img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb – Pernahkah kamu mengamati busana yang dikenakan oleh para artis internasional di atas panggung? Setiap publik figur akan melengkapi penampilannya dengan busana yang menawan.

Seperti diketahui, bagi selebritis, wardrobe adalah sesuatu yang tidak bisa diremehkan sama sekali. Di atas panggung, penampilan artis perlu disempurnakan dengan wardrobe yang menunjang juga.

Beberapa artis bahkan kerap mencuri perhatian bahkan jadi bahan perbincangan karena gaya berpakaian yang unik. Bisa dikatakan, fashion adalah pelengkap identitas seseorang.

Ternyata, di balik busana-busana yang digunakan oleh pesohor dunia, ternyata ada di antaranya yang dibuat oleh desainer Indonesia, lho.

Hal ini membuktikan bahwa dunia fashion Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya, anak-anak bangsa ini berhasil menembus dunia untuk berkarya.

Lantas, siapa saja desainer lokal yang membanggakan tersebut? Berikut ini sederet desainer Indonesia yang go internasional dan rancangannya digunakan oleh artis kelas dunia.

1. Harry Halim

Instagram @harryhalim_paris
Foto : Instagram @harryhalim_paris

Salah satu desainer Indonesia yang karyanya mendunia adalah Harry Halim. Sebelum menjadi desainer fashion yang sukses berlenggang di Asia dan Eropa, ia terlebih dahulu menyukai dunia desain grafis dan fotografi.

Harry Halim merupakan desainer Indonesia pertama yang mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karyanya di pagelaran fashion bergengsi yakni Paris Fashion Week pada tahun 2012 silam.

Hasil rancangan Harry Halim kini telah dipakai oleh banyak penyanyi dan musisi internasional. Rancangan karya Harry Halim pernah digunakan oleh CL atau Lee Chae-rin, penyanyi dan rapper yang merupakan anggota idol grup 2NE1 di We The Fest 2022.

Selain, itu hasil rancangan Harry Halim juga pernah digunakan oleh Alesha Dixon di Britain/s Got Talent. Nama-nama besar seperti Beberexha dan Dua Lipa juga tak luput dari daftar artis Internasional yang pernah menggunakan hasil rancangannya.

2. Rinaldy A. Yunardi

Desainer Indonesia yang go internasional selanjutnya adalah Rinaldy A. Yunardi. Desainer yang kerap disapa Yuyung tersebut memulai kariernya di industri fashion pada tahun 1966 silam dengan merancang tiara pernikahan.

Ia pun melebarkan sayapnya menjadi perancang aksesoris dan berhasil. Ia pun rutin didapuk sebagai juri dalam Lomba Perancang Aksesori (LPA).

Saat ini, Rinaldy A. Yunadi masuk ke dalam jajaran desainer fashion ternama lantaran karyanya yang banyak dipakai oleh artis Internasional dalam beragam acara dan pemotretan.

Artis sekelas Christina Aguilera kabarnya pernah menggunakan headpiece hasil karya Rinaldy A. Yunardi dalam konser di UK. Selain itu, Lady Gaga juga pernah menggunakan karya desainer asal Indonesia ini dalam penampilannya di Enigma Jazz & Piano.

Nama-nama seperti Nicki Minaj, Mariah Carey, Gal Gadot, Chloe Bailey, Carrie Underwood, hingga Kelly Rowland pun masuk ke jajaran artis internasional yang pernah menggunakan karyanya.

3. Sebastian Gunawan

Instagram @sebastiangunawanofficial
Foto : Instagram @sebastiangunawanofficial

Desainer Indonesia yang karyanya mendunia selanjutnya adalah Sebastian Gunawan. Setelah menyelesaikan studinya di Instituto Artistico Dell Abbigliamento Marangoni, Milani, Italia, ia pun kembali ke Indonesia dan meluncurkan karya rancangannya.

Jangan salah, rancangan karya desainer Indonesia ini banyak dikenakan oleh artis internasional, lho. Di dunia musik, Kesha pernah mengenakan desain Sebastian Gunawan dalam koleksi couture Seba untuk tampil manggung di Elton John: I’m Still Standing – A Grammy Salute at The Theater Grammy Awards pada 2018.

