img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Di era kemajuan teknologi dengan penggunaan internet yang sangat masif, media sosial menjadi media yang efektif untuk berbagi cerita hingga pemasaran produk-produk tertentu. Hal ini membuat para influencer atau selebgram menjadi profesi yang diminati belakangan ini.

Selebgram sendiri merupakan singkatan dari selebriti Instagram. Secara definisi, selebgram adalah seseorang yang memiliki popularitas tinggi di platform media sosial Instagram. Selebgram memiliki ribuan hingga jutaan follower yang setia mengikuti aktivitas dan unggahan mereka.

Skill yang Harus Dimiliki Selebgram

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Meski terkesan sepele, menjadi selebgram bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh selebgram atau influencer agar sukses di dunia digital

Lantas, apa saja sih hal yang harus dimiliki oleh seorang seleb Instagram? Berikut ini sederet skill yang harus dimiliki selebgram dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kemampuan persuasif atau memengaruhi

Skill yang harus dimiliki selebgram salah satunya adalah kemampuan persuasif atau kemampuan memengaruhi. Itulah sebabnya, selebgram juga kerap disebut sebagai influencer atau orang yang meng-influence.

Dengan kemempuan persuasi tersebut, seorang selebgram dituntut mampu mengajak para followers agar tergerak untuk mencoba produk yang dipasarkan atau kegiatan yang dikampanyekan. Selebgram juga harus bisa meyakinkan follower untuk percaya pada produk yang direkomendasikan.

2. Social media management

Seperti diketahui, seorang selebgram bekerja dengan mengandalkan paltform media sosial. Maka dari itu, skill yang harus dimiliki selebgram selanjutnya adalah social media management yang baik.

Sebagai selebgram, kamu harus paham berbagai hal, seperti kapan waktu posting terbaik, cara membuat feed instagram menarik, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan media sosialmu.

3. Fotografi

Skill yang harus dimiliki selebgram selanjutnya adalah fotografi. Seorang selebgram juga harus memiliki kemampuan fotografi yang baik karena kamu akan banyak memotret diri dan produk-produk yang akan diunggah di media sosial. Dengan foto yang bagus, follower akan lebih tertarik dan profilmu lebih terpercaya.

4. Editing

Selain fotografi, skill yang harus dimiliki selebgram lainnya adalah editing. Selebgram profesional harus memiliki kemampuan editing agar bisa membuat foto yang semakin menarik dan menjual.

5. Personal branding

Di tengah banyaknya selebgram yang ada, penting untuk menjadi menonjol dibandingkan dengan yang lain. Pembeda satu selebgram dengan selebgram adalah personal brandingnya.

Dengan mengetahui cara membuat personal branding yang baik, selebgram bisa mengetahui keunikannya dibandingkan selebgram lain. Personal branding yang kuat akan membantu mereka membangun citra di mata follower dan brand atau pihak yang akan mengajak bekerja sama.

6. Percaya diri di depan kamera

Seorang selebgram harus memiliki kepercayaan diri di depan kamera. Dengan skill ini, seorang selebgram tidak akan malu mengeksplorasi cara bersikap di depan kamera untuk menghasilkan konten yang semakin menarik.

Maka dari itu, penting bagi selebgram untuk selalu tampil menarik di depan kamera. Seorang selebgra harus selalu melakukan perawatan diri agar penampilan terjaga, sehingga kamu bisa tampil lebih percaya diri di depan kamera.

7. Memahami algoritma Instagram

Untuk bisa sukses sebagai selebgram, penting untuk memahami algoritma Instagram. Selebgram harus mengetahui cara membuat postingan yang akan muncul di halaman Explore atau cara mengoptimalisasi penggunaan hashtag agar unggahan mereka lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

8. Komunikasi

Skill yang harus dimiliki selebgram selanjutnya adalah komunikasi. Kamu akan sering memberi ulasan produk di depan kamera dan berhubungan dengan banyak orang, baik itu sesama selebgram, follower, hingga brand.

Selebgram harus bisa menjalin hubungan yang baik kepada follower, menjawab pertanyaan atau komentar warganet, dan berinteraksi dengan follower dalam hal lainnya. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantumu menjalin hubungan yang baik dengan banyak pihak.

9. Kreatif

Profesi selebgram masuk ke dalam lingkup industri kreatif. Maka dari itu, untuk menjadi seorang selebgram diperlukan kreatifitas yang luar biasa.

Kamu harus bisa menciptakan ide dan gagasan baru agar bisa senantiasa menarik minat para followers untuk tetap mengikuti semua foto atau video yang kamu unggah di platformmu. Selain itu, kreatifitas juga menjadi salah satu faktor pembeda antara selebgram satu dengan selebgram lainnya.

10. Kemampuan menulis

Skill yang harus dimiliki selebgram, kamu akan sering menulis caption untuk foto atau video yang kamu unggah di Instagram. Berbeda dengan pengguna Instagram lain yang bisa menulis caption sesukanya, selebgram harus bisa menulis caption sekaligus meyakinkan follower dan itu bukan hal yang mudah, namun bisa dipelajari.

11. Mengikuti perkembangan teknologi

Seorang selebgram harus selalu mengetahui soal dunia yang mereka geluti, yakni teknologi. Maka dari itu, skill yang harus dimiliki selebgram adalah mengikuti perkembangan teknologi.

Seseorang yang gaptek atau gagap teknologi tentu akan banyak mengalami kesulitan untuk menjadi selebgram. Sebab, teknologi akan terus berkembang dan selebgram harus selalu bisa ikut serta dalam perkembangan tersebut.

12. Peka terhadap tren

Sebagai seorang selebgram, penting untuk peka terhadap perkembangan tren. Sebab, ini akan membuat seorang selebgram bisa relevan dengan masyarakat.

Selebgram harus selalu up to date dengan tren terbaru yang bermunculan di media sosial. Dengan memiliki kepekaan terhadap tren, selebgram mampu menarik perhatian follower dan warganet non-follower lainnya.

Peluang karier sebagai selebgram terbuka lebar, namun untuk menjadikannya profesi bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak skill agar bisa sukses sebagai selebgram. Semoga artikel terkait skill yang harus dimiliki selebgram ini bermanfaat, ya! (bbi)

Topik Terkait