaan Tionghoa.

Di Pantjoran PIK menyediakan berbagai tenant kuliner dari mulai makanan khas nusantara hingga western yang bisa dinikmati pengunjung.

3. Museum Bahari

Berlokasi di kawasan Penjaringan, Museum Bahari dulunya merupakan gudang untuk menyimpan rempah-rempah VOC, untuk kemudian dibawa ke pasar Eropa.

Di Museum Bahari pengunjung bisa mempelajari berbagai informasi mengenai barang-barang bersejarah yang berhubungan dengan laut Indonesia.

4. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Di Jakarta Utara juga terdapat kawasan konservasi alam berupa hutan bakau yang bisa dijadikan sebagai pilihan wisata edukasi.

Selain mengetahui betapa pentingnya tumbuhan bakau, di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk juga bisa merasakan sensasi penginap di tengah hutan bakau yang asri, serta mencoba berbagai wahana air yang tersedia seperti berkeliling menggunakan perahu motor serta perahu kano.

5. Pasar Ikan Modern Muara Baru

Pecinta seafood tentunya wajib datang ke Pasar Ikan Modern Muara Baru jika berada di Jakarta Utara. Selain tempatnya yang bersih, terdapat banyak jenis ikan yang dibandrol dengan harga beragam.

Selain itu pengunjung bisa menikmati langsung seafood yang telah dibeli lewat jasa memasak yang tersedia di food court area Pasar Ikan Modern Muara Baru. Jasa memasak di Pasar Ikan Modern Muara Baru siap untuk memanjakan pengunjung dengan berbagai jenis metode pengolahan seperti dibakar, goreng, hingga saus padang.

Itu tadi deretan tempat wisata di Jakarta Utara selain Ancol yang cocok dikunjungi bersama orang tersayang. (bbi)

Topik Terkait