img_title
Foto : Tempat.org

IntipSeleb – Sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Asia, Thailand masuk dalam daftar tujuan banyak wisatawan berpengalaman dan pengembara. Apa pun yang kamu cari, Thailand mungkin memilikinya.

Sebagai sebuah destinasi, Thailand merupakan negara yang kaya, mulai dari kekayaan sejarah dan budaya hingga kekayaan alam. Kamu yang menyukai aktivitas outdoor dan penikmat wisata malam juga akan terpuaskan.

Kamu juga bisa menemukan hamparan hijau hutan, pantai yang indah, penduduk lokal yang ramah, dan tentunya makanan lezat. Kabar baiknya, semuanya bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Takk heran,Thailand kerap menjadi tempat favorit untuk berwisata bagi banyak orang, dan alasan mengapa pengunjung kembali lagi dan lagi.

Panduan perjalanan ke Thailand ini akan memberikan semua informasi penting yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi Thailand. Mulai dari cara berkeliling dan waktu terbaik untuk berkunjung, hingga rekomendasi tempat wisatanya.

Penasaran? Yuk simak sederet panduan liburan ke Thailand lengkap dengan rekomendasi tempat wisata di Thailand berikut ini!

Tips Perjalanan ke Thailand

Nomadicc Matt
Foto : Nomadicc Matt

Sebelum kamu berkunjung ke Thailand, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips perjalanan yang bisa membantu dalam perjalanan. Dengan pengetahuan ini, perjalanan liburan pun bisa semakin memuaskan.

Thailand memiliki keindahan alam menawan dan keragaman budaya dari setiap wilayahnya. Jadi, pastikan kamu memahami perbedaan dan keunikan tersebut. Simak informasi berikut ini ya!

Bagaimana menuju ke Thailand

Ada enam bandara utama di Thailand, jadi kamu tidak akan kekurangan pilihan jika ingin bepergian dengan pesawat. Bandara utamanya adalah:

  1. Bandara Suvarnabhumi (BKK)
  2. Bandara Internasional Don Mueang (DMK)
  3. Bandara Internasional Phuket (HKT)
  4. Bandara Internasional Chiang Mai (CNX)
  5. Bandara Internasional Hat Yai (HDY)
  6. Mae Fah Luang – Bandara Internasional Chiang Rai (CEI)

Sebagian besar pengunjung akan terbang ke Bangkok (Bandara Suvarnabhumi). Kota ini menawarkan pilihan terbanyak dalam hal koneksi internasional dan maskapai penerbangan, ditambah lagi Bangkok adalah tempat yang tepat untuk memulai petualangan Thailand-mu.

Jika kamu terbang dari suatu tempat di Asia, termasuk Indonesia, mungkin ada baiknya kamu mencari opsi bandara lainnya. Itu semua tergantung di mana tujuan yang ingin kamu kunjungi.

Cara Berkeliling Thailand

Beberapa pelancong memilih untuk berkeliling Thailand dengan pesawat. Banyak destinasi wisata utama yang memiliki bandara, termasuk Bangkok (BKK), Krabi (KBV), Chiang Mai (CNX), dan Phuket (HKT). Ini mungkin tidak cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, namun ini tentu saja merupakan cara tercepat dan paling efisien untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bepergian keliling Thailand dengan kereta api adalah pilihan yang lebih hemat dibandingkan dengan pesawat, dan masih ada pilihan kemewahan tambahan jika kamu bepergian dengan kelas satu. Thailand memiliki empat jenis kereta yang dapat kamu gunakan untuk bepergian, seperti Kereta Biasa (ORD), pilihan paling hemat anggaran; Kereta api cepat (RAP), yang lebih jarang berhenti; Kereta Ekspres (EXP), yang memiliki tempat duduk kelas satu hingga tiga; Kereta Ekspres Khusus (SP EXP), yang tidak memiliki pilihan tempat duduk kelas tiga.

Jika kamu melakukan perjalanan yang lebih jauh, misalnya dari Bangkok ke Surat Thani, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kereta tidur. Alternatif yang lebih murah adalah bus malam.

Untuk jarak yang lebih pendek, cara favorit untuk berkeliling Thailand adalah dengan tuk-tuk. Kendaraan roda tiga ini menawarkan cara yang ramah anggaran dan pastinya lebih seru untuk berkeliling Thailand.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Thailand

Meskipun Anda pasti akan menyukai Thailand sepanjang tahun, penting untuk mempertimbangkan bagaimana cuaca akan memengaruhi rencana perjalanan Anda di Thailand. Musim panas, musim hujan, dan musim kemarau di Thailand memberikan kesan berbeda bagi hotspot wisata Asia.

Musim Panas: Maret-Juni

Musim panas di Thailand berlangsung dari bulan Maret hingga Juni, dan ini juga merupakan musim bahu. Banyak orang yang tidak terbiasa dengan cuaca hangat menganggap musim panas terlalu panas, jadi lebih memilih bepergian pada musim lain.

Musim panas di Thailand sangat cocok untuk bersantai di pantai dan relaksasii, karena mungkin terlalu panas untuk melakukan banyak hal lain! Bersiaplah untuk berkeringat jika kamu berkunjung di musim ini, karena kelembapannya sangat tinggi.