Karya Sebastian juga pernah digunakan oleh aktris Amerika, Xochitl Gomez, pemeran America Chavez dalam film Marvel Cinematic Universe Doctor Strange in the Multiverse of Madness dalam Hispanic Arts 2022 Horizon Awards.

4. Cynthia Tan

Instagram @cynthiatan__
Foto : Instagram @cynthiatan__

Apakah kamu salah satu fans Westlife yang nonton konsernya di Indonesia pada September 2022 lalu? Siapa sangka kostum yang digunakan oleh para personel boy band 90-an di momen itu merupakan hasil rancangan dari Cynthia Tan di bawah nama Claire’s Attelier.

Cynthia Tan sebelumnya juga pernah mendesain vest untuk Calum Scott ketika mengadakan konser di Jakarta pada 2018 lalu. Untuk Calum Scott, ia menggunakan bahan tenun dari NTT.

5. Mety Choa

Instagram @maisonmet
Foto : Instagram @maisonmet

Desainer Indonesia yang karyanya mendunia selanjutnya adalah Mety Choa. Namanya sempat meroket ketika hasil rancangannya digunakan oleh musisi internasional yang terkenal dengan fashion nyentrik, Lady Gaga.

Lady Gaga menggunakan metallic mesh mask buatan Mety Choa di bawah nama atelier Maison Awards 2020. Lady Gaga saat itu tampil dengan bodysuit senada mendapatkan penghargaan Artist of the Year di ajang tersebut.

Sebelumnya, rancangan karya mety Choa juga pernah digunakan oleh Gwen Stefani dalam acara A Home for The Holidays – 20th Anniversary.

Bukan hanya musisi dan penyanyi, hasil karyanya juga pernah digunakan oleh supermodel internasional Gigi Hadid, Kat Graham, dan Rose Bertram di red carpet.

6. Diana Putri

Desainer Indonesia yang go internasional selanjutnya adalah Diana Putri. Perempuan asal Surabaya ini sempat menjadi sorotan publik ketika hasil rancangannya dikenakan oleh member BLACKPINK dalam video comeback yang berjudul Shut Down.

Diana Putri menyebutkan bahwa YG Entertainment, agensi yang menaungi Lisa, Jisoo, Rose dan Jennie itu membuat permintaan mendadak agar pakaian tiba dalam enam hari di Korea Selatan. Desain karya Diana Putri untuk BLACKPINK itu menggunakan taburan swarovski dan mutiara yang super mewah.

Sebelumnya, hasil rancangan Diana Putri juga pernah digunakan oleh musisi internasional, Ariana Grande di panggung MTV Video Music Awards (VMA) tahun 2018 dan Nicki Minaj dalam video klipnya.

7. Jeffry Tan

Instagram @jeffrytan
Foto : Instagram @jeffrytan

Jeffry Tan adalah salah satu desainer Indonesia yang karyanya mendunia. Rancangannya yang berjudul Deconstructive Dress pernah dikenakan oleh musisi internasional berdarah Indonesia, Anggun C. Sasmi, dalam Asia’s Got Talent.

Selain itu Carrie Underwood juga pernah memakai rancangan karya Jeffry ketika membawakan single-nya yang berjudul Smoke Break.

8. Anne Avantie

Instagram @anneavantieheart
Foto : Instagram @anneavantieheart

Anne Avantie merupakan salah satu desainer Indonesia yang karyanya mendunia. Desainer asal Semarang itu terkenal dengan koleksi kebayanya yang kontemporer dengan detail yang mewah.

Rancangan Anne Avantie pernah digunakan oleh Agnes Mo, penyanyi Indonesia yang go internasional. Kostum yang digunakan dalam video music berjudul As Long as I Get Paid, tersebut merupakan kemben dan robe bernuansa batik.

Nah, itulah sederet desainer Indoneaia yang karyanya mendunia dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Topik Terkait