Musim Hujan: Juli-Oktober

Musim hujan di Thailand terjadi antara bulan Juli dan Oktober, dan menjadikannya musim sepi. Meskipun kamu mungkin harus menghadapi hujan badai yang sering terjadi, kamu akan mendapatkan keuntungan dari lebih sedikit wisatawan dan penurunan tarif.

Jika hujan tidak mengganggumu, ini mungkin waktu yang tepat untuk mengunjungi Thailand karena kamu dapat melanjutkan aktivitas tanpa kerumunan orang. Saat ini cuaca masih hangat, dan hujan lebat bisa sangat menyenangkan.

Musim Kemarau: November-Februari

Musim kemarau di Thailand terjadi antara bulan November dan Februari, dan juga merupakan musim ramai. Banyak orang lebih menyukai suhu yang sedikit lebih sejuk pada saat ini, karena ini berarti mereka dapat melakukan aktivitas seperti hiking dan berenang di laut.

Karena ini adalah waktu paling populer untuk bepergian, tempat-tempat wisata kemungkinan besar akan ramai. Artinya, biaya penerbangan dan akomodasi akan lebih mahal dibandingkan saat musim panas atau musim hujan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Thailand

Kimkim
Foto : Kimkim

Thailand yang kaya akan sejarah masa lampau memiliki banyak destinasi wisata sejarah yang menarik. Selain itu banyak pula tempat wisata paling indah di Thailand yang akan memanjakan mata para wisatawan.

1. Kepulauan Phi Phi

Kepulauan Phi Phi adalah sekelompok enam pulau yang terletak di pantai barat Thailand. Pulau-pulau tersebut terletak di Laut Andaman, dan mungkin paling dikenal sebagai lokasi film 'The Beach' karya Leonardo Di Caprio.

Kepulauan Phi Phi adalah bagian dari Taman Nasional Hat Noppharat Thara-Mu Ko Phi Phi, sehingga sangat populer untuk dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk lokal.

Dua Pulau utama Phi Phi adalah Phi Phi Don dan Phi Phi Leh. Dikenal oleh penduduk setempat sebagai Ko Phi Phi, Kepulauan Phi Phi memiliki suhu rata-rata 24°C hingga 32°C sepanjang tahun.

Koh Phi Phi Don adalah pulau utama dalam kelompok tersebut, dan satu-satunya pulau yang berpenghuni. Kamu dapat menemukan akomodasi di sini yang sesuai dengan gayamu, mulai dari anggaran hingga kemewahan, serta restoran, bar, dan toko.

Pastikan untuk mengikuti tur antar pulau untuk menjelajahi semua pulau kecil. Perlu juga dicatat bahwa Maya Bay yang ikonik baru saja dibuka kembali untuk wisatawan setelah bertahun-tahun ditutup.

2. Taman Nasional Khao Sok

Taman Nasional Khao Sok terletak di daratan di Thailand selatan, antara Phuket, Krabi, Khao Lak, dan Koh Samui. Cagar alam ini memiliki Danau Cheow Lan buatan manusia yang spektakuler di jantungnya.

Ada beberapa tur yang bisa kamu lakukan, atau kamu bisa berkeliling. Banyak orang memilih untuk melihat cagar alam melalui mode perjalanan non-konvensional: safari menunggang gajah dan arung jeram menjadi beberapa favorit.

Kamu akan mendapatkan pengalaman seumur hidup menjelajahi semua yang ditawarkan Khao Sok, termasuk banyaknya spesies langka. Lihatlah dari dekat bunga Rafflesia yang bersifat parasit raksasa, burung enggang, siamang, dan harimau yang hidup di hutan.

Kamu akan tenggelam dalam alam saat menjelajahi lanskap hutan dan mendapatkan pengalaman mutlak seumur hidup. Untuk pengalaman yang luar biasa, menginaplah semalam di rumah rakit terapung.

3. Krabi

Terletak di pantai barat selatan Thailand, Krabi adalah tujuan wisata yang sangat populer baik bagi wisatawan maupun penduduk lokal. Dengan tebing kapur yang sangat besar, hutan bakau yang lebat, dan lebih dari 100 pulau indah di lepas pantai, ada banyak hal yang bisa dilihat di Krabi.

Mulai dari penjelajahan pulau dan snorkeling hingga hiking dan panjat tebing, ada sesuatu yang menakjubkan untuk dilakukan di Krabi yang cocok untuk setiap wisatawan.

Selain Kepulauan Phi Phi, kamu dapat mengunjungi Ko Khao Phing Kan – alias 'Pulau James Bond' dari The Man with the Golden Gun – untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Terdapat jalur pendakian di mana kamu dapat menikmati pemandangan terbaik dari Thailand. Kegembiraanmu juga tidak harus berhenti saat matahari terbenam. Rasakan kehidupan malam yang luar biasa di Krabi untuk malam yang benar-benar tak terlupakan.

Itulah beberapa hal menarik tentang Thailand, tempat wisata di Thailand dan panduan perjalanan ke Thailand jika kamu berencana untuk berlibur ke sana. Sesuaikan pilihan destinasi liburan yang akan kamu kunjungi dan nikmati perjalanan yang mengesankan selama berada di negara tersebut. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait